Konstruksi Budaya Lokal Atas Pemasaran Mobil di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone
Muhammad Fahrizal/01.15.3034 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Konstruksi Budaya Lokal Atas Pemasaran
Mobil di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone”. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui karakteristik pemasaran PT. Bosowa Berlian
Motor Cabang Bone, faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat membeli mobil
dan strategi pemasaran mobil Mitsubishi berbasis budaya lokal.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut. Maka jenis penelitian ini
adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, karakteristik pemasaran PT.
Bosowa Berlian Motor Cabang Bone mempunyai tujuan untuk memberikan kepuasan
pada keinginan dan kebutuhan pelanggan atau konsumen. Jadi semua kegiatan dalam
pemasaran yang dilakukan selalu memprioritaskan kebutuhan yang diperlukan
konsumen. Kedua, masyarakat yang melakukan pembelian mobil Mitsubishi di PT.
Bosowa Berlian Motor Cabang Bone dipengaruhi oleh faktor pribadi dan psikologis
dari pembeli yang timbul akibat pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang
selalu mengutamakan kepentingan konsumen. Ketiga, strategi pemasaran mobil
Mitsubishi berbasis budaya lokal dapat dikatakan efektif untuk diterapkan di PT.
Bosowa Berlian Motor Cabang Bone karena masyarakat bugis Bone yang masih
hidup dalam kehidupan berbudaya yang sangat kental.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil
simpulan sebagai berikut:
1. PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone memiliki karakteristik pemasaran
yang mempunyai tujuan untuk memberikan kepuasan pada keinginan dan
kebutuhan pelanggan atau konsumen. Jadi semua kegiatan dalam pemasaran
yang dilakukan selalu memprioritaskan kebutuhan yang diperlukan
konsumen. 2. Masyarakat yang melakukan pembelian mobil Mitsubishi di PT. Bosowa
Berlian Motor Cabang Bone dipengaruhi oleh faktor pribadi dan psikologis
dari pembeli yang timbul akibat pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan
yang selalu mengutamakan kepentingan konsumen. 3. Strategi pemasaran mobil Mitsubishi berbasis budaya lokal dapat dikatakan
efektif untuk diterapkan di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone karena
masyarakat bugis Bone yang masih hidup dalam kehidupan berbudaya yang
sangat kental. B. Implikasi
Berdasarkan hasil analisis data dan simpulan di atas, penulis memberikan
beberapa saran dengan harapan dapat bermanfaat bagi pihak yang terkait.
1. Pemasaran di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone yang berorientasi
kepada konsumen lebih ditingkatkan lagi dengan cara menawarkan produk
yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi dari masyarakat.66
2. PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone perlu untuk memperhatikan faktorfaktor lain yang dapat mempengaruhi pembelian mobil Mitsubishi oleh
konsumen selain faktor pribadi dan psikologis, seperti faktor sosial.
3. Diperlukan adanya strategi pemasaran berbasis budaya lokal agar pemasaran
menjadi lebih efektif dan pada saat menawarkan produk kepada masyarakat
akan mudah untuk diterima
Mobil di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone”. Hal yang penting dikaji dalam
skripsi ini yakni untuk mengetahui karakteristik pemasaran PT. Bosowa Berlian
Motor Cabang Bone, faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat membeli mobil
dan strategi pemasaran mobil Mitsubishi berbasis budaya lokal.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut. Maka jenis penelitian ini
adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data
dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, karakteristik pemasaran PT.
Bosowa Berlian Motor Cabang Bone mempunyai tujuan untuk memberikan kepuasan
pada keinginan dan kebutuhan pelanggan atau konsumen. Jadi semua kegiatan dalam
pemasaran yang dilakukan selalu memprioritaskan kebutuhan yang diperlukan
konsumen. Kedua, masyarakat yang melakukan pembelian mobil Mitsubishi di PT.
Bosowa Berlian Motor Cabang Bone dipengaruhi oleh faktor pribadi dan psikologis
dari pembeli yang timbul akibat pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang
selalu mengutamakan kepentingan konsumen. Ketiga, strategi pemasaran mobil
Mitsubishi berbasis budaya lokal dapat dikatakan efektif untuk diterapkan di PT.
Bosowa Berlian Motor Cabang Bone karena masyarakat bugis Bone yang masih
hidup dalam kehidupan berbudaya yang sangat kental.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil
simpulan sebagai berikut:
1. PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone memiliki karakteristik pemasaran
yang mempunyai tujuan untuk memberikan kepuasan pada keinginan dan
kebutuhan pelanggan atau konsumen. Jadi semua kegiatan dalam pemasaran
yang dilakukan selalu memprioritaskan kebutuhan yang diperlukan
konsumen. 2. Masyarakat yang melakukan pembelian mobil Mitsubishi di PT. Bosowa
Berlian Motor Cabang Bone dipengaruhi oleh faktor pribadi dan psikologis
dari pembeli yang timbul akibat pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan
yang selalu mengutamakan kepentingan konsumen. 3. Strategi pemasaran mobil Mitsubishi berbasis budaya lokal dapat dikatakan
efektif untuk diterapkan di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone karena
masyarakat bugis Bone yang masih hidup dalam kehidupan berbudaya yang
sangat kental. B. Implikasi
Berdasarkan hasil analisis data dan simpulan di atas, penulis memberikan
beberapa saran dengan harapan dapat bermanfaat bagi pihak yang terkait.
1. Pemasaran di PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone yang berorientasi
kepada konsumen lebih ditingkatkan lagi dengan cara menawarkan produk
yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi dari masyarakat.66
2. PT. Bosowa Berlian Motor Cabang Bone perlu untuk memperhatikan faktorfaktor lain yang dapat mempengaruhi pembelian mobil Mitsubishi oleh
konsumen selain faktor pribadi dan psikologis, seperti faktor sosial.
3. Diperlukan adanya strategi pemasaran berbasis budaya lokal agar pemasaran
menjadi lebih efektif dan pada saat menawarkan produk kepada masyarakat
akan mudah untuk diterima
Ketersediaan
| SFEBI20200113 | 113/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
113/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
