Strategi Guru Bidang Studi Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas strategi guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, kontribusi, hambatan dan tantangan strategi guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia.
Penelitian menggunakan metode field research dan library research dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang strategi guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone terdiri atas empat penerapan strategi yaitu: strategi nasihat, sebelum memasuki pembelajaran terlebih dahulu memberikan nasihat atau arahan-arahan yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih baik. Strategi pembiasaan, selalu membiasakan peserta didik untuk mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan ajaran agama Islam agar dapat membentuk akhlak mulia. Strategi dialog/tanya jawab, menjelaskan dan memberikan pemahaman mengenai materi dan setelah guru menjelaskan, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya. Strategi keteladanan, guru terlebih dahulu mencontohkan kepada peserta didik tentang akhlak yang baik. Hambatan dan tantangan guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, faktor penghambat dalam membentuk akhlak mulia yaitu kurangnya kesadaran dari diri peserta didik dalam memahami setiap materi yang dijelaskan oleh guru. Adapun tantangan guru dalam menghadapi peserta didik yaitu guru harus selalu memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai hubungan manusia dengan Allah swt, seperti menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya dan hubungan manusia dengan manusia yaitu saling membantu, dan saling menghormati sesama
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Penerapan strategi guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone terdiri atas empat penerapan strategi yaitu: strategi nasihat, sebelum memasuki pembelajaran terlebih dahulu memberikan nasihat atau arahan-arahan yang dapat membuat peserta didik menjadi lebih baik. Strategi pembiasaan, selalu membiasakan peserta didik untuk mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan ajaran agama Islam agar dapat membentuk akhlak mulia. Strategi dialog/tanya jawab, menjelaskan dan memberikan pemahaman mengenai materi dan setelah guru menjelaskan, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya. Strategi keteladanan, guru terlebih dahulu mencontohkan kepada peserta didik tentang akhlak yang baik.
2. Hambatan dan tantangan guru bidang studi akidah akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annurain Lonrae Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, faktor penghambat dalam membentuk akhlak mulia yaitu kurangnya kesadaran dari diri peserta didik dalam memahami setiap materi yang dijelaskan oleh guru. Adapun tantangan guru dalam menghadapi peserta didik yaitu guru harus selalu memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai hubungan manusia dengan Allah swt, seperti menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya dan hubungan manusia dengan manusia yaitu saling membantu, dan saling menghormati sesama.
B. Implikasi
Setelah menguraikan simpulan, maka di bawah ini akan diuraikan implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepada guru umumnya dan guru PAI yaitu guru bidang studi Akidah Akhlak pada khususnya untuk selalu membentuk akhlak mulia pada peserta didik dengan memberikan strategi-strategi yang sesuai dengan materi pembelajaran maupun situasi dan kondisi peserta didik.
2. Diharapkan kepada peserta didik untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Peserta didik diharapkan agar bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena guru bidang studi Akidah Akhlak merupakan pelajaran tentang keyakinan kepada Allah swt dalam agama Islam.
3. Diharapkan kepada pemimpin lembaga pendidikan untuk senantiasa mengarahkan dan membimbing agar dapat mencapai tujuan yang dinginkan.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
ST2018005858/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

58/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top