Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Peningkatan Jumlah Nasabah ( Studi PT FIF Group Pos Bone).
Andiny Utari/01.15.5057 - Personal Name
Penelitian ini dilakukan di PT. FIF Group Pos Bone yang beralamat di
Jalan Hos Cokroaminoto, Kabupaten Bone penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana hubungan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah
nasabah dan seberapa besar hubungan kualitas pelayanan terhadap peningkatan
jumlah nasabah di PT FIF Group.
Dengan dua variabel yaitu hubungan kualitas pelayanan dengan
peningkatan jumlah nasabah pengambilan kredit ini diteliti menggunakan teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibuat sebanyak 30
orang responden pada PT FIF Group Pos Bone, hal ini dapat diketahui apakah
berhubungan atau tidak melalui pendekatan kuantitatif, dan melalui beberapa uji
yaitu uji Validitas, uji Reliabilitas, dan Uji Korelasi.
Berdasarkan analisis data yang digunakan hasil penelitian ini bersifat valid dan
reliabel, dan uji hipotesis reliability memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap peningkatan jumlah nasabah pengambilan kredit.
Hasil Uji menggunakan uji validitas dinyatakan bahwa masing-masing
instrumen pernyataan dianggap valid karena nilai r hitung yang merupakan nilai item
dari Corrected Item-Total Correlation > dari r tabel pada signifikansi 0,05 (5%).
Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha dari semua
variabel > dari r tabel pada signifikansi 0,05 (5%), sehingga instrumen kuesioner
yang digunakan untuk menjelaskan kedua variabel ini dinyatakan reliabel atau
dapat dipercaya sebagai alat ukur variabel, dan hasil uji menggunakan uji korelasi
menunjukkan besarnya hubungan antara kualitas pelayanan dengan peningkatan
jumlah nasabah yang hanya 25%, dan 75% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti
faktor promosi, dan reputasi perusahaan. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan
bahwa terdapatnya hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan
peningkatan jumlah nasabah, artinya semakin bagus kualitas pelayanan maka
semakin meningkat pula jumlah nasabah yang ada di kantor Fif Group Pos Bone.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan
terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT FIF Group pos Bone.Berdasarkan
uraian rumusan masalah, hipotesis serta hasil penelitian dan pembahasan, maka
simpulan dari penelitian ini diuraikan berikut ini.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
berhubungan positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah
terutama dalam hal pengambilan dana kredit pada PT FIF Group Pos Bone.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapatnya hubungan dengan
memaksimalkan pelayanan yang ada dikantor FIF ini dapat memberikan
peningkatan jumlah nasabah.
Dari hasil korelasi menunjukkan antara kualitas pelayanan dengan
peningkatan jumlah nasabah menghasilkan angka 0,253 ata 25%, Angka tersebut
menunjukkan besarnya korelasi antara kualitas pelayanan dengan peningkatan
jumlah nasabah karena nilai r diatas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin
bagus kualitas pelayanan akan semakin tinggi peningkatan jumlah nasabah pada
kantor FIF Group Pos Bone ini.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan di atas, maka
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi kemajuan dan
perkembangan terhadap kantor FIF Group pos Bone. Implikasi yang diharapkan
dari penelitian ini adalah peneliti berikutnya diharapkan untuk mengembangkan
dan menyempurnakan penelitian lebih lanjut di masa yang akan datang.
Pengembangan penelitian dapat diarahkan pada penggunaan variabel-variabel
lain yang mungkin mempengaruhi pengingkatan jumlah nasabah, sehingga dapat
menghasilkan model regresi penelitian yang dapat memprediksi secara lebih
akurat.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat bagi
kantor FIF Group Pos Bone dalam memaksimalkan pelayanannya sehingga
masyarakat akan setia dan akan terus mempercayakan kreditnya di perusahaan
FIF ini.
Jalan Hos Cokroaminoto, Kabupaten Bone penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana hubungan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah
nasabah dan seberapa besar hubungan kualitas pelayanan terhadap peningkatan
jumlah nasabah di PT FIF Group.
Dengan dua variabel yaitu hubungan kualitas pelayanan dengan
peningkatan jumlah nasabah pengambilan kredit ini diteliti menggunakan teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibuat sebanyak 30
orang responden pada PT FIF Group Pos Bone, hal ini dapat diketahui apakah
berhubungan atau tidak melalui pendekatan kuantitatif, dan melalui beberapa uji
yaitu uji Validitas, uji Reliabilitas, dan Uji Korelasi.
Berdasarkan analisis data yang digunakan hasil penelitian ini bersifat valid dan
reliabel, dan uji hipotesis reliability memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap peningkatan jumlah nasabah pengambilan kredit.
Hasil Uji menggunakan uji validitas dinyatakan bahwa masing-masing
instrumen pernyataan dianggap valid karena nilai r hitung yang merupakan nilai item
dari Corrected Item-Total Correlation > dari r tabel pada signifikansi 0,05 (5%).
Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha dari semua
variabel > dari r tabel pada signifikansi 0,05 (5%), sehingga instrumen kuesioner
yang digunakan untuk menjelaskan kedua variabel ini dinyatakan reliabel atau
dapat dipercaya sebagai alat ukur variabel, dan hasil uji menggunakan uji korelasi
menunjukkan besarnya hubungan antara kualitas pelayanan dengan peningkatan
jumlah nasabah yang hanya 25%, dan 75% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti
faktor promosi, dan reputasi perusahaan. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan
bahwa terdapatnya hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan
peningkatan jumlah nasabah, artinya semakin bagus kualitas pelayanan maka
semakin meningkat pula jumlah nasabah yang ada di kantor Fif Group Pos Bone.
A. Kesimpulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan
terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT FIF Group pos Bone.Berdasarkan
uraian rumusan masalah, hipotesis serta hasil penelitian dan pembahasan, maka
simpulan dari penelitian ini diuraikan berikut ini.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
berhubungan positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah
terutama dalam hal pengambilan dana kredit pada PT FIF Group Pos Bone.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapatnya hubungan dengan
memaksimalkan pelayanan yang ada dikantor FIF ini dapat memberikan
peningkatan jumlah nasabah.
Dari hasil korelasi menunjukkan antara kualitas pelayanan dengan
peningkatan jumlah nasabah menghasilkan angka 0,253 ata 25%, Angka tersebut
menunjukkan besarnya korelasi antara kualitas pelayanan dengan peningkatan
jumlah nasabah karena nilai r diatas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semakin
bagus kualitas pelayanan akan semakin tinggi peningkatan jumlah nasabah pada
kantor FIF Group Pos Bone ini.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan di atas, maka
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi kemajuan dan
perkembangan terhadap kantor FIF Group pos Bone. Implikasi yang diharapkan
dari penelitian ini adalah peneliti berikutnya diharapkan untuk mengembangkan
dan menyempurnakan penelitian lebih lanjut di masa yang akan datang.
Pengembangan penelitian dapat diarahkan pada penggunaan variabel-variabel
lain yang mungkin mempengaruhi pengingkatan jumlah nasabah, sehingga dapat
menghasilkan model regresi penelitian yang dapat memprediksi secara lebih
akurat.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat bagi
kantor FIF Group Pos Bone dalam memaksimalkan pelayanannya sehingga
masyarakat akan setia dan akan terus mempercayakan kreditnya di perusahaan
FIF ini.
Ketersediaan
| SFEBI20190196 | 196/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
196/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
