Eksplorasi Kemampuan Pedagang Dalam Memertahankan Minat Beli Pelanggan (Studi Toko Reihan Mebeleur)
Epa Ariani/01.16.3039 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai kemampuan pedagang dalam mempertahankan
minat beli pelanggan pada toko Reihan mebeleur. Pokok permasalahannya adalah
bagaimana kemampuan pedagang dalam menjual di toko Reihan mebeleur dan
bagaimana kemampuan pedagang dalam mempertahankan minat beli pelanggan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode Field
Research (lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kemudian dilakukan reduksi data yaitu merangkum hasil wawancara dan melakukan
penyajian data yaitu menyajikan data berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik
toko beserta karyawan dan penarikan kesimpulan yaitu membuat kesimpulan umum
untuk disajikan pada hasil penelitian yang telah dilakukan. Kemudian data tersebut di
analisis untuk menjawab pokok masalah yang ada dalam penelitian ini. Adapun hasil
penelitian dari penelitian ini adalah Kemampuan pedagang dalam menjual di toko
Reihan Mebeleur sudah baik hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya semua aspek-
aspek kemampuan yaitu pengetahuan, perilaku, dan keterampilan serta kemampuan
pedagang dalam mempertahankan minat beli pelanggan di toko Reihan Meubeler
sudah dapat dikatakan baik karena terpenuhinya aspek-aspek minat beli yang terdiri
dari perhatian, ketertarikan, keinginan, dan tindakan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kemampuan Pedagang dalam menjual dagangannya sudah baik hal ini
dibuktikan dengan terpenuhinya aspek-aspek kemampuan yang menjadi tolok
ukur dari penelitian ini yang terdiri dari pengetahuan, perilaku, dan
keterampilannya. Dimana kemampuan pedagang ini merupakan hal dasar
dalam menentukan strategi dalam mempertahankan minat beli dari pelanggan
dari toko Reihan Mebeleur.
2. Kemampuan pedagang dalam mempertahankan minat beli pelanggan di toko
Reihan Meubeler sudah dapat dikatakan baik hal ini di tandai dengan
terpenuhinya aspek-aspek minat beli yang terdiri dari perhatian, ketertarikan,
keinginan, dan tindakan yang menjadi indikator pengukuran dari penelitian
ini. Dan hasilnya dapat dijabarkan sebagai berikut karyawan yang ramah,
sopan, santun, dan berusaha memberikan pelayanan maksimal berupa
perhatian dan pengertian serta penjelasan yang baik kepada pelanggannya
serta cekatan dalam melakukan sesuatu. Tidak hanya itu kualitas barang
dagangan yang terjamin dan pengertahuan pedagang dalam memberikan saran
kepada pembeli dapat memberi kesan dan membuat calon pembeli merasa
tertarik dan seperti yang kita ketahui bahwa ketertarikan dapat memicu minat
dalam membeli sesuatu.
B. Saran
Dari hasil penelitian, peneliti ingin memberikan saran yang berkaitan
dengan penelitian ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi toko Reihan
Meubeleur dan juga bagi peneliti selanjutnya. Saran tersebut antara lain sebagai
berikut:
1. Bagi Perusahaan
Kemampuan pedagang dalam menjual barang dagangan dapat
mempertahankan minat beli dari pelanggan, sehingga toko Reihan Meubeleur
harus mampu mempertahankan dan meningkat kemampuannya seperti yang
kita ketahui bahwa aspek-aspek dalam kemampuan pedagang terdiri dari
pengetahuan, perilaku, dan keterampilan dengan meningkatkan atau
mempertahankan hal tersebut diharapkan bisa memberikan pengaruh yang
lebih banyak lagi kepada toko Reihan Meubeleur dimasa yang akan datang.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Untuk penelitian yang akan datang sebaiknya mencoba fokus
penelitian yang berbeda dari penelitian ini atau dapat menggunakan teori yang
lain dalam mengukur kemampuan pedagang dalam mempertahankan minat
beli pelanggannya.
minat beli pelanggan pada toko Reihan mebeleur. Pokok permasalahannya adalah
bagaimana kemampuan pedagang dalam menjual di toko Reihan mebeleur dan
bagaimana kemampuan pedagang dalam mempertahankan minat beli pelanggan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode Field
Research (lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kemudian dilakukan reduksi data yaitu merangkum hasil wawancara dan melakukan
penyajian data yaitu menyajikan data berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik
toko beserta karyawan dan penarikan kesimpulan yaitu membuat kesimpulan umum
untuk disajikan pada hasil penelitian yang telah dilakukan. Kemudian data tersebut di
analisis untuk menjawab pokok masalah yang ada dalam penelitian ini. Adapun hasil
penelitian dari penelitian ini adalah Kemampuan pedagang dalam menjual di toko
Reihan Mebeleur sudah baik hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya semua aspek-
aspek kemampuan yaitu pengetahuan, perilaku, dan keterampilan serta kemampuan
pedagang dalam mempertahankan minat beli pelanggan di toko Reihan Meubeler
sudah dapat dikatakan baik karena terpenuhinya aspek-aspek minat beli yang terdiri
dari perhatian, ketertarikan, keinginan, dan tindakan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Kemampuan Pedagang dalam menjual dagangannya sudah baik hal ini
dibuktikan dengan terpenuhinya aspek-aspek kemampuan yang menjadi tolok
ukur dari penelitian ini yang terdiri dari pengetahuan, perilaku, dan
keterampilannya. Dimana kemampuan pedagang ini merupakan hal dasar
dalam menentukan strategi dalam mempertahankan minat beli dari pelanggan
dari toko Reihan Mebeleur.
2. Kemampuan pedagang dalam mempertahankan minat beli pelanggan di toko
Reihan Meubeler sudah dapat dikatakan baik hal ini di tandai dengan
terpenuhinya aspek-aspek minat beli yang terdiri dari perhatian, ketertarikan,
keinginan, dan tindakan yang menjadi indikator pengukuran dari penelitian
ini. Dan hasilnya dapat dijabarkan sebagai berikut karyawan yang ramah,
sopan, santun, dan berusaha memberikan pelayanan maksimal berupa
perhatian dan pengertian serta penjelasan yang baik kepada pelanggannya
serta cekatan dalam melakukan sesuatu. Tidak hanya itu kualitas barang
dagangan yang terjamin dan pengertahuan pedagang dalam memberikan saran
kepada pembeli dapat memberi kesan dan membuat calon pembeli merasa
tertarik dan seperti yang kita ketahui bahwa ketertarikan dapat memicu minat
dalam membeli sesuatu.
B. Saran
Dari hasil penelitian, peneliti ingin memberikan saran yang berkaitan
dengan penelitian ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan bagi toko Reihan
Meubeleur dan juga bagi peneliti selanjutnya. Saran tersebut antara lain sebagai
berikut:
1. Bagi Perusahaan
Kemampuan pedagang dalam menjual barang dagangan dapat
mempertahankan minat beli dari pelanggan, sehingga toko Reihan Meubeleur
harus mampu mempertahankan dan meningkat kemampuannya seperti yang
kita ketahui bahwa aspek-aspek dalam kemampuan pedagang terdiri dari
pengetahuan, perilaku, dan keterampilan dengan meningkatkan atau
mempertahankan hal tersebut diharapkan bisa memberikan pengaruh yang
lebih banyak lagi kepada toko Reihan Meubeleur dimasa yang akan datang.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Untuk penelitian yang akan datang sebaiknya mencoba fokus
penelitian yang berbeda dari penelitian ini atau dapat menggunakan teori yang
lain dalam mengukur kemampuan pedagang dalam mempertahankan minat
beli pelanggannya.
Ketersediaan
| SFEBI20210275 | 275/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
275/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
