Implementasi Nilai-nilai Ekonomi Islam dalam Transaksi Online (Studi Pada Raisa Collection Jln. Jend. Sudirman)
Hardianti/01.16.3162 - Personal Name
kripsi ini mengkaji tentang Implementasi nilai-nilai Islam dalam transaksi
online (studi pada Raisa Collection Jln. Jend. Sudirman). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kesiapan Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai Islam,
untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islam di Raisa Collection dalam transaksi
online, untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islam di Raisa Collection dalam
transaksi online digunakan secara berkesinambungan, dan untuk mengetahui
kendala-kendala yang dialami Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai
ekonomi Islam dalam transaksi online.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan field research (penelitan lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik descriptive analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Raisa Collection sudah memiliki
kesiapan sejak awal usahanya seperti: menyediakan modal, memiliki target
pemasaran, serta merencanakan produk yang akan di pasarkan secara online. (2)
Raisa Collection sudah berusaha menerapkan nilai-nilai Islam sejak awal usahanya
meskipun pernah menggunakan suntikan dana bank. (3) Raisa Collection dalam
melakukan usahanya selalu mengedepankan kepuasan konsumen dan tetap melayani
komplain dari konsumen. (4) Kendala-kendala yang dialami Raisa Collection dalam
usahanya yaitu kendalan koneksi internet, pengiriman yang lama dari produsen,
penipuan, komplain dari pelanggan, kewalahan menghadapi konsumen lewat sosial
media, serta persaingan bisnis yang tinggi.
Implikasi penulis kepada pemilik Raisa Collection yaitu; (1)
Mempertahankan prinsip-prinsip atau nilai-nilai ekonomi Islam yang telah
dijalankan. (2) Menambah produk jualan
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa:.
1. Kesiapan Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam
dapat dilihat dari Perencanaan (planning) yang dilakukan sebelum
membangun usaha Raisa Collection seperti niat membangun usaha secara
online, menyedikan modal untuk usaha dengan cara meminjam di bank,
memiliki target pemasaran yaitu kaum Milenial atau mahasiswa,pegawai
kantoran sampai ibu rumah tangga. Menyediakan produk sebagai sample
penjualan yang akan di promosika kepada konsumen seperti: baju anak
muslimah, gamis, talkum, baju batik serta daster. Memiliki tempat menjual.
2. Penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam transaksi online di Raisa
Collection sudah dilakukan sejak awal usahanya seperti Bersandar pada
ketentuan Tuhan (tauhid), Jujur dalam takaran/berbisnis (quantiy), Menjual
barang yang baik mutunya, Longgar dan bermurah hati dengan komsumen,
Membangun hubungan baik (interrelationships) antar kolega dan Tertib
dalam administrasi seta menjahui aspek-aspek yang dilarang dalam bisnis
Islam seperti: riba, gharar, maysir, zalim dan ihtikar.
3. Penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam transaksi online digunakan secara
berkesinambungan di Raisa Collection bisa dilihat dari awal usaha sampai
sekarang selalu mengedapankan kepuasan konsumen dalam bertransaksi jika
ada cacat pada barang yang sudah diambil oleh konsumen maka konsumen
bila melakukan komplain secara baik-baik dan barang yang cacat itu akan
diganti dengan barang yang atau diganti dengan uang sesuai dengan
kesepakatan.
4. Kendala-kendala yang dialami Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai
ekonomi Islam dalam transaksi online yaitu kendalan koneksi internet,
pengiriman yang lama dari produsen, penipuan, komplain dari pelanggan,
kewalahan menghadapi konsumen lewat sosial media, serta persaingan bisnis
yang tinggi.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
pemilik usaha Raisa Collection agar mempertahankan prinsip atau nilai-nilai
yang sudah dijalankan seperti mengutamakan mencari berkah dalam berbisnis,
jujur dalam berbisnis, menjual produk dengan mutu yang baik, serta mencatat
semua pengeluaran pemasukan yang berhubungan dengan usahanya, dari awal
usaha sampai saat ini dalam berbisnis dan menambah produk atau barang
jualannya seperti jilbab dan assesoris hijab karena toko Raisa Collection sudah
dikenal banyak orang dan diakui kualias barang dengan harga yang muaskan.
online (studi pada Raisa Collection Jln. Jend. Sudirman). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kesiapan Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai Islam,
untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islam di Raisa Collection dalam transaksi
online, untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Islam di Raisa Collection dalam
transaksi online digunakan secara berkesinambungan, dan untuk mengetahui
kendala-kendala yang dialami Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai
ekonomi Islam dalam transaksi online.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif
dengan menggunakan field research (penelitan lapangan) yang menggunakan teknik
pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik descriptive analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Raisa Collection sudah memiliki
kesiapan sejak awal usahanya seperti: menyediakan modal, memiliki target
pemasaran, serta merencanakan produk yang akan di pasarkan secara online. (2)
Raisa Collection sudah berusaha menerapkan nilai-nilai Islam sejak awal usahanya
meskipun pernah menggunakan suntikan dana bank. (3) Raisa Collection dalam
melakukan usahanya selalu mengedepankan kepuasan konsumen dan tetap melayani
komplain dari konsumen. (4) Kendala-kendala yang dialami Raisa Collection dalam
usahanya yaitu kendalan koneksi internet, pengiriman yang lama dari produsen,
penipuan, komplain dari pelanggan, kewalahan menghadapi konsumen lewat sosial
media, serta persaingan bisnis yang tinggi.
Implikasi penulis kepada pemilik Raisa Collection yaitu; (1)
Mempertahankan prinsip-prinsip atau nilai-nilai ekonomi Islam yang telah
dijalankan. (2) Menambah produk jualan
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa:.
1. Kesiapan Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai ekonomi Islam
dapat dilihat dari Perencanaan (planning) yang dilakukan sebelum
membangun usaha Raisa Collection seperti niat membangun usaha secara
online, menyedikan modal untuk usaha dengan cara meminjam di bank,
memiliki target pemasaran yaitu kaum Milenial atau mahasiswa,pegawai
kantoran sampai ibu rumah tangga. Menyediakan produk sebagai sample
penjualan yang akan di promosika kepada konsumen seperti: baju anak
muslimah, gamis, talkum, baju batik serta daster. Memiliki tempat menjual.
2. Penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam transaksi online di Raisa
Collection sudah dilakukan sejak awal usahanya seperti Bersandar pada
ketentuan Tuhan (tauhid), Jujur dalam takaran/berbisnis (quantiy), Menjual
barang yang baik mutunya, Longgar dan bermurah hati dengan komsumen,
Membangun hubungan baik (interrelationships) antar kolega dan Tertib
dalam administrasi seta menjahui aspek-aspek yang dilarang dalam bisnis
Islam seperti: riba, gharar, maysir, zalim dan ihtikar.
3. Penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam transaksi online digunakan secara
berkesinambungan di Raisa Collection bisa dilihat dari awal usaha sampai
sekarang selalu mengedapankan kepuasan konsumen dalam bertransaksi jika
ada cacat pada barang yang sudah diambil oleh konsumen maka konsumen
bila melakukan komplain secara baik-baik dan barang yang cacat itu akan
diganti dengan barang yang atau diganti dengan uang sesuai dengan
kesepakatan.
4. Kendala-kendala yang dialami Raisa Collection dalam menerapkan nilai-nilai
ekonomi Islam dalam transaksi online yaitu kendalan koneksi internet,
pengiriman yang lama dari produsen, penipuan, komplain dari pelanggan,
kewalahan menghadapi konsumen lewat sosial media, serta persaingan bisnis
yang tinggi.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
pemilik usaha Raisa Collection agar mempertahankan prinsip atau nilai-nilai
yang sudah dijalankan seperti mengutamakan mencari berkah dalam berbisnis,
jujur dalam berbisnis, menjual produk dengan mutu yang baik, serta mencatat
semua pengeluaran pemasukan yang berhubungan dengan usahanya, dari awal
usaha sampai saat ini dalam berbisnis dan menambah produk atau barang
jualannya seperti jilbab dan assesoris hijab karena toko Raisa Collection sudah
dikenal banyak orang dan diakui kualias barang dengan harga yang muaskan.
Ketersediaan
| SFEBI20200008 | 08/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
08/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
