Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Agen BRILink Juwita Cell Kecamatan Lappariaja)
Rahmawati/01.16.3142 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan dan
kepercayaan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan atau
kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell
kecamatan Lappariaja atau bahkan kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh
secara simultan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kuantitatif, karena teknik pengumpulan datanya diperoleh dari kuesioner (angket) dan
sumber data primer. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 40 nasabah agen
BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh
variabel terhadap variabel lainnya dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegujian hipotesis pada uji parsial T
menyatakan kualitas pelayanan dan kepercayaan masing-masing memiliki nilai Sig
yang lebih kecil dari nilai probabilitas yang berarti kualitas pelayanan dan
kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun dengan uji
hipotesis simultan atau uji F menunjukkan hasil bahwa nilai signifikan lebih kecil
dari nilai probabilitas artinya bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan
antara variabel independen kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap variabel
dependen yaitu kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis dengan menggunakan analisis
regresi berganda, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah
di agen BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja.
Dengan nilai signifikan 0,000 < nilai standar signifikan 0,05. Semakin tinggi
tingkat kualitas pelayanan seseorang maka semakin tinggi pula kepuasan yang
dirasakan nasabah.
2. Variabel kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di agen
BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja.
Dengan nilai signifikan 0,016< nilai standar signifikan 0,05. Semakin tinggi
tingkat kepercayaan seseorang maka semakin tinggi pula kepuasan yang
didapatkan nasabah.
3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan
kepercayaan memiliki pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja dengan
nilai signifikan 0,000 < 0,05. Adapun besar pengaruh kualitas pelayanan dan
kepercayan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell
kecamatan Lappariaja adalah 0,648 atau sebesar 64,8%.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penulis dalam penelitian ini,
saran yang penulis berikan yaitu:
Bagi agen BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja tetap menjaga
hubungan yang baik dengan para nasabahnya sehingga nasabah agen BRILink
tetap setia dan terus dapat meningkat.
Bagi peneliti selanjutnya yang hendak meneliti ataupun mengembangkan
penelitian yang serupa, agar lebih mengetahui dan mendalami atau memperjelas
mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah,
sehingga dapat mengungkap penemuan baru yang menunjang penelitian
terdahulu.
kepercayaan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan atau
kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell
kecamatan Lappariaja atau bahkan kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh
secara simultan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
kuantitatif, karena teknik pengumpulan datanya diperoleh dari kuesioner (angket) dan
sumber data primer. Data primer diperoleh dari responden sebanyak 40 nasabah agen
BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh
variabel terhadap variabel lainnya dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegujian hipotesis pada uji parsial T
menyatakan kualitas pelayanan dan kepercayaan masing-masing memiliki nilai Sig
yang lebih kecil dari nilai probabilitas yang berarti kualitas pelayanan dan
kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Namun dengan uji
hipotesis simultan atau uji F menunjukkan hasil bahwa nilai signifikan lebih kecil
dari nilai probabilitas artinya bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan
antara variabel independen kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap variabel
dependen yaitu kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan
Lappariaja.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis dengan menggunakan analisis
regresi berganda, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah
di agen BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja.
Dengan nilai signifikan 0,000 < nilai standar signifikan 0,05. Semakin tinggi
tingkat kualitas pelayanan seseorang maka semakin tinggi pula kepuasan yang
dirasakan nasabah.
2. Variabel kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di agen
BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja.
Dengan nilai signifikan 0,016< nilai standar signifikan 0,05. Semakin tinggi
tingkat kepercayaan seseorang maka semakin tinggi pula kepuasan yang
didapatkan nasabah.
3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan
kepercayaan memiliki pengaruh secara simultan dan signifikan terhadap
kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja dengan
nilai signifikan 0,000 < 0,05. Adapun besar pengaruh kualitas pelayanan dan
kepercayan terhadap kepuasan nasabah di agen BRILink juwita cell
kecamatan Lappariaja adalah 0,648 atau sebesar 64,8%.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penulis dalam penelitian ini,
saran yang penulis berikan yaitu:
Bagi agen BRILink juwita cell kecamatan Lappariaja tetap menjaga
hubungan yang baik dengan para nasabahnya sehingga nasabah agen BRILink
tetap setia dan terus dapat meningkat.
Bagi peneliti selanjutnya yang hendak meneliti ataupun mengembangkan
penelitian yang serupa, agar lebih mengetahui dan mendalami atau memperjelas
mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah,
sehingga dapat mengungkap penemuan baru yang menunjang penelitian
terdahulu.
Ketersediaan
| SFEBI20200214 | 214/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
214/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
