Pengaruh Teknik Mencocokkan Gambar dengan Kata dalam Peningkatan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng Kab. Bone
Pirmayanti/02.14.2012 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Pengaruh Teknik Mencocokkan Gambar
dengan Kata dalam Peningkatan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas
VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni bagaimana pengaruh teknik mencocokkan gambar dengan
kata dikelas VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi, bagaimana tingkat penguasaan mufradat
bahasa Arab dalam penggunaan teknik mencocokkan gambar dengan kata dikelas
VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
menggunakan teknik mencocokkan gambar dengan kata dalam peningkatan
penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi Kec.
Ulaweng Kab. Bone tahun 2018. Subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah jenis penelitian yang dapat dilihat dari beberapa
aspek, yakni yang pertama jika ditinjau dari tempat penelitian maka penelitian ini
menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research), karena data yang diperoleh
langsung dari lokasi penelitian. Kedua, jika ditinjau dari segi analisis datanya,
penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh dalam
bentuk angka untuk menganalisis hasil belajar siswa. Analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui
catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi.
Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan
penguasaan mufradat bahasa Arab setelah tindakan dengan menggunakan teknik
mencocokkan gambar dengan kata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa menggunakan teknik mencocokkan gambar dengan kata.
Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 60,33 % dan meningkat menjadi 81,33
% pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut yang diperkuat dengan temuan
data kualitatif bahwa penggunaan teknik mencocokkan gambar dengan kata dapat
meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Teknik ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penguasaan mufradat
bahasa Arab siswa MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng Kab. Bone, yang
pengaruhnya dapat dilihat dari setiap siklus serta rasa antusias yang dimiliki
oleh setiap siswa dalam melaksanakan tes yang diberikan oleh sipeneliti dan
hasilnya, sangat berpengaruh dan dapat diketahui dengan menggunakan rumus
berikut:
a. MX : ΣFx
N
Keterangan:
MX : Mean yang dicari
N : Number of clasess
Fx : Jumlah skor atau nilai yang ada.1
b. Mencari signifikan dari nilai hasil tes kemampuan siswa, sebelum dan
sesudah upaya pelaksanaan teknik mencocokkan gambar dengan kata,
menggunakan rumus:
M2-M1Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Grafindo Persada, 1996), h. 327.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa menggunakan teknik mencocokkan gambar
dengan kata. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 60,33 % dan
meningkat menjadi 81,33% pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif
tersebut yang diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa penggunaan
teknik mencocokkan gambar dengan kata dapat meningkatkan penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII B, dengan kata lain mengalami
peningkatan, sesuai dengan yang dijabarkan pada hipotesis peneliti.
B. Saran
1. Bagi guru bahasa Arab khususnya guru MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng
Kab. Bone, diharapkan hendaknya benar-benar memahami tahapan pembelajaran
bahasa Arab dan dapat melaksanakan teknik mencocokkan gambar dengan kata
dalam peningkatan penguasaan mufradat siswa.
2. Pihak sekolah hendaknya menyadari bahwa keberhasilan kerja yang dicapai oleh
guru khususnya mata pelajaran bahasa Arab membutuhkan dukungan dari pihak
sekolah dengan memberikan suasana yang kondusif dan meningkatkan fasilitas
yang mendukung pembelajaran di kelas untuk mengembangkan kinerja guru
dalam proses pembelajaran yang akhirnya akan berdampak pada meningkatnya
kualitas belajar siswa.
3. Kepada peneliti lain yang akan melakukan penelitian di bidang yang sejenis
hendaknya memperhatikan katerbatasan-keterbatasan yang ada dalam penelitian
ini agar hasil yang diperoleh lebih baik, dan hendaknya dapat lebih
mengembangkan metode yang dapat memungkinkan siswa lebih aktif, kreatif dan
menyenangkan.
dengan Kata dalam Peningkatan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas
VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini yakni bagaimana pengaruh teknik mencocokkan gambar dengan
kata dikelas VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi, bagaimana tingkat penguasaan mufradat
bahasa Arab dalam penggunaan teknik mencocokkan gambar dengan kata dikelas
VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
menggunakan teknik mencocokkan gambar dengan kata dalam peningkatan
penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII B MTs Al-Mubarak Tacipi Kec.
Ulaweng Kab. Bone tahun 2018. Subjek penelitian berjumlah 15 orang siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah jenis penelitian yang dapat dilihat dari beberapa
aspek, yakni yang pertama jika ditinjau dari tempat penelitian maka penelitian ini
menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research), karena data yang diperoleh
langsung dari lokasi penelitian. Kedua, jika ditinjau dari segi analisis datanya,
penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh dalam
bentuk angka untuk menganalisis hasil belajar siswa. Analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui
catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi.
Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan
penguasaan mufradat bahasa Arab setelah tindakan dengan menggunakan teknik
mencocokkan gambar dengan kata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa menggunakan teknik mencocokkan gambar dengan kata.
Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 60,33 % dan meningkat menjadi 81,33
% pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif tersebut yang diperkuat dengan temuan
data kualitatif bahwa penggunaan teknik mencocokkan gambar dengan kata dapat
meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Teknik ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penguasaan mufradat
bahasa Arab siswa MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng Kab. Bone, yang
pengaruhnya dapat dilihat dari setiap siklus serta rasa antusias yang dimiliki
oleh setiap siswa dalam melaksanakan tes yang diberikan oleh sipeneliti dan
hasilnya, sangat berpengaruh dan dapat diketahui dengan menggunakan rumus
berikut:
a. MX : ΣFx
N
Keterangan:
MX : Mean yang dicari
N : Number of clasess
Fx : Jumlah skor atau nilai yang ada.1
b. Mencari signifikan dari nilai hasil tes kemampuan siswa, sebelum dan
sesudah upaya pelaksanaan teknik mencocokkan gambar dengan kata,
menggunakan rumus:
M2-M1Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Grafindo Persada, 1996), h. 327.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa menggunakan teknik mencocokkan gambar
dengan kata. Pada siklus I, diperoleh peningkatan sebesar 60,33 % dan
meningkat menjadi 81,33% pada siklus II. Berdasarkan data kuantitatif
tersebut yang diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa penggunaan
teknik mencocokkan gambar dengan kata dapat meningkatkan penguasaan
mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII B, dengan kata lain mengalami
peningkatan, sesuai dengan yang dijabarkan pada hipotesis peneliti.
B. Saran
1. Bagi guru bahasa Arab khususnya guru MTs Al-Mubarak Tacipi Kec. Ulaweng
Kab. Bone, diharapkan hendaknya benar-benar memahami tahapan pembelajaran
bahasa Arab dan dapat melaksanakan teknik mencocokkan gambar dengan kata
dalam peningkatan penguasaan mufradat siswa.
2. Pihak sekolah hendaknya menyadari bahwa keberhasilan kerja yang dicapai oleh
guru khususnya mata pelajaran bahasa Arab membutuhkan dukungan dari pihak
sekolah dengan memberikan suasana yang kondusif dan meningkatkan fasilitas
yang mendukung pembelajaran di kelas untuk mengembangkan kinerja guru
dalam proses pembelajaran yang akhirnya akan berdampak pada meningkatnya
kualitas belajar siswa.
3. Kepada peneliti lain yang akan melakukan penelitian di bidang yang sejenis
hendaknya memperhatikan katerbatasan-keterbatasan yang ada dalam penelitian
ini agar hasil yang diperoleh lebih baik, dan hendaknya dapat lebih
mengembangkan metode yang dapat memungkinkan siswa lebih aktif, kreatif dan
menyenangkan.
Ketersediaan
| ST20180061 | 61/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
61/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
