Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Ditinjau Perspektif Islam pada KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone
Zahra/01.15.5068 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap tingkat
kepuasan nasabah ditinjau dari perspektif islam di KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
Metode pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada
responden, yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
program SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi sederhana diketahui bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar
0,537 yang berarti besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone adalah sebesar 53,7%, sedangkan sisanya
sebesar 46,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap tingkat kepuasan nasabah di KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
Berdasarkan uraian rumusan masalah, hipotesis serta hasil penelitian dan
pembahasan, maka simpulan dari penelitian ini diuraikan berikut ini.
Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan, berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah. Berdasarkan
persamaan regresi sederhana Y = 10,202 + 0,839X, konstanta sebesar 10,202
menunjukkan jika tidak ada kenaikan nilai dari kualitas pelayanan maka nilai
tingkat kepuasan nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone adalah
10,202. Koefisien regresi sebesar 0,839 menunjukkan setiap penambahan satu
satuan atau penambahan nilai kualitas pelayanan, maka akan memberikan
peningkatan terhadap tingkat kepuasan nasabah di KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone sebesar 10,202.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan yang telah diambil
di atas, maka penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan khususnya bagi.
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone .Implikasi yang diharapkan dari
penelitian ini adalah peneliti lain atau peneliti berikutnya diharapkan untuk
mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih lanjut di masa yang akan
datang. Pengembangan penelitian dapat diarahkan pada penggunaan variabel-
variabel lain yang mungkin mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah, sehingga
dapat menghasilkan model regresi penelitian yang dapat memprediksi secara lebih
akurat. Penelitian selanjutnya dapat menambah objek penelitian lembaga daerah
tingkat provinsi untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih meluas.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat bagi
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone dalam melakukan peningkatan kualitas
pelayanan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah.
kepuasan nasabah ditinjau dari perspektif islam di KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
Metode pengumpulan data melalui kuesioner yaitu penyebaran angket kepada
responden, yang selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
program SPSS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi sederhana diketahui bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar
0,537 yang berarti besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone adalah sebesar 53,7%, sedangkan sisanya
sebesar 46,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap tingkat kepuasan nasabah di KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone.
Berdasarkan uraian rumusan masalah, hipotesis serta hasil penelitian dan
pembahasan, maka simpulan dari penelitian ini diuraikan berikut ini.
Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan, berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah. Berdasarkan
persamaan regresi sederhana Y = 10,202 + 0,839X, konstanta sebesar 10,202
menunjukkan jika tidak ada kenaikan nilai dari kualitas pelayanan maka nilai
tingkat kepuasan nasabah KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone adalah
10,202. Koefisien regresi sebesar 0,839 menunjukkan setiap penambahan satu
satuan atau penambahan nilai kualitas pelayanan, maka akan memberikan
peningkatan terhadap tingkat kepuasan nasabah di KSPPS Bakti Huria Syariah
Cabang Bone sebesar 10,202.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan yang telah diambil
di atas, maka penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan khususnya bagi.
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone .Implikasi yang diharapkan dari
penelitian ini adalah peneliti lain atau peneliti berikutnya diharapkan untuk
mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih lanjut di masa yang akan
datang. Pengembangan penelitian dapat diarahkan pada penggunaan variabel-
variabel lain yang mungkin mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah, sehingga
dapat menghasilkan model regresi penelitian yang dapat memprediksi secara lebih
akurat. Penelitian selanjutnya dapat menambah objek penelitian lembaga daerah
tingkat provinsi untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih meluas.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat bagi
KSPPS Bakti Huria Syariah Cabang Bone dalam melakukan peningkatan kualitas
pelayanan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah.
Ketersediaan
| SFEBI20200175 | 175/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
175/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
