Analisis Perilaku Konsumen dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Swalayan PT. Putra Karella Mare Dalam Perspektif Ekonomi Syariah
Wahyu Ade Saputra/01.14.3252 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Analisis Perilaku Konsumen dalam
Meningkatkan Pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku
konsumen dalam meningkatkan pendapatan pada swalayan PT. Putra Karella dan
perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan dalam perspektif ekonomi islam
pada swalayan PT. Putra Karella
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan/field research. Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif analisis.
Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan pada swalayan putra karella mart
dalam analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan
menggunakan strategi yaitu pada produk, harga, promosi, pelayanan, serta fasilitas
fisik. Dan dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata yang menjadi alasan
konsumen melakukan keputusan pembelian di swalayan putra karella mart adalah
karena harga jual yang terjangkau, pelayanan yang diberikan serta promosi-promosi
yang ditawarkan.
Menurut Pandangan Ekonomi Islam dengan hasil penelitian juga
menyimpulkan bahwa analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan
sudah sesuai dengan norma-norma konsumsi dalam teori konsumsi islam yaitu
tauhid, adil, free will, amanah, halal sederhana.
A. Simpulan
1. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan pada swalayan putra
karella mart dalam analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan
pendapatan menggunakan strategi yaitu pada produk, harga, promosi,
pelayanan, serta fasilitas fisik. Dan dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-
rata yang menjadi alasan konsumen melakukan keputusan pembelian di
swalayan putra karella mart adalah karena harga jual yang terjangkau,
pelayanan yang diberikan serta promosi-promosi yang ditawarkan.
2. Menurut Pandangan Ekonomi Islam dengan hasil penelitian juga
menyimpulkan bahwa analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan
pendapatan sudah sesuai dengan norma-norma konsumsi dalam teori
konsumsi islam yaitu tauhid, adil, free will, amanah, halal sederhana.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang dipaparkan di atas, maka penulis mengajukan
saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangkan oleh perusahaan. Mengingat
perkembangan perusahaan yang semakin pesat terutama di bidang pemasaran
maka dari segi variasi produk serta fasilitas fisik harus menjadi bahan evaluasi
bagi pihak swalayan agar lebih memperhatikan variabel-variabel tersebut.
68
C. Implikasi
1. Implikasi Teoritis
a. Dalam analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan yang
menjadi alasan konsumen melakukan keputusan pembelian di swalayan
putra karella mart adalah karena harga jual yang terjangkau, pelayanan yang
diberikan serta promosi-promosi yang ditawarkan.
b. Menurut Pandangan Ekonomi Islam bahwa analisis perilaku konsumen
dalam meningkatkan pendapatan di swalayan Karella Mart sesuai dengan
norma-norma konsumsi dalam teori konsumsi islam yaitu tauhid, adil, free
will, amanah, halal sederhana.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan pembaca pada
umumnya dan bagi swalayan pada khususnya yang bberhubungan dengan
analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan perspektif
ekonomi islam yang dicapai dengan metode analisisi perilaku konsumen yang
tepat sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
Meningkatkan Pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku
konsumen dalam meningkatkan pendapatan pada swalayan PT. Putra Karella dan
perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan dalam perspektif ekonomi islam
pada swalayan PT. Putra Karella
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan/field research. Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif analisis.
Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan pada swalayan putra karella mart
dalam analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan
menggunakan strategi yaitu pada produk, harga, promosi, pelayanan, serta fasilitas
fisik. Dan dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata yang menjadi alasan
konsumen melakukan keputusan pembelian di swalayan putra karella mart adalah
karena harga jual yang terjangkau, pelayanan yang diberikan serta promosi-promosi
yang ditawarkan.
Menurut Pandangan Ekonomi Islam dengan hasil penelitian juga
menyimpulkan bahwa analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan
sudah sesuai dengan norma-norma konsumsi dalam teori konsumsi islam yaitu
tauhid, adil, free will, amanah, halal sederhana.
A. Simpulan
1. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan pada swalayan putra
karella mart dalam analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan
pendapatan menggunakan strategi yaitu pada produk, harga, promosi,
pelayanan, serta fasilitas fisik. Dan dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-
rata yang menjadi alasan konsumen melakukan keputusan pembelian di
swalayan putra karella mart adalah karena harga jual yang terjangkau,
pelayanan yang diberikan serta promosi-promosi yang ditawarkan.
2. Menurut Pandangan Ekonomi Islam dengan hasil penelitian juga
menyimpulkan bahwa analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan
pendapatan sudah sesuai dengan norma-norma konsumsi dalam teori
konsumsi islam yaitu tauhid, adil, free will, amanah, halal sederhana.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang dipaparkan di atas, maka penulis mengajukan
saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangkan oleh perusahaan. Mengingat
perkembangan perusahaan yang semakin pesat terutama di bidang pemasaran
maka dari segi variasi produk serta fasilitas fisik harus menjadi bahan evaluasi
bagi pihak swalayan agar lebih memperhatikan variabel-variabel tersebut.
68
C. Implikasi
1. Implikasi Teoritis
a. Dalam analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan yang
menjadi alasan konsumen melakukan keputusan pembelian di swalayan
putra karella mart adalah karena harga jual yang terjangkau, pelayanan yang
diberikan serta promosi-promosi yang ditawarkan.
b. Menurut Pandangan Ekonomi Islam bahwa analisis perilaku konsumen
dalam meningkatkan pendapatan di swalayan Karella Mart sesuai dengan
norma-norma konsumsi dalam teori konsumsi islam yaitu tauhid, adil, free
will, amanah, halal sederhana.
2. Implikasi Praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan pembaca pada
umumnya dan bagi swalayan pada khususnya yang bberhubungan dengan
analisis perilaku konsumen dalam meningkatkan pendapatan perspektif
ekonomi islam yang dicapai dengan metode analisisi perilaku konsumen yang
tepat sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
Ketersediaan
| SFEBI20200173 | 173/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
173/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
