Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pelaku Usaha Laundry (Studi Pada Fitri Laundry Kiloan)
Taslina/:01.15.3067 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Analisis strategi pemasaran dalam menghadapi
persaingan Antar Pelaku Usaha Laundry. Analisis Pokok
permasalahannya adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran Fitri Laundry Kiloan (2)
Apakah strategi pemasaran Fitri Laundry Kiloan mampu menghadapi persaingan. (3)
Apakah yang menjadi faktor kekuatan (strength), Kelemahan (weakness),peluang
(opportunity), ancaman (treats) Fitri Laundry Kiloan untuk menghadapi persaingan.
Masalah dianalisis menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan
keilmuan dalam bidang ilmu ekonomi Islam. Data diperoleh dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran pada Fitri laundry
kiloan yakni Segmentasi Pasar (market segmentation atau segmenting ), strategi
penentuan pasar sasaran (Targeting) ,strategi penentuan posisi pasar (positioning),
produk (produk), harga (price),promosi (promotion),distribusi (price). yang
diterapkan sudah baik meskipun masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi
baik Faktor internal maupun eksternal. Faktor internal yang dihadapi oleh Fitri
Laundry Kiloan yaitu Fitri Laundry kiloan tetap mengutamakan manajemen yang
baik dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan demikian
pelanggan akan puas dan tidak akan beralih ke jasa laundry yang lain. Sedangkan
faktor eksternal yang di hadapi Fitri Laundry Kiloan yaitu Kemajuan teknologi saat
ini tidak dapat dipungkiri, dan sebaiknya pemilik Fitri laundry kiloan memanfaatkan
kemajuan teknologi ini sebagai peluang dalam menghadapi persaingan untuk
meluaskan pangsa pasar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai “Analisis Strategi
Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pelaku Usaha Laundry Pada
Fitri laundry kiloan” pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai
berikut.
1. Strategi pemasaran pada Fitri laundry kiloan yakni Segmentasi Pasar (market
segmentation atau segmenting ), strategi penentuan pasar sasaran (Targeting)
,strategi penentuan posisi pasar
(positioning), produk (produk), harga
(price),promosi (promotion),distribusi (price).
2. Strategi Pemasaran Fitri Laundry Kiloan Mampu Menghadapi Persaingan
yaitu Memberikan pelayanan secara efisien Peran karyawan dalam melayani konsumen
Penentuan harga yang ditawarkan oleh Fitri Laundry Kiloan
Penggunaan perkembangan teknologi serta inovasi Fitri laundry.
Menyesuaikan dengan budaya berkembang Fitri laundry kiloan
Memuaskan keluhan pelangga Fitri laundry kiloan
Manjakan pelanggan untuk marketing kita
Berikan reward atas referensi pelanggan Fitri laundry kiloan
3. Faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity),
ancaman (treats) Fitri laundry kiloan yaitu Identifikasi faktor internal dan
faktor eksternal pada Fitri Laundry Kiloan sebagai berikut :
Kekuatan (Strenght) Fitri Laundry kiloan tetap mengutamakan
manajemen yang baik dan menjaga hubungan yang baik dengan
pelanggan.. Kelemahan (Weakness) yaitu Fitri Laundry kiloan tidak ada
perencanaan secara tersusun.Peluang (Opportunity hasil analisis
yang peneliti dapatkan dari
kemajuan teknologi yang diterapkan oleh Fitri laundry kiloan.
Ancaman (Treats) yaitu harga para pesaing, banyaknya jasa laundry
yang berdekatan, biaya operasional tidak stabil.
B. Impikasi
1. Fitri laundry kiloan tidak mengandalkan kan promosi dalam penggunaan
kemajuan teknologi seperti penggunaan Facebook, WhatsApp, Internet,
ataupun Media Sosial lainnya yang dikatakan dapat menambah pangsa
sekaligus menjadikan usaha promosi tidak dimanfaatkannya dengan
maksimal oleh pemilik Fitri Laundry Kiloan. Pemilik lebih mementingkan
produksi jasa yang maksimal khususnya menjaga kualitas pelayanan jasa
berupa ketepatan waktu dalam penyelesaian, maka sebaiknya fitri laundry
kiloan melakukan promosi dimedia sosial maupun secara langsung akan
membuat produk Fitri laundry kiloan lebih dikenal luas oleh masyarakat,
mengingat internet saat ini bisa dengan mudah dijangkau oleh semua
kalangan
2. Pada pelelitian ini di harapkan dapat mennemukan teori strategi pemasaran
dalam menghadapi pesaing laundry.
persaingan Antar Pelaku Usaha Laundry. Analisis Pokok
permasalahannya adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran Fitri Laundry Kiloan (2)
Apakah strategi pemasaran Fitri Laundry Kiloan mampu menghadapi persaingan. (3)
Apakah yang menjadi faktor kekuatan (strength), Kelemahan (weakness),peluang
(opportunity), ancaman (treats) Fitri Laundry Kiloan untuk menghadapi persaingan.
Masalah dianalisis menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan
keilmuan dalam bidang ilmu ekonomi Islam. Data diperoleh dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran pada Fitri laundry
kiloan yakni Segmentasi Pasar (market segmentation atau segmenting ), strategi
penentuan pasar sasaran (Targeting) ,strategi penentuan posisi pasar (positioning),
produk (produk), harga (price),promosi (promotion),distribusi (price). yang
diterapkan sudah baik meskipun masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi
baik Faktor internal maupun eksternal. Faktor internal yang dihadapi oleh Fitri
Laundry Kiloan yaitu Fitri Laundry kiloan tetap mengutamakan manajemen yang
baik dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan demikian
pelanggan akan puas dan tidak akan beralih ke jasa laundry yang lain. Sedangkan
faktor eksternal yang di hadapi Fitri Laundry Kiloan yaitu Kemajuan teknologi saat
ini tidak dapat dipungkiri, dan sebaiknya pemilik Fitri laundry kiloan memanfaatkan
kemajuan teknologi ini sebagai peluang dalam menghadapi persaingan untuk
meluaskan pangsa pasar.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai “Analisis Strategi
Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Antar Pelaku Usaha Laundry Pada
Fitri laundry kiloan” pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai
berikut.
1. Strategi pemasaran pada Fitri laundry kiloan yakni Segmentasi Pasar (market
segmentation atau segmenting ), strategi penentuan pasar sasaran (Targeting)
,strategi penentuan posisi pasar
(positioning), produk (produk), harga
(price),promosi (promotion),distribusi (price).
2. Strategi Pemasaran Fitri Laundry Kiloan Mampu Menghadapi Persaingan
yaitu Memberikan pelayanan secara efisien Peran karyawan dalam melayani konsumen
Penentuan harga yang ditawarkan oleh Fitri Laundry Kiloan
Penggunaan perkembangan teknologi serta inovasi Fitri laundry.
Menyesuaikan dengan budaya berkembang Fitri laundry kiloan
Memuaskan keluhan pelangga Fitri laundry kiloan
Manjakan pelanggan untuk marketing kita
Berikan reward atas referensi pelanggan Fitri laundry kiloan
3. Faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity),
ancaman (treats) Fitri laundry kiloan yaitu Identifikasi faktor internal dan
faktor eksternal pada Fitri Laundry Kiloan sebagai berikut :
Kekuatan (Strenght) Fitri Laundry kiloan tetap mengutamakan
manajemen yang baik dan menjaga hubungan yang baik dengan
pelanggan.. Kelemahan (Weakness) yaitu Fitri Laundry kiloan tidak ada
perencanaan secara tersusun.Peluang (Opportunity hasil analisis
yang peneliti dapatkan dari
kemajuan teknologi yang diterapkan oleh Fitri laundry kiloan.
Ancaman (Treats) yaitu harga para pesaing, banyaknya jasa laundry
yang berdekatan, biaya operasional tidak stabil.
B. Impikasi
1. Fitri laundry kiloan tidak mengandalkan kan promosi dalam penggunaan
kemajuan teknologi seperti penggunaan Facebook, WhatsApp, Internet,
ataupun Media Sosial lainnya yang dikatakan dapat menambah pangsa
sekaligus menjadikan usaha promosi tidak dimanfaatkannya dengan
maksimal oleh pemilik Fitri Laundry Kiloan. Pemilik lebih mementingkan
produksi jasa yang maksimal khususnya menjaga kualitas pelayanan jasa
berupa ketepatan waktu dalam penyelesaian, maka sebaiknya fitri laundry
kiloan melakukan promosi dimedia sosial maupun secara langsung akan
membuat produk Fitri laundry kiloan lebih dikenal luas oleh masyarakat,
mengingat internet saat ini bisa dengan mudah dijangkau oleh semua
kalangan
2. Pada pelelitian ini di harapkan dapat mennemukan teori strategi pemasaran
dalam menghadapi pesaing laundry.
Ketersediaan
| SFEBI20200224 | 224/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
224/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
