Pelaksanaan Strategi Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Syariah (Studi pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone)
A.Adriansa/l01.15.5072 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi marketing kendaraan
pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone dalam perspektif syariah.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PT Bosowa Berlian
Motor Cabang Bone tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 11 Watampone. Sumber data
yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang diperoleh secara
langsung dari pihak manajemen PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone, sementara
data sekunder diperoleh dari arsip dokumentasi pihak pihak manajemen PT Bosowa
Berlian Motor Cabang Bone dan dari literature lain yang berkaitan. Metode
pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya
data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyanjian data dan kemudian
dilakukan verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pelaksanaan strategi marketing kendaraan,
PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone pada dasarnya sudah mengarah pada
prinsip-prinsip berdasarkan syariah, hanya saja dalam menetapkan harga masih
dikategorikan kedalam unsur talaqqi rukban, yakni menjual produk dengan harga
yang lebih murah dari harga pasar di mana dalam pandangan Islam sangat dilarang
karena akan merusak pasaran produk perusahaan lain. Namun secara keseluruhan,
strategi marketing kendaraan yang dilakukan oleh PT Bosowa Berlian Motor Cabang
Bone telah menunjukkan sebagaimana sifat Rasulullah dalam menjalankan bisnisnya.
Sifat Shiddiq ditunjukkan perusahaan dengan berperilaku yang benar dan simpatik
kepada konsumen, sifat Amanah ditunjukkan perusahaan dengan membangun
kepercayaan kepada konsumen, sifat Fathanah ditunjukkan perusahaan dengan
bersikap murah hati dan bertanggung jawab atas pelayanannya kepada konsumen, dan
sifat Tabligh ditunjukkan perusahaan dengan sikap yang benar dan komunikatif
dalam menyampaikan produk-produknya kepada konsumen.
. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan,
maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Model pelaksanaan strategi marketing produk yang dilakukan oleh PT Bosowa
Berlian Motor Cabang Bone sebagai berikut:
a. Dari segi produk, strategi yang dilakukan bervariasi seperti penyediaan
berbagai jenis produk dengan selalu membuat inovasi untuk menarik minat
beli konsumen. Strategi yang dilakukan untuk memenuhi setiap permintaan
konsumen adalah dengan selalu menyediakan produk, sehingga dapat
menjamin kelangsungan kegiatan pemasaran. Kegiatan pemisahan stock
produk yang baru dengan yang lama dalam strategi pemasaran bertujuan
untuk menghindari penumpukan produk lama yang tersimpan di gudang.
Kemudian strategi pemasaran yang dilakukan dalam rangka menjaga
kepuasan dan kepercayaan konsumen adalah memberikan pelayanan pasca
penjualan produk.
b. Dari segi harga, strategi yang dilakukan adalah menawarkan produk dengan
menetapkan harga yang adil bagi semua konsumen. Strategi pemasaran yang
dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan adalah memberikan diskon
harga dan hadiah sehingga dapat menarik minat beli konsumen. Sebagai
upaya untuk menghindari perang harga ketika harga pasaran turun,
perusahaan tetap melakukan penjualan dengan menetapkan harga normal.
Kemudian untuk menarik pelanggan lebih banyak dan mendapatkan
keuntungan yang lebih besar, perusahaan menawarkan produk dibawah
harga pasar, serta memberikan kesempatan kepada konsumen untuk
melakukan tawar-menawar harga.
c. Dari segi promosi, strategi yang dilakukan adalah melakukan komunikasi
melalui telepon, even-event, media cetak, dan media sosial. Hal ini sangat
merangsang konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Promosi
yang dilakukan perusahaan pada umumnya memberikan fasilitas berupa
pemberian diskon, bonus, dan juga menyediakan harga paket tertentu, dan
hal ini sangat mempengaruhi keputusan pembelian produk oleh konsumen.
d. Dari segi saluran distribusi, terdapat lokasi usaha yang sangat strategi
sehingga mudah dijangkauoleh konsumen. Selain itu, strategi
pendistribusian produk dilakukan dengan memberikan pelayanan prima,
menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan bertanggung jawab atas
kelalaian yang dilakukan perusahaan.
2. Pelaksanaan strategi marketing oleh PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone
ditinjau dari perspektif syariah sebagai berikut:
a. Produk yang dipasarkan perusahaan terdiri dari berbagai jenis produk yang
menarik sebagai bentuk strategi positioning, sehingga mendapat kepercayaan
dari konsumen. Hal ini sudah sesuai dengan prinsip amanah, sebagaimana
dalam pandangan Islam bahwa membangun amanah (kepercayaan) berarti
mampu menjaga amanah yang telah dibentuk.
pada PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone dalam perspektif syariah.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PT Bosowa Berlian
Motor Cabang Bone tepatnya di Jl. Ahmad Yani No. 11 Watampone. Sumber data
yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang diperoleh secara
langsung dari pihak manajemen PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone, sementara
data sekunder diperoleh dari arsip dokumentasi pihak pihak manajemen PT Bosowa
Berlian Motor Cabang Bone dan dari literature lain yang berkaitan. Metode
pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya
data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyanjian data dan kemudian
dilakukan verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam pelaksanaan strategi marketing kendaraan,
PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone pada dasarnya sudah mengarah pada
prinsip-prinsip berdasarkan syariah, hanya saja dalam menetapkan harga masih
dikategorikan kedalam unsur talaqqi rukban, yakni menjual produk dengan harga
yang lebih murah dari harga pasar di mana dalam pandangan Islam sangat dilarang
karena akan merusak pasaran produk perusahaan lain. Namun secara keseluruhan,
strategi marketing kendaraan yang dilakukan oleh PT Bosowa Berlian Motor Cabang
Bone telah menunjukkan sebagaimana sifat Rasulullah dalam menjalankan bisnisnya.
Sifat Shiddiq ditunjukkan perusahaan dengan berperilaku yang benar dan simpatik
kepada konsumen, sifat Amanah ditunjukkan perusahaan dengan membangun
kepercayaan kepada konsumen, sifat Fathanah ditunjukkan perusahaan dengan
bersikap murah hati dan bertanggung jawab atas pelayanannya kepada konsumen, dan
sifat Tabligh ditunjukkan perusahaan dengan sikap yang benar dan komunikatif
dalam menyampaikan produk-produknya kepada konsumen.
. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan,
maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1. Model pelaksanaan strategi marketing produk yang dilakukan oleh PT Bosowa
Berlian Motor Cabang Bone sebagai berikut:
a. Dari segi produk, strategi yang dilakukan bervariasi seperti penyediaan
berbagai jenis produk dengan selalu membuat inovasi untuk menarik minat
beli konsumen. Strategi yang dilakukan untuk memenuhi setiap permintaan
konsumen adalah dengan selalu menyediakan produk, sehingga dapat
menjamin kelangsungan kegiatan pemasaran. Kegiatan pemisahan stock
produk yang baru dengan yang lama dalam strategi pemasaran bertujuan
untuk menghindari penumpukan produk lama yang tersimpan di gudang.
Kemudian strategi pemasaran yang dilakukan dalam rangka menjaga
kepuasan dan kepercayaan konsumen adalah memberikan pelayanan pasca
penjualan produk.
b. Dari segi harga, strategi yang dilakukan adalah menawarkan produk dengan
menetapkan harga yang adil bagi semua konsumen. Strategi pemasaran yang
dilakukan dalam upaya meningkatkan penjualan adalah memberikan diskon
harga dan hadiah sehingga dapat menarik minat beli konsumen. Sebagai
upaya untuk menghindari perang harga ketika harga pasaran turun,
perusahaan tetap melakukan penjualan dengan menetapkan harga normal.
Kemudian untuk menarik pelanggan lebih banyak dan mendapatkan
keuntungan yang lebih besar, perusahaan menawarkan produk dibawah
harga pasar, serta memberikan kesempatan kepada konsumen untuk
melakukan tawar-menawar harga.
c. Dari segi promosi, strategi yang dilakukan adalah melakukan komunikasi
melalui telepon, even-event, media cetak, dan media sosial. Hal ini sangat
merangsang konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Promosi
yang dilakukan perusahaan pada umumnya memberikan fasilitas berupa
pemberian diskon, bonus, dan juga menyediakan harga paket tertentu, dan
hal ini sangat mempengaruhi keputusan pembelian produk oleh konsumen.
d. Dari segi saluran distribusi, terdapat lokasi usaha yang sangat strategi
sehingga mudah dijangkauoleh konsumen. Selain itu, strategi
pendistribusian produk dilakukan dengan memberikan pelayanan prima,
menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan bertanggung jawab atas
kelalaian yang dilakukan perusahaan.
2. Pelaksanaan strategi marketing oleh PT Bosowa Berlian Motor Cabang Bone
ditinjau dari perspektif syariah sebagai berikut:
a. Produk yang dipasarkan perusahaan terdiri dari berbagai jenis produk yang
menarik sebagai bentuk strategi positioning, sehingga mendapat kepercayaan
dari konsumen. Hal ini sudah sesuai dengan prinsip amanah, sebagaimana
dalam pandangan Islam bahwa membangun amanah (kepercayaan) berarti
mampu menjaga amanah yang telah dibentuk.
Ketersediaan
| SFEBI20200201 | 201/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
201/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
