Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Costumer Retention di tinjau dari Perspektif Islam Pada BMT As-Adiyah Sengkang
Nurfadillah/ 01.15.5081 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Costumer
Retention Nasabah Simpanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh
konsep pelayanan prima yang terdiri dari sikap (Attitude), perhatian (Attention),dan
tindakan (Action) terhadap costumer retention di BMT As-adiyah Sengkang. Dan
untuk mengatahui pelayanan prima yang di terapkan di BMT As-Adiyah sengkang di
tinjau dari perspektif islam. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sikap
(Attitude), perhatian (Attention),dan tindakan (Action) sebagai variabel independen
dan costumer retention sebagai variabel dependen.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Ex-Post
Facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu
dengan menyebarkan kuesioner, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk tujuan
tentang pelayanan prima dalam perspektif islam.Populasi dalam penelitian ini seluruh
nasabah BMT As-adiyah sengkang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Random Sampling. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 100
orang. Analisis data menggunakan regresi berganda.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan prima yang terdiri dari
sikap (Attitude), perhatian (Attention),dan tindakan (Action) berpengaruh terhadap
costumer retention. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Regresi Secara Serentak (Uji F)
terbaca nilai F hitung sebesar 55,574 > F tabel 2,699 maka disimpulkan menolak H 0 yang
berarti ada pengaruh yang signifikasi secara statistik antara sikap, perhatian dan
tindakan terhadap costumer retention. Maka dapat di simpulkan untuk menolak H O
dan menerima H 1 yang berarti ada pengaruh yang signifikasi secara statistic antara
sikap, perhatian dan tindakan terhadap costumer retention Berdasarkan teori
pengaruh pelayanan prima terhadap costumer retention sudah sesuai dengan konsep
islam yaitu kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efesien,
keadilan yang merata dan ketetapan waktu karena pelayanan prima dalam system
islam sangat mengedapankan unsure-unsur tersebut
A. Kesimpulan
Setelah melakukan pembahasan data-data diperoleh dalam penelitian
maka penulis akan memberikan kesimpulan yang didapat dari penelitian
yaitu:
1. Hipotesis dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan prima yang terdiri
dari sikap (Attitude), perhatian (Attention),dan tindakan (Action)
berpengaruh terhadap costumer retention. Berdasarkan hasil Uji
Koefisien Regresi Secara Serentak (Uji F) terbaca nilai F hitung sebesar
55,574 > F tabel 2,699 maka disimpulkan menolak H 0 yang berarti ada
pengaruh yang signifikasi secara statistik antara sikap, perhatian dan
tindakan terhadap costumer retention. Taraf signifikasi costumer
retention (0,000 < 0,05 (dalam kasus ini menggunakan taraf signifikasi α
= 5%) 0,05. Maka dapat di simpulkan untuk menolak H O dan menerima
H 1 yang berarti ada pengaruh yang signifikasi secara statistic antara sikap,
perhatian dan tindakan terhadap costumer retention. BMT As Adiyah
Sengkang pada dasarnya sudah memiliki pelayanan prima yang baik
namun terdapat beberapa hal yang perlu di perbaiki lagi agar lembaga
dapat mempertahankan pelayanan prima yang membuat nasabah puas
sehingga retensi nasabah dapat diwujudkan. Guna mewujudkan hal
tersebut, BMT As-Adiyah Sengkang harus mengatahui apa yang menjadi
kebutuhan, keinginan, serta harapan nasabah.
2. Berdasarkan teori pengaruh pelayanan prima terhadap costumer retention
sudah sesuai dengan konep islam yaitu kesederhanaan, kejelasan dan
kepastian, keamanan, keterbukaan, efesien, keadilan yang merata dan
ketetapan waktu karena pelayanan prima dalam system islam sangat
mengedapankan unsure-unsur tersebut.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan yang telah
diambil di atas, maka implikasi yang dapat peneliti berikan yaitu:
1. Bagi lembaga
Beberapa dasar pelayanan prima yang harus dipahami dan di
mengerti oleh karyawan yaitu berpakaian dan berpenampilan rapid an
bersih, percaya diri, bersikap akrab dan penuh dengan senyum, tenang,
sopan, hormat serta tekunmendengarkan pembicaraan.
Dari beberapa dasar pelayanan prima diharapkan BMT As
Adiyah Sengkang dapat menerapkan konsep pelayanan prima yang
terdiri dari Sikap (Attitude), Perhatian (Attention) dan Tindakan (Action)
dalam pemberian pelayanan kepada nasabah, selain itu pihak lembaga
sebaiknya lebih meningkatkan penerapan konsep pelayanan prima,
sehingga nasabah yang sudah ada merasa nyamandan betah dan tentunya
para nasabah dan anggota yang sudah ada tetap menggunakan produk
yang ada di BMT As Adiyah Sengkang.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Apabila ingin meneliti mengenai pengaruh pengaruh pelayanan
prima terhadapap costumer retention (nasabah yang sudah ada)
sebaikanya dilakukan di lembaga lainnya. Penelitian ini dilakukan pada
lembaga koperasi syariah, maka peneliti berikutnya dapat meneliti pada
lembaga setingkat perbankan syariah. Diharapkan untuk
mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih lanjut di masa
yang akan datang. Pengembangkan penelitian dapat diarahkan pada
penggunaan variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi
Costumer Retention, sehingga dapat menghasilkan model regresi
penelitian yang dapat memprediksi secara lebih akurat.
Retention Nasabah Simpanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh
konsep pelayanan prima yang terdiri dari sikap (Attitude), perhatian (Attention),dan
tindakan (Action) terhadap costumer retention di BMT As-adiyah Sengkang. Dan
untuk mengatahui pelayanan prima yang di terapkan di BMT As-Adiyah sengkang di
tinjau dari perspektif islam. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sikap
(Attitude), perhatian (Attention),dan tindakan (Action) sebagai variabel independen
dan costumer retention sebagai variabel dependen.
Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Ex-Post
Facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti yaitu
dengan menyebarkan kuesioner, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk tujuan
tentang pelayanan prima dalam perspektif islam.Populasi dalam penelitian ini seluruh
nasabah BMT As-adiyah sengkang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah Random Sampling. Adapun responden dalam penelitian ini berjumlah 100
orang. Analisis data menggunakan regresi berganda.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan prima yang terdiri dari
sikap (Attitude), perhatian (Attention),dan tindakan (Action) berpengaruh terhadap
costumer retention. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Regresi Secara Serentak (Uji F)
terbaca nilai F hitung sebesar 55,574 > F tabel 2,699 maka disimpulkan menolak H 0 yang
berarti ada pengaruh yang signifikasi secara statistik antara sikap, perhatian dan
tindakan terhadap costumer retention. Maka dapat di simpulkan untuk menolak H O
dan menerima H 1 yang berarti ada pengaruh yang signifikasi secara statistic antara
sikap, perhatian dan tindakan terhadap costumer retention Berdasarkan teori
pengaruh pelayanan prima terhadap costumer retention sudah sesuai dengan konsep
islam yaitu kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efesien,
keadilan yang merata dan ketetapan waktu karena pelayanan prima dalam system
islam sangat mengedapankan unsure-unsur tersebut
A. Kesimpulan
Setelah melakukan pembahasan data-data diperoleh dalam penelitian
maka penulis akan memberikan kesimpulan yang didapat dari penelitian
yaitu:
1. Hipotesis dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan prima yang terdiri
dari sikap (Attitude), perhatian (Attention),dan tindakan (Action)
berpengaruh terhadap costumer retention. Berdasarkan hasil Uji
Koefisien Regresi Secara Serentak (Uji F) terbaca nilai F hitung sebesar
55,574 > F tabel 2,699 maka disimpulkan menolak H 0 yang berarti ada
pengaruh yang signifikasi secara statistik antara sikap, perhatian dan
tindakan terhadap costumer retention. Taraf signifikasi costumer
retention (0,000 < 0,05 (dalam kasus ini menggunakan taraf signifikasi α
= 5%) 0,05. Maka dapat di simpulkan untuk menolak H O dan menerima
H 1 yang berarti ada pengaruh yang signifikasi secara statistic antara sikap,
perhatian dan tindakan terhadap costumer retention. BMT As Adiyah
Sengkang pada dasarnya sudah memiliki pelayanan prima yang baik
namun terdapat beberapa hal yang perlu di perbaiki lagi agar lembaga
dapat mempertahankan pelayanan prima yang membuat nasabah puas
sehingga retensi nasabah dapat diwujudkan. Guna mewujudkan hal
tersebut, BMT As-Adiyah Sengkang harus mengatahui apa yang menjadi
kebutuhan, keinginan, serta harapan nasabah.
2. Berdasarkan teori pengaruh pelayanan prima terhadap costumer retention
sudah sesuai dengan konep islam yaitu kesederhanaan, kejelasan dan
kepastian, keamanan, keterbukaan, efesien, keadilan yang merata dan
ketetapan waktu karena pelayanan prima dalam system islam sangat
mengedapankan unsure-unsur tersebut.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan yang telah
diambil di atas, maka implikasi yang dapat peneliti berikan yaitu:
1. Bagi lembaga
Beberapa dasar pelayanan prima yang harus dipahami dan di
mengerti oleh karyawan yaitu berpakaian dan berpenampilan rapid an
bersih, percaya diri, bersikap akrab dan penuh dengan senyum, tenang,
sopan, hormat serta tekunmendengarkan pembicaraan.
Dari beberapa dasar pelayanan prima diharapkan BMT As
Adiyah Sengkang dapat menerapkan konsep pelayanan prima yang
terdiri dari Sikap (Attitude), Perhatian (Attention) dan Tindakan (Action)
dalam pemberian pelayanan kepada nasabah, selain itu pihak lembaga
sebaiknya lebih meningkatkan penerapan konsep pelayanan prima,
sehingga nasabah yang sudah ada merasa nyamandan betah dan tentunya
para nasabah dan anggota yang sudah ada tetap menggunakan produk
yang ada di BMT As Adiyah Sengkang.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Apabila ingin meneliti mengenai pengaruh pengaruh pelayanan
prima terhadapap costumer retention (nasabah yang sudah ada)
sebaikanya dilakukan di lembaga lainnya. Penelitian ini dilakukan pada
lembaga koperasi syariah, maka peneliti berikutnya dapat meneliti pada
lembaga setingkat perbankan syariah. Diharapkan untuk
mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih lanjut di masa
yang akan datang. Pengembangkan penelitian dapat diarahkan pada
penggunaan variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi
Costumer Retention, sehingga dapat menghasilkan model regresi
penelitian yang dapat memprediksi secara lebih akurat.
Ketersediaan
| 01.15.5081 | 138/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
138/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Febi
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
