Kontribusi Karyawan dalam Meningkatkan Omzet Perusahaan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Al-Fatih Fried Chicken Bone)
Asriyanti/01.16.3011 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang model peningkatan omzet pada perusahaan Al-Fatih
Fried Chicken yang dilakukan oleh karyawan ditinjau dari perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik karyawan,
kontribusi karyawan dalam peningkatan omzet dan model peningkatan omzet usaha
Al-Fatih Fried Chicken.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif interpretatif
yaitu suatu analisis yang bersifat mendeskripsikan makna data atau fenomena yang
dapat ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti-bukti atau penafsiran
dengan menggunakan teori. Teknik ini digunakan untuk mendekskripsikan data-data
yang peneliti kumpulkan baik data hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi
selama melakukan penelitian di Al-Fatih Fried Chicken.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakteristik karyawan di Al-Fatih
Fried Chicken ada lima yang dijadikan sebagai point utama yaitu disiplin kerja,
tanggung jawab, jujur, inovatif dan kerjasama. Dari kelima karakter tersebut,
karyawan Al-Fatih Fried Chicken memiliki karakter yang baik dilihat dari perspektif
ekonomi Islam meskipun masih ada karakter yang belum terpenuhi secara
keseluruhan yaitu kerjasama tim. 2) Kontribusi karyawan dalam meningkatkan
omzet perusahaan dalam perspektif ekonomi Islam pada Al-Fatih Fried Chicken
dapat dilihat dari empat tema yaitu inovasi produk, target pasar, promosi dan gaya
saing. Dari keempat kontribusi yang dilakukan ini dapat memberikan kesimpulan
bahwa karyawan yang bekerja untuk perusahaan dalam meningkatkan omzet Al-
Fatih Fried Chicken sudah baik namun masih perlu dikembangkan baik dari segi
promosi dan target pasar yang dituju. 3) Model peningkatan omzet perusahaan Al-
Fatih Fried Chicken dijadikan sebagai teori dasar yaitu grounded theory. Hal ini
ditemukan empat tema dijadikan sebagai teori dasar yaitu inovasi produk, target
pasar, promosi, dan gaya saing. Keempat dasar tersebut inilah yang menjadi
pedoman bagi karyawan Al-Fatih Fried Chicken untuk meningkatkan omzet
perusahaannya. Demikian ini, dari segi inovasi produk keenam informan
mengatakan bahwa inovasi itu memang harus selalu dilakukan dan perlu
dikembangkan karena hal ini sangat penting dalam peningkatan omzet. Kemudian,
dari segi target pasar yang dilakukan juga sudah terpenuhi namun masih perlu
dikembangkan karena masih minimnya target yang dituju sehingga pendapatan bisa
saja berkurang. Terkait promosi yang dilakukan oleh Al-Fatih Fried Chicken juga
baik karena telah memanfaatkan media sosial sebagai model dalam peningkatan
omzet, hal ini sepadan dengan keenam pendapat informan. Terakhir dari segi gaya
saing yang dilakukan oleh Al-Fatih Fried Chicken masih sederhana dan klasik
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti
dapat menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Karakteristik karyawan di Al-Fatih Fried Chicken ada lima yang dijadikan
sebagai karakter yaitu disiplin kerja, tanggung jawab, jujur, inovatif dan
kerjasama. Dari kelima karakter tersebut, karyawan Al-Fatih Fried Chicken
memiliki karakter yang baik meskipun masih ada karakter yang belum
terpenuhi secara keseluruhan yaitu kerjasama tim. Hal tersebut memberikan
dampak kepada Al-Fatih Fried Chicken dan juga karyawan itu sendiri karena
berkat dari karakter yang ditanamkan oleh karyawannya dapat meningkatkan
kinerja perusahaan dan akhirnya berdampak pada penghasilan usaha Al-Fatih
Fried Chicken dan meningkatnya omzet perusahaan
2. Kontribusi karyawan dalam meningkatkan omzet perusahaan dalam perspektif
ekonomi Islam pada Al-Fatih Fried Chicken dapat dilihat dari empat tema
yaitu inovasi produk, target pasar, promosi dan gaya saing. Dari keempat
kontribusi yang dilakukan ini dapat memberikan kesimpulan bahwa karyawan
yang bekerja untuk perusahaan dalam meningkatkan omzet Al-Fatih Fried
Chicken sudah baik namun masih perlu dikembangkan baik dari segi promosi
dan target pasar yang dituju dan perlu meskipun dalam Islam telah
menganjurkan karyawan yang bekerja untuk tetap memperhatikan mental dan
kepercayaan sesuai dalam Q.S Al-Qasas 28:26. Dari pengembangan yang
dilakukan ini dapat memberikan penjualan yang besar kepada perusahaan
100
sehingga return yang dihasilkan juga bertambah dan akibantnya omzet bisa
terus meningkat. Meskipun demikian masih perlu dikembangkan, Al-Fatih
Fried Chicken dapat memberikan keberhasilan yang sesuai dengan targetnya
buktinya bahwa omzet Al-Fatih Fried Chicken meningkat sebesar 16,9 %
perbulannya.
3. Model peningkatan omzet perusahaan Al-Fatih Fried Chicken dimulai dari
model grounded theory yang dimana empat tema dijadikan sebagai teori dasar
yaitu inovasi produk, target pasar, promosi, dan gaya saing. Dari kempat dasar
tersebut hal ini menjadi pedoman bagi karyawan Al-Fatih Fried Chicken
untuk meningkatkan omzet karyawannya. Demikian ini, dari segi inovasi
produk keenam informan mengatakan bahwa inovasi itu memang harus selalu
dilakukan dan perlu dikembangkan karena hal ini sangat penting dalam
peningkatan omzet. Dari segi target pasar yang dilakukan juga sudah
terpenuhi namun masih perlu dikembangkan karena masih minimnya target
yang dituju sehingga pendapatan bisa saja berkurang. Untuk promosi yang
dilakukan oleh Al-Fatih Fried Chicken juga baik karena telah memanfaatkan
media sosial sebagai model dalam peningkatan omzet hal ini sepadan dengan
keenam informan. Dan yang terakhir dari segi gaya saing yang dilakukan oleh
Al-Fatih Fried Chicken masih sederhana dan klasik
B. Implikasi
4. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan implikasi kepada
pemilik dan karyawan Al-Fatih Fried Chicken pada khususnya dan usaha yang
sejenis pada umumnya yaitu setiap usaha atau bisnis yang bergerak dibidang
kuliner untuk meningkatkan omzetnya diperlukan perkembangan dan
perubahan-perubahan yang selalu terus dilakukan seperti promosi, target
pasar, dan fasilitas-fasilitas dari usaha tersebut. Adapun dari segi tempat
alangkah baiknya Al-Fatih Fried Chicken selalu melakukan renovasi model
ruangan serta menyediakan lokasi parkiran yang lebih luas agar konsumen
nyaman dan senang. Tidak hanya itu, dipelukan juga promosi dan target pasar
yang lebih besar agar perusahaan dapat maju dan berkembang menjadi usaha
yang besar.
Fried Chicken yang dilakukan oleh karyawan ditinjau dari perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik karyawan,
kontribusi karyawan dalam peningkatan omzet dan model peningkatan omzet usaha
Al-Fatih Fried Chicken.
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif interpretatif
yaitu suatu analisis yang bersifat mendeskripsikan makna data atau fenomena yang
dapat ditangkap oleh peneliti dengan menunjukkan bukti-bukti atau penafsiran
dengan menggunakan teori. Teknik ini digunakan untuk mendekskripsikan data-data
yang peneliti kumpulkan baik data hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi
selama melakukan penelitian di Al-Fatih Fried Chicken.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakteristik karyawan di Al-Fatih
Fried Chicken ada lima yang dijadikan sebagai point utama yaitu disiplin kerja,
tanggung jawab, jujur, inovatif dan kerjasama. Dari kelima karakter tersebut,
karyawan Al-Fatih Fried Chicken memiliki karakter yang baik dilihat dari perspektif
ekonomi Islam meskipun masih ada karakter yang belum terpenuhi secara
keseluruhan yaitu kerjasama tim. 2) Kontribusi karyawan dalam meningkatkan
omzet perusahaan dalam perspektif ekonomi Islam pada Al-Fatih Fried Chicken
dapat dilihat dari empat tema yaitu inovasi produk, target pasar, promosi dan gaya
saing. Dari keempat kontribusi yang dilakukan ini dapat memberikan kesimpulan
bahwa karyawan yang bekerja untuk perusahaan dalam meningkatkan omzet Al-
Fatih Fried Chicken sudah baik namun masih perlu dikembangkan baik dari segi
promosi dan target pasar yang dituju. 3) Model peningkatan omzet perusahaan Al-
Fatih Fried Chicken dijadikan sebagai teori dasar yaitu grounded theory. Hal ini
ditemukan empat tema dijadikan sebagai teori dasar yaitu inovasi produk, target
pasar, promosi, dan gaya saing. Keempat dasar tersebut inilah yang menjadi
pedoman bagi karyawan Al-Fatih Fried Chicken untuk meningkatkan omzet
perusahaannya. Demikian ini, dari segi inovasi produk keenam informan
mengatakan bahwa inovasi itu memang harus selalu dilakukan dan perlu
dikembangkan karena hal ini sangat penting dalam peningkatan omzet. Kemudian,
dari segi target pasar yang dilakukan juga sudah terpenuhi namun masih perlu
dikembangkan karena masih minimnya target yang dituju sehingga pendapatan bisa
saja berkurang. Terkait promosi yang dilakukan oleh Al-Fatih Fried Chicken juga
baik karena telah memanfaatkan media sosial sebagai model dalam peningkatan
omzet, hal ini sepadan dengan keenam pendapat informan. Terakhir dari segi gaya
saing yang dilakukan oleh Al-Fatih Fried Chicken masih sederhana dan klasik
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan sebelumnya, peneliti
dapat menarik kesimpulan secara keseluruhan sebagai berikut:
1. Karakteristik karyawan di Al-Fatih Fried Chicken ada lima yang dijadikan
sebagai karakter yaitu disiplin kerja, tanggung jawab, jujur, inovatif dan
kerjasama. Dari kelima karakter tersebut, karyawan Al-Fatih Fried Chicken
memiliki karakter yang baik meskipun masih ada karakter yang belum
terpenuhi secara keseluruhan yaitu kerjasama tim. Hal tersebut memberikan
dampak kepada Al-Fatih Fried Chicken dan juga karyawan itu sendiri karena
berkat dari karakter yang ditanamkan oleh karyawannya dapat meningkatkan
kinerja perusahaan dan akhirnya berdampak pada penghasilan usaha Al-Fatih
Fried Chicken dan meningkatnya omzet perusahaan
2. Kontribusi karyawan dalam meningkatkan omzet perusahaan dalam perspektif
ekonomi Islam pada Al-Fatih Fried Chicken dapat dilihat dari empat tema
yaitu inovasi produk, target pasar, promosi dan gaya saing. Dari keempat
kontribusi yang dilakukan ini dapat memberikan kesimpulan bahwa karyawan
yang bekerja untuk perusahaan dalam meningkatkan omzet Al-Fatih Fried
Chicken sudah baik namun masih perlu dikembangkan baik dari segi promosi
dan target pasar yang dituju dan perlu meskipun dalam Islam telah
menganjurkan karyawan yang bekerja untuk tetap memperhatikan mental dan
kepercayaan sesuai dalam Q.S Al-Qasas 28:26. Dari pengembangan yang
dilakukan ini dapat memberikan penjualan yang besar kepada perusahaan
100
sehingga return yang dihasilkan juga bertambah dan akibantnya omzet bisa
terus meningkat. Meskipun demikian masih perlu dikembangkan, Al-Fatih
Fried Chicken dapat memberikan keberhasilan yang sesuai dengan targetnya
buktinya bahwa omzet Al-Fatih Fried Chicken meningkat sebesar 16,9 %
perbulannya.
3. Model peningkatan omzet perusahaan Al-Fatih Fried Chicken dimulai dari
model grounded theory yang dimana empat tema dijadikan sebagai teori dasar
yaitu inovasi produk, target pasar, promosi, dan gaya saing. Dari kempat dasar
tersebut hal ini menjadi pedoman bagi karyawan Al-Fatih Fried Chicken
untuk meningkatkan omzet karyawannya. Demikian ini, dari segi inovasi
produk keenam informan mengatakan bahwa inovasi itu memang harus selalu
dilakukan dan perlu dikembangkan karena hal ini sangat penting dalam
peningkatan omzet. Dari segi target pasar yang dilakukan juga sudah
terpenuhi namun masih perlu dikembangkan karena masih minimnya target
yang dituju sehingga pendapatan bisa saja berkurang. Untuk promosi yang
dilakukan oleh Al-Fatih Fried Chicken juga baik karena telah memanfaatkan
media sosial sebagai model dalam peningkatan omzet hal ini sepadan dengan
keenam informan. Dan yang terakhir dari segi gaya saing yang dilakukan oleh
Al-Fatih Fried Chicken masih sederhana dan klasik
B. Implikasi
4. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis memberikan implikasi kepada
pemilik dan karyawan Al-Fatih Fried Chicken pada khususnya dan usaha yang
sejenis pada umumnya yaitu setiap usaha atau bisnis yang bergerak dibidang
kuliner untuk meningkatkan omzetnya diperlukan perkembangan dan
perubahan-perubahan yang selalu terus dilakukan seperti promosi, target
pasar, dan fasilitas-fasilitas dari usaha tersebut. Adapun dari segi tempat
alangkah baiknya Al-Fatih Fried Chicken selalu melakukan renovasi model
ruangan serta menyediakan lokasi parkiran yang lebih luas agar konsumen
nyaman dan senang. Tidak hanya itu, dipelukan juga promosi dan target pasar
yang lebih besar agar perusahaan dapat maju dan berkembang menjadi usaha
yang besar.
Ketersediaan
| SFEBI20200025 | 25/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
25/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
