Strategi Kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi Seberang Kec. Lamuru Kab. Bone untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan
Muliana/02.14.3111 - Personal Name
Skripsi ini merupakan pembahasan mengenai Strategi Kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi Seberang Kec. Lamuru Kab. Bone untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana strategi Kepala Madrasah di MTs Guppi Seberang Kec. Lamuru Kab. Bone. Dan bagaimana partisipasi masyarakat di MTs Guppi Seberang Kec. Lamuru kab. Bone serta bagaimana kontribusi strategi Kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi Seberang Kec. Lamuru Kab. Bone untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pendidikan.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan ruduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi seberang kec. lamuru kab. bone untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Bahwa kepala madrasah sangat memperhatikan mengenai pentingnya partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di madrasah, serta bekerja secara maksimal untuk menciptakan sebuah gagasan maupun sesuatu hal yang baru agar dapat menunjang proses pembelajaran maupun dengan pengelolaan madrasah sehingga mampu menciptakan madrasah yang berkualitas. Meskipun masih ada kendala-kendala yang sering dihadapi, akan tetapi kepala madrasah berusaha untuk menghadapi semua kendala tersebut dengan cara berpikir positif dan selalu optimis dalam segala hal. Keberadaan strategi kepala madrasah dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Guppi Seberang Kec, Lamuru Kab. Bone, sehingga lembaga pendidikan tersebut akan mampu untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan yang sederajatnya
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Berbagai strategi yang dilakukan kepala madrasah beserta stafnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan akan tetapi hasil yang tidak maksimal dan banyaknya kendala yang menghambat. Namun madrasah tersebut tidak putus asa, terus berusaha sehingga sedikit demi sedikit partisipasi masyarakat bertambah. Madrasah tetap merangcang strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.
2. Partisipasi masyarakat merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang khususnya dalam hal pendidikan. Partisipasi masyarakat terdiri dari partisipasi buah pikiran, partisipasi keahlian, partisipasi tenaga dan partisipasi berupa harta benda. Begitu pun di MTs Guppi Seberang partisipasi masyarakat kurang maka perlu dilakukan peningkatan agar memudahkan madrasah menjadi madrasah yang lebih baik kedepannya. Partisipasi masyarakat tergantung dari madrasah tersebut. Bagaimana cara madrasah untuk bisa menarik partisipasi masyarakat. Maka sebagai kepala madrasah harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam tentang kepemimpinan yang efektif yang bisa melakukan manajemen dengan baik.
3. Kontribusi strategi kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi Seberang Kec Lamuru Kab. Bone untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pendidikan yaitu dengan cara meningkatkan citra madrasah, pelibatan masyarakat terhadap program madrasah, komunikasi yang baik antara madrasah dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui prestasi akademik dan non akademik siswa MTs Guppi Seberang.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah dan seluruh personil madrasah maupun masyarakat hendaknya selalu meningkatkan komunikasi maupun kerjasama yang baik sehingga dapat memudahkan sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan efisien.
2. Madrasah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yang baik antara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat, karena itu akan membuat hubungan seluruh personil madrasah dengan masyarakat akan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.
3. Madrasah hendaknya selalu melakukan komunikasi dengan baik secara terus-menerus sehingga madrasah dapat berhubungan atau bekerjasama dengan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan atau madrasah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan ruduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi seberang kec. lamuru kab. bone untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Bahwa kepala madrasah sangat memperhatikan mengenai pentingnya partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di madrasah, serta bekerja secara maksimal untuk menciptakan sebuah gagasan maupun sesuatu hal yang baru agar dapat menunjang proses pembelajaran maupun dengan pengelolaan madrasah sehingga mampu menciptakan madrasah yang berkualitas. Meskipun masih ada kendala-kendala yang sering dihadapi, akan tetapi kepala madrasah berusaha untuk menghadapi semua kendala tersebut dengan cara berpikir positif dan selalu optimis dalam segala hal. Keberadaan strategi kepala madrasah dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di MTs Guppi Seberang Kec, Lamuru Kab. Bone, sehingga lembaga pendidikan tersebut akan mampu untuk meningkatkan daya saing lembaga pendidikan yang sederajatnya
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Berbagai strategi yang dilakukan kepala madrasah beserta stafnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan akan tetapi hasil yang tidak maksimal dan banyaknya kendala yang menghambat. Namun madrasah tersebut tidak putus asa, terus berusaha sehingga sedikit demi sedikit partisipasi masyarakat bertambah. Madrasah tetap merangcang strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.
2. Partisipasi masyarakat merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang khususnya dalam hal pendidikan. Partisipasi masyarakat terdiri dari partisipasi buah pikiran, partisipasi keahlian, partisipasi tenaga dan partisipasi berupa harta benda. Begitu pun di MTs Guppi Seberang partisipasi masyarakat kurang maka perlu dilakukan peningkatan agar memudahkan madrasah menjadi madrasah yang lebih baik kedepannya. Partisipasi masyarakat tergantung dari madrasah tersebut. Bagaimana cara madrasah untuk bisa menarik partisipasi masyarakat. Maka sebagai kepala madrasah harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam tentang kepemimpinan yang efektif yang bisa melakukan manajemen dengan baik.
3. Kontribusi strategi kepala Madrasah Tsanawiyah Guppi Seberang Kec Lamuru Kab. Bone untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pendidikan yaitu dengan cara meningkatkan citra madrasah, pelibatan masyarakat terhadap program madrasah, komunikasi yang baik antara madrasah dengan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui prestasi akademik dan non akademik siswa MTs Guppi Seberang.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala madrasah dan seluruh personil madrasah maupun masyarakat hendaknya selalu meningkatkan komunikasi maupun kerjasama yang baik sehingga dapat memudahkan sekolah untuk mencapai visi dan misi sekolah secara efektif dan efisien.
2. Madrasah hendaknya selalu mempertahankan nilai-nilai kerjasama yang baik antara pemimpin dengan para bawahan serta kepada masyarakat setempat, karena itu akan membuat hubungan seluruh personil madrasah dengan masyarakat akan selalu terjaga dengan baik dan harmonis.
3. Madrasah hendaknya selalu melakukan komunikasi dengan baik secara terus-menerus sehingga madrasah dapat berhubungan atau bekerjasama dengan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan atau madrasah.
Ketersediaan
| ST20180068 | 68/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
68/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
