Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas yang Ditawarkan Terhadap Kepuasan The Novena Hotel Kabupaten Bone
Andi Rezky Amalia Azhari/01.16.3033 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh dari
pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan terhadap kepuasan pengunjung The Novena
Hotel kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden
yaitu masyarakat yang pernah berkunjung maupun menginap di The Novena Hotel
kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling. Uji
Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji F dan uji T menggunakan
SPSS versi 20.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelayanan dan fasilitas yang
ditawarkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung The
Novena Hotel kabupaten Bone. Terdapat pengaruh sebesar 38,5% dan signifikan
antara pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan terhadap kepuasan pengunjung The
Novena Hotel kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap seluruh data
yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil pengujian hipotesis dari variabel pelayanan yang telah di teliti oleh
peneliti bahwa hasil menunjukkan variabel pelayanan memiliki nilai t hitung
sebesar 2,049 > t tabel 1,985 dengan nilai probabilitas sebesar 0,043 berarti
lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima, artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung The Novena Hotel kabupaten Bone.
2. Hasil pengujian hipotesis dari variabel pelayanan yang telah di teliti oleh
peneliti bahwa hasil menunjukkan variabel pelayanan memiliki nilai t hitung
sebesar 3,819 > t tabel 1,985 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 berarti
lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima, artinya Fasilitas berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan Pengunjung The Novena Hotel kabupaten Bone.
3. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diketahui bahwa nilai koefisien
determinasi atau R square adalah sebesar 0,385 atau sama dengan 38,5%.
Angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan
Fasilitas (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel
Kepuasan pengunjung (Y) sebesar 38,5%. Sedangkan untuk sisanya yaitu 100%
- 38,5% = 61,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti
oleh peneliti.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, maka diberikan beberapa
saran yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengunjung The Novena
Hotel kabupaten Bone. Adapun saran-saran yang diberikan bagi perusahaan adalah
sebagai berikut :
1. Saran untuk The Novena Hotel kabupaten Bone
The Novena Hotel kabupaten Bone perlu meningkatkan kualitas
pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada pengunjung, sebab dengan
meningkatnya kualitas pelayanan dan fasilitas The Novena Hotel kabupaten
Bone dapat memberikan kenyaman dan kepuasan kepada para pengunjung dan
para pengunjung dapat menjadikan The Novena Hotel kabupaten Bone sebagai
pertimbangan utama dalam menentukan pilihan mereka terhadap suatu tempat
penginapan atau hotel. Kualitas pelayanan dan fasilitas dapat ditingkatkan
dengan karyawan untuk tetap memperhatikan pelayanan yang diberikan kepada
para pengunjung seperti dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat
kepada para pengunjung, agar para pengunjung dan tamu hotel memiliki rasa
percaya dan rasa aman selama berapa di The Novena Hotel kabupaten Bone.
Selain itu pihak The Novena Hotel kabupaten Bone harus lebih
memperhatikan fasilitas seperti kelengkapan atau peralatan yang ada di hotel
sebab apabila ada fasilitas berupa kelengkapan atau peralatan yang rusak atau
tidak berfungsi dengan baik maka pihak hotel dapat dengan cepat memperbaiki
atau menganti fasilitas tersebut agar para pengunjung atau tamu tidak berpaling
ke hotel lain.
2. Saran untuk peneliti mendatang
Hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan sumber ide dan masukan bagi
pengembagan penelitian ini dimasa yang akan datang. Maka perluasan
penelitian yang disarankan yaitu dengan perlunya mencari variabel-variabel lain
yang lebih sesuai dan secara teoritis bisa meramalkan kepuasan pengunjung
selain kualitas pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan.
pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan terhadap kepuasan pengunjung The Novena
Hotel kabupaten Bone. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden
yaitu masyarakat yang pernah berkunjung maupun menginap di The Novena Hotel
kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah non-probability sampling. Uji
Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji F dan uji T menggunakan
SPSS versi 20.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelayanan dan fasilitas yang
ditawarkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung The
Novena Hotel kabupaten Bone. Terdapat pengaruh sebesar 38,5% dan signifikan
antara pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan terhadap kepuasan pengunjung The
Novena Hotel kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap seluruh data
yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil pengujian hipotesis dari variabel pelayanan yang telah di teliti oleh
peneliti bahwa hasil menunjukkan variabel pelayanan memiliki nilai t hitung
sebesar 2,049 > t tabel 1,985 dengan nilai probabilitas sebesar 0,043 berarti
lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima, artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung The Novena Hotel kabupaten Bone.
2. Hasil pengujian hipotesis dari variabel pelayanan yang telah di teliti oleh
peneliti bahwa hasil menunjukkan variabel pelayanan memiliki nilai t hitung
sebesar 3,819 > t tabel 1,985 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 berarti
lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima, artinya Fasilitas berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan Pengunjung The Novena Hotel kabupaten Bone.
3. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, diketahui bahwa nilai koefisien
determinasi atau R square adalah sebesar 0,385 atau sama dengan 38,5%.
Angka tersebut menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan
Fasilitas (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel
Kepuasan pengunjung (Y) sebesar 38,5%. Sedangkan untuk sisanya yaitu 100%
- 38,5% = 61,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti
oleh peneliti.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan, maka diberikan beberapa
saran yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengunjung The Novena
Hotel kabupaten Bone. Adapun saran-saran yang diberikan bagi perusahaan adalah
sebagai berikut :
1. Saran untuk The Novena Hotel kabupaten Bone
The Novena Hotel kabupaten Bone perlu meningkatkan kualitas
pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada pengunjung, sebab dengan
meningkatnya kualitas pelayanan dan fasilitas The Novena Hotel kabupaten
Bone dapat memberikan kenyaman dan kepuasan kepada para pengunjung dan
para pengunjung dapat menjadikan The Novena Hotel kabupaten Bone sebagai
pertimbangan utama dalam menentukan pilihan mereka terhadap suatu tempat
penginapan atau hotel. Kualitas pelayanan dan fasilitas dapat ditingkatkan
dengan karyawan untuk tetap memperhatikan pelayanan yang diberikan kepada
para pengunjung seperti dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat
kepada para pengunjung, agar para pengunjung dan tamu hotel memiliki rasa
percaya dan rasa aman selama berapa di The Novena Hotel kabupaten Bone.
Selain itu pihak The Novena Hotel kabupaten Bone harus lebih
memperhatikan fasilitas seperti kelengkapan atau peralatan yang ada di hotel
sebab apabila ada fasilitas berupa kelengkapan atau peralatan yang rusak atau
tidak berfungsi dengan baik maka pihak hotel dapat dengan cepat memperbaiki
atau menganti fasilitas tersebut agar para pengunjung atau tamu tidak berpaling
ke hotel lain.
2. Saran untuk peneliti mendatang
Hasil dalam penelitian ini dapat dijadikan sumber ide dan masukan bagi
pengembagan penelitian ini dimasa yang akan datang. Maka perluasan
penelitian yang disarankan yaitu dengan perlunya mencari variabel-variabel lain
yang lebih sesuai dan secara teoritis bisa meramalkan kepuasan pengunjung
selain kualitas pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan.
Ketersediaan
| SFEBI20200062 | 62/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
62/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
