Penerapan Kurikulum 2013 dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidayah (MI) Al-Amin Cabalu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Nurmiati/02.14.5024 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Penerapan K13 dalam Pembentukan Karakter Peserta
Didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Kab.Bone. Pokok permasalahan
yaitu apa problematika penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter
peserta didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone dan
Faktor apa yang mendukung penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter
peserta didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas penulis
menggunakan pendekatan pedagogik, sosiologis, psikologis. Teknik pengumpulan
data yaitu field research melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama problematika penerapan kurikulum
2013 dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Al-Amin Cabalu sudah
dilakukan meski pun masih perlu dilakukan perubahan-perubahan dalam teknik
pengajaranya. Seperti : Ketidak siapan guru yang belum mengunakan alat peraga atau
media pembelajaran, serta masih menggunakan metode ceramah dalam proses
pembelajaran. Kurangnya perhatian pemerintah dalam melakukan pelatihan
kurikulum 2013. Penilaian sikap spritual peserta didik belum terlalu optimal karena
penilaian sikap spiritual peserta didik diterapkan hanya dilingkungan sekolah,
penialaian dilakukan setiap harinya di lingkungan sekolah dan pada proses
pembelajaran, kurikulum yang selalu berubah sehingga mempersulit guru untuk
menerapan kurikulum 2013.
Faktor yang mendukung penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan
karakter peserta didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
yaitu : adanya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sehingga waktu yang
digunakan tidak terlalu banyak dan guru sebagai fasilitator dapat meningkatkan
proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu peserta didik bisa lebih berpikir
kritis pada saat peroses pembelajaran karena pendidikan yang berfokus pada siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Problematika penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter peserta
didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone adalah
dilihat dari Ketidak siapan guru yang belum mengunakan alat peraga atau
media pembelajaran, serta masih menggunakan metode ceramah dalam proses
pembelajaran. Kurangnya perhatian pemerintah dalam melakukan pelatihan
kurikulum 2013. Penilaian sikap spritual siswa belum terlalu optimal karena
penilaian sikap spiritual peserta didik diterapkan hanya dilingkungan sekolah,
penialaian dilakukan setiap harinya di lingkungan sekolah dan pada proses
pembelajaran. adalah kurikulum yang selalu berubah sehingga mempersulit
guru untuk menerapan kurikulum 2013.
2. Faktor pendukung penerapan kurikulum 2013 pembentukan karakter peserta
didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu
adanya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sehingga waktu yang
digunakan tidak terlalu banyak dan guru sebagai fasilitator dapat meningkatkan
proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu peserta didik bisa lebih
berpikir kritis pada saat peroses pembelajaran karena pendidikan yang berfokus
pada siswa.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memeberikan saran sebagai berikut:
1. Bagi MI Al-Amin Cabalu diharapkan dapat memanfaatkan hasil
penelitian ini untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana, sumber
belajar, media pembelajaran, dan metode pembelajran yang ada.
Sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang tidak hanya cerdas
kognitif tapi juga berkarakter positif.
2. Bagi guru diharpkan kepada guru agar lebih profesional dalam
menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang akan menentukan
arah bangsa kedepan.
3. Bagi siswa diharapkan kepada siswa lebih meningkatkan semangat
belajar dan berusaha demi terwujudnya generasi-generasi yang handal di
masa yang akan datang.
4. Bagi peneliti diharpkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji
objek yang sama.
Didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Kab.Bone. Pokok permasalahan
yaitu apa problematika penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter
peserta didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone dan
Faktor apa yang mendukung penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter
peserta didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas penulis
menggunakan pendekatan pedagogik, sosiologis, psikologis. Teknik pengumpulan
data yaitu field research melalui observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
yang dibagi menjadi beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama problematika penerapan kurikulum
2013 dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Al-Amin Cabalu sudah
dilakukan meski pun masih perlu dilakukan perubahan-perubahan dalam teknik
pengajaranya. Seperti : Ketidak siapan guru yang belum mengunakan alat peraga atau
media pembelajaran, serta masih menggunakan metode ceramah dalam proses
pembelajaran. Kurangnya perhatian pemerintah dalam melakukan pelatihan
kurikulum 2013. Penilaian sikap spritual peserta didik belum terlalu optimal karena
penilaian sikap spiritual peserta didik diterapkan hanya dilingkungan sekolah,
penialaian dilakukan setiap harinya di lingkungan sekolah dan pada proses
pembelajaran, kurikulum yang selalu berubah sehingga mempersulit guru untuk
menerapan kurikulum 2013.
Faktor yang mendukung penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan
karakter peserta didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
yaitu : adanya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sehingga waktu yang
digunakan tidak terlalu banyak dan guru sebagai fasilitator dapat meningkatkan
proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu peserta didik bisa lebih berpikir
kritis pada saat peroses pembelajaran karena pendidikan yang berfokus pada siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Problematika penerapan kurikulum 2013 dalam pembentukan karakter peserta
didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone adalah
dilihat dari Ketidak siapan guru yang belum mengunakan alat peraga atau
media pembelajaran, serta masih menggunakan metode ceramah dalam proses
pembelajaran. Kurangnya perhatian pemerintah dalam melakukan pelatihan
kurikulum 2013. Penilaian sikap spritual siswa belum terlalu optimal karena
penilaian sikap spiritual peserta didik diterapkan hanya dilingkungan sekolah,
penialaian dilakukan setiap harinya di lingkungan sekolah dan pada proses
pembelajaran. adalah kurikulum yang selalu berubah sehingga mempersulit
guru untuk menerapan kurikulum 2013.
2. Faktor pendukung penerapan kurikulum 2013 pembentukan karakter peserta
didik di MI Al-Amin Cabalu Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu
adanya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sehingga waktu yang
digunakan tidak terlalu banyak dan guru sebagai fasilitator dapat meningkatkan
proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu peserta didik bisa lebih
berpikir kritis pada saat peroses pembelajaran karena pendidikan yang berfokus
pada siswa.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memeberikan saran sebagai berikut:
1. Bagi MI Al-Amin Cabalu diharapkan dapat memanfaatkan hasil
penelitian ini untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana, sumber
belajar, media pembelajaran, dan metode pembelajran yang ada.
Sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang tidak hanya cerdas
kognitif tapi juga berkarakter positif.
2. Bagi guru diharpkan kepada guru agar lebih profesional dalam
menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang akan menentukan
arah bangsa kedepan.
3. Bagi siswa diharapkan kepada siswa lebih meningkatkan semangat
belajar dan berusaha demi terwujudnya generasi-generasi yang handal di
masa yang akan datang.
4. Bagi peneliti diharpkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji
objek yang sama.
Ketersediaan
| ST20180046 | 46/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
46/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
