Peranan Perbankan Dalam Pengembangan Usaha Pada CV. Kurnia Alam Abadi

No image available for this title
Skripsi ini berangkat dari pengembangan usaha CV. Kurnia Alam Abadi yang
ada hubungannya dengan peran perbankan. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif
kualititatif dengan penelitian lapangan (field research). Data bersumber langsug dari
pemilik perusahaan dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara yang
kemudian dianalisa dengan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk; 1)
Mengetahui peran perbankan dalam pengembangan usaha CV. Kurnia Alam Abadi,
dan 2) Mengetahui strategi pengembangan usaha CV. Kurnia Alam Abadi.
Hasil dari penelitian ini, yaitu:1)CV. Kurnia Alam Abadi memiliki dua produk
yaitu AMDK dan tabung LPG. Perusahaan didirikan pada tahun 2006 dan baru mulai
beroperasi pada tahun 2007. Berlokasi di Jl. Langanca Km 17 Tacipi, Desa Ulaweng
Cinnong, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone. Pemilik perusahaan yaitu H.
Ramlidan Hj. Asma yang merupakan suami istri. 2) Peran Perbankan dalam
Pengembangan Usaha CV. Kurnia Alam Abadi. Adapun peran perbankan terhadap
usaha CV. Kurnia Alam Abadi sehingga dapat berkembang, yaitu: a) Pemberian
Kredit Modal Kerja (KMK), b) Perkembangan perusahaan yang pesat, karena dapat
memproduksi lebih banyak dan didistribusikan lebih luas, c) Tempat transaksi
sekaligus penyimpanan dana. 3) Strategi Pengembangan Usaha pada CV. Kurnia
Alam Abadi yaitu berangkat dari kebutuhan masyarakat, sehingga terpilih produk
AMDK, dan menambah produk lagi yaitu tabung LPG melihat maraknya penggunaan
LPG tersebut di awal berdirinya perusahaan. Dari kedua produk tersbut yang
merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat, sehingga perusahaan
dapat berkembang dan besar sangat cepat. Strategi yang diterapkan dalam
pengembangan lebih lanjut yaitu melihat beberapa aspek terlebih dahulu; a) Internal;
kualitas produk terjamin, pelayanan yang baik, bahan baku yang memadai, SDM
berkualitas, inovasi produk, belum mampu menambah alat produksi, kurang promosi,
dan kurang transportasi untuk distribusi, danb) Eksternal; meningkatnya jumlah
penduduk yang dibarengi meningkatnya permintaan, serta terbukanya banyak
warung-warung makan dan gardu-gardu. Dengan aspek tersebut, perusahaan
melakukan langkah-langkah dalam pengembangan perusahaan, seperti dalam hal; a)
Pemasaran, b) Keuangan, c) SDM, d) Sistem informasi manajeman, e) Lingkungan
perusahaan, f) Pesaing perusahan, g) Teknologi, dan h) Kependudukan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan pada BAB III di atas, maka penulis dapat
menyimpulkan bahwa:
1. Profil perusahaan CV. Kurnia Alam Abadi
CV. Kurnia Alam Abadi merupakan perusahaan AMDK dan tabung LPG.
Berlokasi Jl. Langanca Km 17 Tacipi, Desa Ulaweng Cinnong, Kecamatan
Ulaweng, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Pemilik perusahaan yaitu
H. Ramli dan Hj. Asma yang merupakan suami istri. Hj. Asma sendiri merupakan
direktur perusahaan atas dorongan dari suami. Perusahaan tersebut didirikan pada
tahun 2006 dan barumulai beroperasi pada tahun 2007, dengan pesetujuan dari
BPOM RI MD 265220002073 dan telah sesuai dengan Standar Nasional
Indonesia Nomor SNI 01-3553-2006.
2. Peran Perbankan dalam Pengembangan Usaha CV. Kurnia Alam Abadi
Adapun peran perbankan terhadap usaha CV. Kurnia Alam Abadi
sehingga dapat berkembang, yaitu: 1) Pemberian Kredit Modal Kerja (KMK),
dengan itu perusahaan dapat menambah produksinya. 2) Perkembangan
perusahaan yang pesat, kerja sama tersebut membuat perusahaan berkembang
dengan cepat dan masih eksis sampais ekarang. 3) Tempat transaksi sekaligus
penyimpanan dana, bank telah memberikan keringanan dalam bentuk transaksi
bagi perusahaan dengan konsumen dan selain itu pendapatan dari perusahaan di
simpan di bank.
3. Strategi Pengembangan Usaha pada CV. KurniaAlamAbadi
Dalam mendirikan perusahaannya, pemilik berangkat dari kebutuhan
masyarakat, sehingga terpilih produk AMDK, dan menambah produk lagi yaitu
tabung LPG melihat maraknya penggunaan LPG tersebut di awal berdirinya
perusahaan dengan adanya program pemerintah mengkonversi minyak tanah ke
LPG. Dari kedua produk tersbut yang merupakan kebutuhan yang sangat penting
bagi masyarakat, sehingga perusahaan dapat berkembang dan besar sangat cepat.
Strategi yang diterapkan dalam pengembangan lebih lanjut yaitu melihat
beberapa aspek terlebih dahulu, baik dari aspek internal maupun eksternal
perusahaan. 1) Internal; kualitas produk terjamin, pelayanan yang baik, bahan
baku yang memadai, SDM berkualitas, inovasi produk, belum mampu menambah
alat produksi, kurang promosi, dan kurang transportasi untuk distribusi. 2)
Eksternal; meningkatnya jumlah penduduk yang dibarengi meningkatnya
permintaan, serta terbukanya banyak warung-warung makan dan gardu-gardu.
Dengan aspek tersebut, perusahaan melakukan langkah-langkah dalam
pengembangan perusahaan, seperti dalam hal;1) Pemasaran, 2) Keuangan, 3)
SDM, 4) Sistem informasi manajeman, 5) Lingkungan perusahaan, 6) Pesaing
perusahan, 7) Teknologi, dan 8) Kependudukan.
Dengan hal tersebut, maka langkah yang ditempuh yaitu: 1) Memperluas
pasar dengan cara menjual produk ke outlet-outlet dan warung-warung kecil. 2)
Melakukan promosi secara berkala. Sejauh ini CV. Kurnia Alam Abadi belum
begitu sering melakukan promosi produknya. 3) Menambah armada transportasi.
4) Mempertahankan harga, pelayanan dan kualitas produk. 5) Melakukan
kerjasama yang bersifat mengikat dengan pihak pemasok.
B. Implikasi
Adapun implikasi dari penulisan skripsi ini yaitu:
1. Adanya pengaruh atau peran perbankan dalam meningkatkan dan
mengembangkan perusahaan CV. Kurnia Alam Abadi. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan distribusi pruduk perusahaan yang merambah seluruh
kecamatan di Kabupaten Bone. Dengan itu, tentunya produksi semakin banyak
dan pendapatan semakin meningkat juga.
2. Penulis berharap kepada perusahaan untuk tetap menerapkan strateginya
dalam pengambilan uang di bank, yaitu tidak langsung menetapkan target
yang banyak, karena hal tersebut merupkan langkah yang tepat dan terbukti
dimasa pandemi Covid-19 yang meremuk semua perekonomian termasuk
perusahaan CV. Kurnia Alam Abadi. Serta penulis berharap agar perusahaan
menambah skill dan pengalaman lagi untuk karyawan-karyawannya demi
eksisnya perusahaan.
Ketersediaan
SFEBI20200208208/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

208/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top