Penerapan Gaya Pengambilan Keputusan Analitik Kepala Sekolah dalam Pemberian Sanksi Terhadap Siswa yang Melanggar Tata Tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone
Selfi Yunita/02.14.3143 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan gaya pengambilan
keputusan analitik kepala sekolah dan pemberian sanksi terhadap siswa yang
melanggar tata tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng.
Pokok permasalahan skripsi ini mengenai bagaimana penerapan gaya
pengambilan keputusan analitik kepala sekolah dalam pemberian sanksi terhadap
siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negei 3 Ulaweng. Hal yang dikaji pada
skripsi ini ialah bagaimana penerapan gaya pengambilan keputusan analitik
kepala sekolah dan bagaimana pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar
tata tertib.
Metode pengkajian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (Field
Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya pengambilan
keputusan analitik kepala sekolah SMP Negeri 3 Ulaweng kab. Bone kepala
sekolah telah menerapkan gaya analitik didalam mengambil keputusan dan itu
juga telah diterapkan oleh para guru disekolah tersebut. Dalam mengambil
keputusan sesuai dengan proses yang ada dan penuh dengan analisis dan
pertimbangan dari bukti-bukti secara cermat, rasional, waktu yang cukup lama,
toleransi, penyesuaian diri serta evaluatif. Dari sisi pemberian sanksi terhadap
siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone diberikan
mulai dari hukuman fisik seperti berdiri dan keliling lapangan adapun non fisik
yaitu pembarian nasehat atau teguran lisan, pemberian tugas, surat pernyataan,
skorsing sampai dikeluarkan. Akan tetapi sanksi berupa skorsing dan dikeluarkan
belum diberlakukan meskipun terjadi pelanggaran yang berat karena terlebih
dahulu melalui pemberian nasehat dan surat pernyataan, hal ini dianggap berhasil
karena siswa tersebut tidak mengulanginya lagi dan apabila langsung diberikan
skorsing maka siswa tersebut akan tambah merasa senang karena tidak ada beban
untuk sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama satu bulan di SMP
Negeri 3 Ulaweng dengan judul penelitian penerapan gaya pengambilan
keputusan analitik kepala sekolah dalam pemberian sanksi terhadap siswa yang
melanggar tata tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone, maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan gaya pengambilan keputusan analitik kepala sekolah di SMP
Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone yaitu kepala sekolah telah diterapkan dalam
mengambil keputusan. Demikian juga oleh para guru disekolah tersebut.
Dalam mengambil keputusan sesuai dengan proses yang ada dan penuh
dengan analisis dan pertimbangan dari bukti-bukti secara cermat,
rasional,waktu yang cukup lama, toleransi, penyesuaian diri serta evaluatif.
2. Pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negeri
3 Ulaweng Kab. Bone diberikan mulai dari hukuman fisik seperti berdiri
dan keliling lapangan adapun non fisik yaitu pemberian nasehat atau teguran
lisan, pemberian tugas, surat pernyataan, skorsing sampai dikeluarkan. Akan
tetapi sanksi berupa skorsing dan dikeluarkan belum diberlakukan meskipun
terjadi pelanggaran yang berat karena terlebih dahulu melalui pemberian
nasehat dan surat pernyataan, hal ini dianggap berhasil karena siswa tersebut
tidak mengulanginya lagi dan apabila langsung diberikan skorsing maka
siswa tersebut akan tambah merasa senang karena tidak ada beban untuk
sekolah.
B. Implikasi
Implikasi yang penulis berikan, sebagai berikut:
1. Kepala sekolah, tetap meningkatkan kualitas dalam mengambil keputusan
dan selalu mengedepankan keadilan bagi siswa serta melaksanakan
tanggung jawab dengan baik.
2. Pendidik dan tenaga kependidikan, tetap menjalin hubungan yang baik dan
meningkatkan kerja sama dalam mengambil keputusan demi ketertiban
sekolah.
3. Orang tua dan siswa, menumbuhkan kesadaran diri untuk menciptakan
kedisiplinan disekolah.
keputusan analitik kepala sekolah dan pemberian sanksi terhadap siswa yang
melanggar tata tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng.
Pokok permasalahan skripsi ini mengenai bagaimana penerapan gaya
pengambilan keputusan analitik kepala sekolah dalam pemberian sanksi terhadap
siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negei 3 Ulaweng. Hal yang dikaji pada
skripsi ini ialah bagaimana penerapan gaya pengambilan keputusan analitik
kepala sekolah dan bagaimana pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar
tata tertib.
Metode pengkajian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (Field
Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya pengambilan
keputusan analitik kepala sekolah SMP Negeri 3 Ulaweng kab. Bone kepala
sekolah telah menerapkan gaya analitik didalam mengambil keputusan dan itu
juga telah diterapkan oleh para guru disekolah tersebut. Dalam mengambil
keputusan sesuai dengan proses yang ada dan penuh dengan analisis dan
pertimbangan dari bukti-bukti secara cermat, rasional, waktu yang cukup lama,
toleransi, penyesuaian diri serta evaluatif. Dari sisi pemberian sanksi terhadap
siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone diberikan
mulai dari hukuman fisik seperti berdiri dan keliling lapangan adapun non fisik
yaitu pembarian nasehat atau teguran lisan, pemberian tugas, surat pernyataan,
skorsing sampai dikeluarkan. Akan tetapi sanksi berupa skorsing dan dikeluarkan
belum diberlakukan meskipun terjadi pelanggaran yang berat karena terlebih
dahulu melalui pemberian nasehat dan surat pernyataan, hal ini dianggap berhasil
karena siswa tersebut tidak mengulanginya lagi dan apabila langsung diberikan
skorsing maka siswa tersebut akan tambah merasa senang karena tidak ada beban
untuk sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama satu bulan di SMP
Negeri 3 Ulaweng dengan judul penelitian penerapan gaya pengambilan
keputusan analitik kepala sekolah dalam pemberian sanksi terhadap siswa yang
melanggar tata tertib di SMP Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone, maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan gaya pengambilan keputusan analitik kepala sekolah di SMP
Negeri 3 Ulaweng Kab. Bone yaitu kepala sekolah telah diterapkan dalam
mengambil keputusan. Demikian juga oleh para guru disekolah tersebut.
Dalam mengambil keputusan sesuai dengan proses yang ada dan penuh
dengan analisis dan pertimbangan dari bukti-bukti secara cermat,
rasional,waktu yang cukup lama, toleransi, penyesuaian diri serta evaluatif.
2. Pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negeri
3 Ulaweng Kab. Bone diberikan mulai dari hukuman fisik seperti berdiri
dan keliling lapangan adapun non fisik yaitu pemberian nasehat atau teguran
lisan, pemberian tugas, surat pernyataan, skorsing sampai dikeluarkan. Akan
tetapi sanksi berupa skorsing dan dikeluarkan belum diberlakukan meskipun
terjadi pelanggaran yang berat karena terlebih dahulu melalui pemberian
nasehat dan surat pernyataan, hal ini dianggap berhasil karena siswa tersebut
tidak mengulanginya lagi dan apabila langsung diberikan skorsing maka
siswa tersebut akan tambah merasa senang karena tidak ada beban untuk
sekolah.
B. Implikasi
Implikasi yang penulis berikan, sebagai berikut:
1. Kepala sekolah, tetap meningkatkan kualitas dalam mengambil keputusan
dan selalu mengedepankan keadilan bagi siswa serta melaksanakan
tanggung jawab dengan baik.
2. Pendidik dan tenaga kependidikan, tetap menjalin hubungan yang baik dan
meningkatkan kerja sama dalam mengambil keputusan demi ketertiban
sekolah.
3. Orang tua dan siswa, menumbuhkan kesadaran diri untuk menciptakan
kedisiplinan disekolah.
Ketersediaan
| ST201866 | 66/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
66/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
