Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Kantor J&T Cabang Express Watampone)
Sarina/01.16.3075 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen J&T Express Cabang Watampone. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini konsumen perusahaan J&T Express Cabang Watampone dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekniks Simple Random Sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, Uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh secara siginifikan terhadap kepuasan konsumen pada J&T Express Cabang Watampone. Fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen J&T Express Cabang Watampone. Kualitas layanan dan fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen J&T Express Cabang Watampone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada J&T Express Cabang Watampone.
2. Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen J&T Express Cabang Watampone.
3. Kualitas layanan dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen J&T
Express Cabang Watampone.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat sarankan hal-hal
sebagai berikut:
1. Bagi peneliti selanjutnya
Peneliti selanjutnya disarankan menambahkan variabel independen yang
banyak yang mempengaruhi kepuasan konsumen seperti harga dan jarak
tempuh yang dilalui untuk mencapai lokasi J&T Express. Hal tersebut
bertujuan agar penelitian yang dilakukan lebih bermanfaat bagi pihak
perusahaan.
2. Bagi pihak perusahaan
Kualitas layanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak perusahaan J&T
Express Cabang Watampone sudah termasuk tinggi. Hal ini terlihat dari
presentasi masing-masing variabel kualitas layanan dan fasilitas yang
tergolong dalam interval tinggi. Dalam meningkatkan kepuasan konsumen ada
beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi perusahaan:
a. Terkait kualitas layanan, diharapkan perusahaan dapat menjaga item kualitas pelayanan
yang sudah baik, yaitu dimensi tangible, responsiveness, assurance, dan empathy.
b. Terkait fasilitas, diharapkan perusahaan dapat menjaga item fasilitas yang
sudah baik yaitu perlengkapan, ruangan dan lain-lain.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada J&T Express Cabang Watampone.
2. Fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen J&T Express Cabang Watampone.
3. Kualitas layanan dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen J&T
Express Cabang Watampone.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat sarankan hal-hal
sebagai berikut:
1. Bagi peneliti selanjutnya
Peneliti selanjutnya disarankan menambahkan variabel independen yang
banyak yang mempengaruhi kepuasan konsumen seperti harga dan jarak
tempuh yang dilalui untuk mencapai lokasi J&T Express. Hal tersebut
bertujuan agar penelitian yang dilakukan lebih bermanfaat bagi pihak
perusahaan.
2. Bagi pihak perusahaan
Kualitas layanan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak perusahaan J&T
Express Cabang Watampone sudah termasuk tinggi. Hal ini terlihat dari
presentasi masing-masing variabel kualitas layanan dan fasilitas yang
tergolong dalam interval tinggi. Dalam meningkatkan kepuasan konsumen ada
beberapa saran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi perusahaan:
a. Terkait kualitas layanan, diharapkan perusahaan dapat menjaga item kualitas pelayanan
yang sudah baik, yaitu dimensi tangible, responsiveness, assurance, dan empathy.
b. Terkait fasilitas, diharapkan perusahaan dapat menjaga item fasilitas yang
sudah baik yaitu perlengkapan, ruangan dan lain-lain.
Ketersediaan
| SFEBI20200094 | 94/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
94/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
