Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Peserta Didik di MTs. Nurul Aeyn As’ Adiyah Kampung Baru Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Sikap Kepemimpinan Peserta Didik di MTs. Nurul Aeyn As’ Adiyah Kampung Baru
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone”. Ada 2 masalah yang dikaji dalam skripsi ini yakni
Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Peserta Didik
dan Sikap Kepemimpinan Peserta Didik di MTs. Nurul Aeyn As’ Adiyah Kampung
Baru Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone.
Metode pengkajian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (Field
Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa upaya kepala madrasah
dalam meningkatkan sikap kepemimpinan peseta didik yaitu melalui penyusunan
tata tertib madrasah yang dapat memberikan perlindungan, dapat dimengerti,
memiliki kesamaan arah dalam berpikir dan berbuat, serta dapat membentuk kemauan
setiap personil madrasah. Selain itu, melakukan beberapa pendekatan seperti
pendekatan struktural, formal, dan pendekatan mekanik juga dapat meningkatkan
sikap kepemimpinan peserta didik. Pemberian hadiah dan hukuman harus
mengandung nilai- nilai pendidikan serta memberikan motivasi yang positif kepada
peseta didik. Sikap kepemimpinan peserta didik di Mts. Nurul Aeyn As’ Adiyah
Kampung Baru Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone yaitu: Sikap disiplin yang dimiliki
oleh peserta didik yaitu disiplin waktu, disiplin dalam menegakkan aturan serta
disiplin dalam bersikap atau bertindak. Bertanggung jawab merupakan sikap yang
dimiliki oleh peserta didik melalui tanggung jawab terhadap Allah swt, tanggung
jawab terhadap diri sendiri, serta tanggung jawab terhadap keluarga.
Meningkatkan sikap kepemimpinan peserta didik sangat penting untuk
dilakukan oleh seluruh personil sekolah terutama kepala madrasah sebagai pemimpin
dalam sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu kepala madrasah harus berusaha
untuk menjalin kerjasama yang baik dengan personil yang lain agar tercapai tujuan
yang dicita-citakan bersama.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan
dalam bab III mengenai strategi kepala medrasah dalam meningkatkan sikap
kepemimpinan peserta didik di MTs. Nurul Aeyn As’ Adiyah Kampung Baru kec.
Tellu Siattinge Kab. Bone maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan sikap kepemimpinan peseta
didik yaitu:
a. Penyusunan tata tertib dapat memberikan perlindungan, dapat dimengerti,
memiliki kesamaan arah dalam berpikir dan berbuat, serta dapat
membentuk kemauan setiap personil madrasah.
b. Pendekatan dapat dilakukan dengan cara pendekatan struktural, formal,
dan pendekatan mekanik.
c. Pemberian hadiah dan hukuman harus mengandung nilai- nilai
pendidikan serta memberikan motivasi yang positif kepada peseta didik.
2. Sikap kepemimpinan peserta didik di Mts. Nurul Aeyn As’ Adiyah
Kampung Baru Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone yaitu:
a. Sikap disiplin yang dimiliki oleh peserta didik yaitu disiplin waktu,
disiplin dalam menegakkan aturan serta disiplin dalam bersikap atau
bertindak.
b. Bertanggung jawab merupakan sikap yang dimiliki oleh peserta didik
melalui tanggung jawab terhadap Allah swt, tanggung jawab terhadap diri
sendiri, serta tanggung jawab terhadap keluarga.
B. Implikasi Penelitian
Terlepas dari fakta-fakta yang telah terungkap di atas, perlu adanya saran
yang diberikan oleh penulis semata-mata sebagai masukan untuk semua personil
madrasah yaitukepala madrasah, guru, dan peserta didik. Ini semua penulis lakukan
bukan berarti ingin memberikan nasihat bagi pendidik, namun hanya sebagai wujud
kecintaan dan perhatian penulis terhadap upaya yang diterapkan kepala madrasah
dalam meningkatkan sikap kepemimpinan peserta didik.
1. Kepala madrasah hendaknya meningkatkan kinerja supaya semua personil
madrasah dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya.
2. Untuk semua pendidik hendaknya menjalankan aturan yang telah ditetapkan serta
melaksanakan tugasnnya sebagai seorang pendidik.
3. Semua peserta didik diharapkan agar dapat meningkatkan sikap kepemimpinan
yang dimiliki dengan cara mematuhi aturan dan menjalankan tugasnya sebagai
peserta didik.
Ketersediaan
ST20170302302/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

302/2017

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top