Pengaruh Teknologi Informasi Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Listrik Prabayar Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT.PLN (persero) Area Watampone kwh 900)
Arma Ramadhani/01.16.3040 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai ada tidaknya pengaruh Teknologi Informasi dan
Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan listrik prabayar PT. PLN (persero)
Area Watampone kwh 900. Tujuan penulis dalam pengambilan judul ini yaitu untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan
baik itu secara individu maupun bersama-sama. Masalah yang harus terjawab pada
penelitian ini apakah terdapat pengaruh teknologi informasi terhadap kepuasan
pelanggan, apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan dan apakah terdapat pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan
secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar PT.PLN
(persero) Area Watampone kwh 900.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif, adapun subjek penelitian yaitu PT.PLN (persero) Area Watampone
dengan objek penelitian yaitu pelanggan yang menggunakan listrik prabayar. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi serta teknik
analisis data yang digunakan yaitu Teknik Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Teknologi Informasi dan Kualitas
Pelayanan berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pelanggan jika dilihat
secara bersama-sama. Jika dilihat secara individu Teknologi Informasi tidak
berpengaruh, hal ini disebabkan oleh beberapa factor seperti Resiko yang akan
diterima pelanggan pada saat menggunakan listrik prabayar. Dilihat dari Perspektif
Ekonomi Islam pelayanan yang baik harus didasari dengan sikap Jujur, Amanah dan
Bertanggung jawab sehingga mendapatkan kesan yang baik juga dari pelanggan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasi penelitian dan pembahasan diatas maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa :
1. Analisis Regresi Linear berganda dapat dirumuskanY = a = b1x1 + b2x2 + e (Y
= 8,224 + 0,269X1 + 0,368X2) Adapun penjelasan dari model persamaan
Regresi Linear Berganda diatas adalah sebagi berikut:
a. Konstanta sbesar 8,224 menyatakan bahwa jika teknologi informasi dan
kepuasan pelyanan diabaikan atau sama dengan nol, maka kepuasan
pelanggan sebesar 8,224.
b. Koefisien regresi dari teknologi informasi adalah sebesar 0,269.
Maksudnya adalah bahwa setiap kenaikan tingkat teknologi informasi
sebesar satu poin maka kepuasan pelanggan akan mengalami kenaikan
sebesar 0,269. Begitu juga sebaliknya, apabila teknologi informasi
mengalami penurunan sebesar satu poin maka kepuasan pelanggan akan
mengalami penurunan sebesar 0,269.
c. Koefisien regresi dari Kualitas pelayanan adalah sebesar 0,368. Maksudnya
bahwa setiap kenaikan tingkat kualitas pelayanan sebesar satu poin maka
kepuasan pelanggan akan mengalami penurunan sebanyak 0,386. Begitu
juga sebaliknya apabila kualitas pelayanan mengalami penurunan satu poin
maka kepuasan pelanggan akan mengalami peningkatan sebesar 0,368.
2. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,504 atau 50%. Besarnya nilai koefisien
detrminasi tersebut menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari
teknologi informasi dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variabel
dependen yaitu kepuasan pelanggan sebesar 50% slebihnya dijelaskan melalui
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat diberikan bebrapa saran kepada
perusahaan sebagai berikut:
1. Perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan seputar listrik prabayar
kepada pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik, seperti memberikan
respon yang sopan dan cepat apabila terjadi gngguan kelistrikan.
2. Perusahaan harus memperhatikan fasilitas fisik yang ada dengan cara menjaga
kebersihan dan kerapian ruang kantor, penampilan karyawan yang rapi, cara
berkomunikasi dengan baik serta harus meningkatkan fasilitas teknologi
canggih untuk mempermudah pelayanan.
3. Memberikan informasi tentang penggunaan listrik prabayar melalui sosialisasi
Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan listrik prabayar PT. PLN (persero)
Area Watampone kwh 900. Tujuan penulis dalam pengambilan judul ini yaitu untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan
baik itu secara individu maupun bersama-sama. Masalah yang harus terjawab pada
penelitian ini apakah terdapat pengaruh teknologi informasi terhadap kepuasan
pelanggan, apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan dan apakah terdapat pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan
secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar PT.PLN
(persero) Area Watampone kwh 900.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif, adapun subjek penelitian yaitu PT.PLN (persero) Area Watampone
dengan objek penelitian yaitu pelanggan yang menggunakan listrik prabayar. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi serta teknik
analisis data yang digunakan yaitu Teknik Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Teknologi Informasi dan Kualitas
Pelayanan berpengaruh secara signifikansi terhadap kepuasan pelanggan jika dilihat
secara bersama-sama. Jika dilihat secara individu Teknologi Informasi tidak
berpengaruh, hal ini disebabkan oleh beberapa factor seperti Resiko yang akan
diterima pelanggan pada saat menggunakan listrik prabayar. Dilihat dari Perspektif
Ekonomi Islam pelayanan yang baik harus didasari dengan sikap Jujur, Amanah dan
Bertanggung jawab sehingga mendapatkan kesan yang baik juga dari pelanggan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasi penelitian dan pembahasan diatas maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa :
1. Analisis Regresi Linear berganda dapat dirumuskanY = a = b1x1 + b2x2 + e (Y
= 8,224 + 0,269X1 + 0,368X2) Adapun penjelasan dari model persamaan
Regresi Linear Berganda diatas adalah sebagi berikut:
a. Konstanta sbesar 8,224 menyatakan bahwa jika teknologi informasi dan
kepuasan pelyanan diabaikan atau sama dengan nol, maka kepuasan
pelanggan sebesar 8,224.
b. Koefisien regresi dari teknologi informasi adalah sebesar 0,269.
Maksudnya adalah bahwa setiap kenaikan tingkat teknologi informasi
sebesar satu poin maka kepuasan pelanggan akan mengalami kenaikan
sebesar 0,269. Begitu juga sebaliknya, apabila teknologi informasi
mengalami penurunan sebesar satu poin maka kepuasan pelanggan akan
mengalami penurunan sebesar 0,269.
c. Koefisien regresi dari Kualitas pelayanan adalah sebesar 0,368. Maksudnya
bahwa setiap kenaikan tingkat kualitas pelayanan sebesar satu poin maka
kepuasan pelanggan akan mengalami penurunan sebanyak 0,386. Begitu
juga sebaliknya apabila kualitas pelayanan mengalami penurunan satu poin
maka kepuasan pelanggan akan mengalami peningkatan sebesar 0,368.
2. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,504 atau 50%. Besarnya nilai koefisien
detrminasi tersebut menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari
teknologi informasi dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variabel
dependen yaitu kepuasan pelanggan sebesar 50% slebihnya dijelaskan melalui
variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat diberikan bebrapa saran kepada
perusahaan sebagai berikut:
1. Perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan seputar listrik prabayar
kepada pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik, seperti memberikan
respon yang sopan dan cepat apabila terjadi gngguan kelistrikan.
2. Perusahaan harus memperhatikan fasilitas fisik yang ada dengan cara menjaga
kebersihan dan kerapian ruang kantor, penampilan karyawan yang rapi, cara
berkomunikasi dengan baik serta harus meningkatkan fasilitas teknologi
canggih untuk mempermudah pelayanan.
3. Memberikan informasi tentang penggunaan listrik prabayar melalui sosialisasi
Ketersediaan
| SFEBI20210208 | 208/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
208/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
