Urgensi Iklim Madrasah yang Kondusif dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik di MI Darul Hikmah Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Iklim Madrasah yang Kondusif dalam
Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik di MI Darul Hikmah Kec. Tanete
Riattang Barat Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya kepala
madrasah dalam menciptakan iklim madrasah yang kondusif dan kontribusi iklim
madrasah yang kondusif dalam meningkatkan prestasi akademik di MI Darul Hikmah
Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh menemukan bahwa upaya kepala madrasah
dalam menciptakan iklim madrasah yang kondusif di MI Darul Hikmah dapat dilihat dari
berbagai segi, yaitu segi ekologi/aspek fisik, milieu/aspek sosial, sistem sosial, dan
budaya. a) menciptakan ekologi/aspek fisik yang kondusif meliputi menjaga kebersihan,
keamanan dan kenyamanan madrasah, menggunakan sumber daya secara efektif dan
efisien, serta memperindah madrasah. b) membudayakan milieu/aspek sosial yang
meliputi sikap saling menghormati, memiliki rasa tanggung jawab, kebanggaan dan
kesetiaan, selalu bekerja sama, serta menjaga kebersamaan, kemesraan, kegembiraan dan
keadilan. c) menciptakan sistem sosial yang baik meliputi pembagian tugas dan tanggung
jawab sesuai dengan latar belakang, kemampuan dan keahlian tenaga pendidik, membuat
keputusan melalui musyawarah, dan menciptakan komunikasi yang efektif, baik dalam
bentuk lisan, tulisan maupun media. d) mempertahankan budaya yang baik yang meliputi
nilai moral di antaranya kesopanan, kejujuran dan kedisiplinan, serta kegiatan-kegiatan
yang dapat mengembangkan kualitas pendidikan. Adapun kontribusi iklim madrasah
yang kondusif dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik di MI Darul Hikmah
meliputi dimensi ekologi/aspek fisik, milieu/aspek sosial, sistem sosial dan budaya, di
antaranya yaitu, menciptakan perasaan senang, gembira, dan nyaman pada guru dan
peserta didik dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan konsentrasi belajar dan
daya serap peserta didik. Pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi akademik peserta
didik yang dibuktikan dari hasil perbandingan Ujian Akhir Semester (UAS) pada mata
pelajaran fiqih semester I dan II kelas III MI Darul Hikmah, sebanyak 92% dari 24 siswa
mengalami peningkatan prestasi akademik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Upaya kepala madrasah dalam menciptakan iklim madrasah yang kondusif di
MI Darul Hikmah, dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari berbagai
upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah di berbagai segi yaitu, a)
menciptakan ekologi/aspek fisik yang kondusif meliputi menjaga kebersihan,
keamanan, kenyamanan, dan keindahan madrasah, serta menggunakan sumber
daya secara efektif dan efisien. b) membudayakan milieu/aspek sosial yang
meliputi sikap saling menghormati, tanggung jawab, kebanggaan, kesetiaan,
kerja sama, kebersamaan, kemesraan, kegembiraan dan keadilan. c)
menciptakan sistem sosial yang baik yang meliputi pembagian tugas dan
tanggung jawab, membuat keputusan melalui musyawarah, dan menciptakan
komunikasi yang efektif, d) mempertahankan budaya yang baik yang meliputi
nilai moral di antaranya kesopanan, kejujuran dan kedisiplinan, serta kegiatankegiatan
yang dapat mengembangkan kualitas pendidikan.
2. Kontribusi iklim madrasah yang kondusif dalam meningkatkan prestasi
akademik peserta didik di MI Darul Hikmah meliputi dimensi ekologi/aspek
fisik, milieu/aspek sosial, sistem sosial dan budaya, di antaranya yaitu,
menciptakan perasaan senang, gembira, dan nyaman pada guru dan peserta
didik dalam proses pembelajaran, serta meningkatkan konsentrasi belajar dan
daya serap peserta didik. Pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi akademik
peserta didik yang dibuktikan dari hasil perbandingan Ujian Akhir Semester
(UAS) pada mata pelajaran fiqih semester I dan II kelas III MI Darul Hikmah,
sebanyak 92% dari 24 siswa mengalami peningkatan prestasi akademik.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang urgensi iklim madrasah yang kondusif
dalam meningkatkan prestasi akademik peserta didik di MI Darul Hikmah, maka
saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Kepala madrasah diharapkan senantiasa menciptakan dan mengembangkan
iklim madrasah, demi kelancaran pelaksanaan pembelajaran dan pengelolaan
madrasah yang baik.
2. Guru harus selalu membantu kepala madrasah dalam menjaga iklim madrasah
yang baik. Hal ini karena guru merupakan salah satu unsur penting dalam
mengembangkan iklim madrasah yang kondusif, yaitu dimulai dari
menciptakan suasana yang nyaman, aman dan tertib di dalam kelas.
3. Siswa hendaklah menjaga dan menerapkan nilai yang ada dalam madrasah
yaitu kesopanan, kejujuran dan kedisiplinan, serta senantiasa menghormati
guru. Selain itu, harus selalu menjaga kebersihan serta sarana dan prasarana
madrasah.
Ketersediaan
ST2018004545/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

45/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top