Strategi Pemasaran Produk Pada Badan Usaha Milik Desa (Studi Pada Desa Sanrangeng Kec.Dua Boccoe Kab.Bone)
Widia/01.16.3114 - Personal Name
Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan lembaga usaha yang bergerak
dalam bidang pengelolaan aset-aset dan sumber daya ekonomi desa dalam kerangka
pemberdayaan masyarakat desa. Usaha yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Desa
(BUMDES) yang ada di Desa Sanrangeng diantaranya Salon (pelayanan make up), isi
ulang air galon, dan produksi sandal. Dalam skripsi ini penulis menguraikan rumusan
masalah, antara lain: (1) Apa strategi yang digunakan pada Badan Usaha Milik Desa
Al-Mubarak? (2) Bagaimana mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman strategi pemasaran badan usaha menggunakan analisis SWOT?
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan metode yang digunakan oleh
peneliti adalah menggunakan analisis SWOT dan metode analisis deskripstif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada ketua
Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-Mubarak Desa Sanrangeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh diagram cartesius
bahwa badan usaha tersebut berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan
strategi Growth Oriented Strategy yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi badan usaha tersebut.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan:
1. Strategi pemasaran yang digunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-
Mubarak yaitu Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P yang terdiri dari strategi
produk, strategi harga, strategi penentuan lokasi, strategi promosi, strategi
manusi, strategi sarana fisik dan strategi proses.
2. Berdasarkan analisis internal dan eksternal perusahaan serta diagram cartesisus
dapat diperoleh bahwa yang menjadi strategi utama Badan Usaha Milik Desa
(BUMDES) Al-Mubarak yaitu strategi Growth, yang mana Badan Usaha Milik
Desa tersebut dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk,
kemudian memperdalam jalinan dengan mitra guna menciptakan hubungan
baik. Berdasarkan matriks SWOT maka dapat disimpulkan beberapa
pengembangan melalui pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan
yang dapat bermanfaat bagi kemajuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)
Al-Mubarak.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yaitu sebagai berikut:
1. Bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-Mubarak, diharapkan terus
meningkatkan kualitas produk, mencipatkan inovasi baru terhadap produk, dan
menggunakan pengemasan pada produk sandal sehingga dapat memberikan
daya tarik bagi konsumen. Selanjutnya, terus meningkatkan kegiatan promosi
semenarik mungkin baik dari promosi harga maupun membuat iklan dengan
memanfaatkan teknologi yang ada, guna membuat konsumen tertarik pada
produk tersebut.
2. Hendaknya pihak Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-Mubarak
menambah lebih banyak lagi mitra kerja, karena hal ini mampu meningkatkan
omset/volume penjualan.
3. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dilanjutkan dengan
mengembangkan penelitian-penelitian lainnya yakni penelitian mengenai
strategi pemasaran.
dalam bidang pengelolaan aset-aset dan sumber daya ekonomi desa dalam kerangka
pemberdayaan masyarakat desa. Usaha yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Desa
(BUMDES) yang ada di Desa Sanrangeng diantaranya Salon (pelayanan make up), isi
ulang air galon, dan produksi sandal. Dalam skripsi ini penulis menguraikan rumusan
masalah, antara lain: (1) Apa strategi yang digunakan pada Badan Usaha Milik Desa
Al-Mubarak? (2) Bagaimana mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman strategi pemasaran badan usaha menggunakan analisis SWOT?
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dan metode yang digunakan oleh
peneliti adalah menggunakan analisis SWOT dan metode analisis deskripstif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada ketua
Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-Mubarak Desa Sanrangeng Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone. Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh diagram cartesius
bahwa badan usaha tersebut berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan
strategi Growth Oriented Strategy yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi badan usaha tersebut.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian di atas maka dapat diambil kesimpulan:
1. Strategi pemasaran yang digunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-
Mubarak yaitu Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P yang terdiri dari strategi
produk, strategi harga, strategi penentuan lokasi, strategi promosi, strategi
manusi, strategi sarana fisik dan strategi proses.
2. Berdasarkan analisis internal dan eksternal perusahaan serta diagram cartesisus
dapat diperoleh bahwa yang menjadi strategi utama Badan Usaha Milik Desa
(BUMDES) Al-Mubarak yaitu strategi Growth, yang mana Badan Usaha Milik
Desa tersebut dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk,
kemudian memperdalam jalinan dengan mitra guna menciptakan hubungan
baik. Berdasarkan matriks SWOT maka dapat disimpulkan beberapa
pengembangan melalui pertimbangan faktor internal dan eksternal perusahaan
yang dapat bermanfaat bagi kemajuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)
Al-Mubarak.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan
beberapa saran yaitu sebagai berikut:
1. Bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-Mubarak, diharapkan terus
meningkatkan kualitas produk, mencipatkan inovasi baru terhadap produk, dan
menggunakan pengemasan pada produk sandal sehingga dapat memberikan
daya tarik bagi konsumen. Selanjutnya, terus meningkatkan kegiatan promosi
semenarik mungkin baik dari promosi harga maupun membuat iklan dengan
memanfaatkan teknologi yang ada, guna membuat konsumen tertarik pada
produk tersebut.
2. Hendaknya pihak Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Al-Mubarak
menambah lebih banyak lagi mitra kerja, karena hal ini mampu meningkatkan
omset/volume penjualan.
3. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dilanjutkan dengan
mengembangkan penelitian-penelitian lainnya yakni penelitian mengenai
strategi pemasaran.
Ketersediaan
| SFEBI2020095 | 95/20020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
95/20020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
