Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa Kabupaten Sinjai

No image available for this title
Skripsi ini membahas Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi
Belajar Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa Kabupaten
Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya fasilitas
pembelajaran khususnya di dalam kelas terhadap motivasi belajar peserta didik.
Penelitian menggunakan metode field research dengan melakukan observasi,
angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif. Untuk mendapatkan hasil penelitian tentang Pengaruh Fasilitas
Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Lappa Kabupaten Sinjai, yang dibagi menjadi beberapa teknik yaitu scoring,
persentase, korelasi product moment, dan analisis regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitas Belajar Siswa kelas 3
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa Kabupaten Sinjai termasuk dalam kategori baik,
yaitu sebanyak 94 % responden menyatakan demikian. Hasil pada penelitian ini
bahwa variabel Fasilitas Belajar Siswa berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa
kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa Kabupaten Sinjai. Dimana nilai r hitung
lebih besar dari pada nilai r tabelnya. Maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian, dapat dikatakan penelitian ini sangat mendukung terhadap teori
yang ada, dimana keberadaan serta kelengkapan fasilitas belajar dapat mempengaruhi
motivasi belajar anak yang dikarenakan teknik pengambilan data yang dilakukan
sudah tepat. Motivasi Belajar Siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa
Kabupaten Sinjai termasuk dalam kategori baik, yaitu sebanyak 89,5 % responden
menyatakan demikian. Terdapat pengaruh yang positif antara fasilitas pembelajaran
dengan motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r table. R
hitung 0,5097 yang dikonsultasikan dengan tabel pedoman penentuan kriteria korelasi
menunjukkan kategori sedang (0,5 – 0,8) sehingga r hitung yang dikonsultasikan
dengan r tabel maupun r hitung yang dikonsultasikan dengan tabel pedoman penentuan
kriteria korelasi, semuanya menunjukkan adanya pengaruh atau korelasi sehingga Ha
diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini sudah mendukung terhadap teori yang
ada.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Fasilitas pembelajaran di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa
tergolong sangat baik.
2. Motivasi belajar siswa di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Lappa
tergolong sangat baik.
3. Terdapat pengaruh yang posistif antara fasilitas pembelajaran dengan
motivasi belajar peserta didik dimana semakin terpenuhinya fasilitas
pembelajaran di sekolah khususnya di dalam kelas, maka semakin baik
pula tingkat motivasi belajar peserta didik karena R hitung 0,5097 yang
dikonsultasikan dengan tabel pedoman penentuan kriteria korelasi
menunjukkan kategori sedang (0,5 – 0,8) sehingga r hitung yang
dikonsultasikan dengan r tabel maupun r hitung yang dikonsultasikan dengan
tabel pedoman penentuan kriteria korelasi, semuanya menunjukkan
adanya pengaruh atau korelasi sehingga Ha diterima.
B. Implikasi
Setelah menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan diuraikan implikasi.
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai
berikut:
1. Fasilitas belajar di sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Oleh karena itu, diharapkan pemerintah memberikan fasilitas belajar yang
baik kepada siswa agar tercipta motivasi belajar yang kuat.
2. Diharapkan sekolah melengkapi alat peraga dan lemari untuk meningkat
motivasi belajar siswa.
3. Diharapkan Pihak sekolah hendaknya bekerja sama dengan pemerintah
dalam memberikan dan penggunaan fasilitas belajar yang ada, agar dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa
4. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain
yang juga mempengaruhi motivasi belajar siswa selain fasilitas belajar di
sekolah, sehingga dapat diketahui kontribusi yang diberikan untuk
motivasibelajar.
Ketersediaan
ST2018006060/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

60/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top