Pengaruh Eksistensi Merek Beras Kepala Cap Kepiting Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PT Pertani(Persero) Keluraan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Eksistensi Merek Beras
Kepala Cap Kepiting Terhadap Keputusan Pembelian.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif
Data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan
kuesioner/angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah Konsumen
merek beras kepala cap kepiting dalam satu bulan yaitu 200 orang. Penarikan sampel
menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 40 sampel. Teknik
analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis t, dan uji koefisien
determinasi (R2).Pengujian dilakukan dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic
20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Eksistensi
Merek (X) terhadap keputusan pembelian (Y).Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan
hasil uji t yaitu menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t
hitung 0,346 > nilai t tabel 1,684. Dari hasil uji koefisien determinasi, variabel
Eksistensi Merek menerangkan variabel keputusan pembelian sebesar 5 %. Sisanya
95% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya
Variabel Eksistensi Merek (X) memiliki pengaruh terhadap Variabel Keputusan
Pembelian (Y) meskipun sangat rendah.
A.
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan dan analisis data yang telah dilakukan untuk
menjawab rumusan masalah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1. Ada pengaruh yang signifikan eksistensi merek terhadap keputusan pembelian
pada Konsumen Merek Beras Kepala Cap Kepiting.
2. Pengaruh eksistensi merek terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan
hasil uji regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif dengan
persamaan yang didapatkan adalah Y = 31,551 + 0,052X, hal ini berarti
pengaruh eksistensi merek terhadap keputusan pembelian sebesar 5% dan
sisanya 95% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kemudian pada hasil uji t yaitu menunjukkan bahwa nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 0,346 > nilai t tabel 1,684
Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel label
halal (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Pengambilan keputusan
pembelian
merek
beras
kepala
cap
kepiting
masyarakat
kurang
memperhatikan merek terlebih lagi apabila merek tersebut memiliki harga
yang lumayan tinggi seperti harga merek beras kepala cap kepiting. Karena
Islam melarang sikap berlebih-lebihan dan bermewah-mewahan. Islam
menganjurkan prinsip tentang kesederhanaan.
B. Implikasi
Setelah melakukan penelitian, pembahasan, dan merumuskan kesimpulan
dari hasil penelitian, maka penelitiakan memberikan beberapa saran yang
berkaitan dengan penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan
bahan pertimbangan yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan,
diantaranya:
1. Bagi Perusahaan
PT. Pertani (Persero) agar lebih memperhatikan merek produknya
dikarenakan citra yang merek yang positif akan mempengaruhi peningkatan
keputusan pembelian konsumen.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian
dengan kasus yang serupa, dapat meneliti lebih lanjut pada obyek yang berbeda
dengan menambahkan variabel-variabel lain seperti harga, kualitas dan lainnya.
Ketersediaan
SFEBI20190553553/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

553/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top