Implementasi Pengawasan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan dI SMPN 1 Palakka Kab. Bone
Rosmiati/02.14.3047 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Pengawasan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan di SMPN 1 Palakka Kab. Bone”,. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni pelaksanaan pengawasan perpustakaan, layanan perpustakaan, serta konstribusi pengawasan dalam meningkatkan kualitas layanan di SMPN 1 Palakka Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan pengawasan perpustakaan di SMPN 1 Palakka sudah dilakukan dengan baik, pada dimensi kepemimpinan dengan mengikutsertakan para pegawai dalam berbagai kegiatan, hubungan kemanusiaan (Human Being Relationship) dengan memotivasi dan merangsang kreativitas karyawan, pembinaan dengan sikap kesediaan tolong menolong, administrasi secara personal dengan dilakukan dengan menempatkan personel sesuai kecakapannya, serta evaluasi dan upaya perbaikan terus menerus. Ke dua, Pemberian layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka mulai dari bukti fisik/fasilitas gedung, keandalan dalam ketepatan waktu dan simpatik, ketanggapan, jaminan keamanan dan empati, secara umum telah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama didalam pelayanan yang sama untuk semua pengunjung dan pemberian informasi yang jelas, serta fasilitas yang kurang memadai. Ketiga, Kontribusi pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari pengawasan perpustakaan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga dengan pengawasan yang baik, maka pemberian layanan juga dapat terlaksana dengan baik, secara efektif dan efisien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pengawasan perpustakaan di SMPN 1 Palakka, telah dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kepemimpinan yaitu melakukan perencanaan program kebijakan, mengikutsertakan para pegawai dalam berbagai kegiatan, serta pemberian bantuan. Hubungan manusia yang dilakukan dengan memotivasi dan merangsang kreativitas karyawan, musyawarah. Pembinaan dengan sikap kesediaan tolong menolong, pelaksanaan administrasi sosial yang dilakukan dengan menempatkan personal yang memiliki kecakapan tertentu, serta upaya evaluasi dan perbaikan yang senantiasa dilakukan dalam pengembangan profesionalitas kerja pegawai.
2. Pemberian layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka mulai dari bukti fisik/fasilitas gedung, keandalan dalam ketepatan waktu dan simpatik, ketanggapan, jaminan keamanan dan empati, secara umum telah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama didalam pelayanan yang sama untuk semua pengunjung dan pemberian informasi yang jelas, serta fasilitas berupa gedung perpustakaan yang masih belum memadai.
3. Kontribusi pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari pengawasan perpustakaan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga
dengan pengawasan yang baik, maka pemberian layanan juga dapat terlaksana dengan baik, secara efektif dan efisien.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang implementasi pengawasan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka Kab. Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah dalam pengawasan kegiatan pendidikan terlibat secara langsung maupun tidak langsung, guna untuk pencapain tujuan yang telah direncanakan serta peningkatan mutu sekolah.
2. Hendaknya pustakawan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, dengan meningkatkan kreativitas dalam pelayanan serta pengaturan ruang perpustakaan yang menarik, sehingga pengunjung semangat jika masuk kedalam perpustakaan.
3. Hendaknya siswa menggunakan perpustakaan secara maksimal, guna untuk menambah ilmu pengetahuan serta mencapai prestasi akademik yang lebih baik
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan pengawasan perpustakaan di SMPN 1 Palakka sudah dilakukan dengan baik, pada dimensi kepemimpinan dengan mengikutsertakan para pegawai dalam berbagai kegiatan, hubungan kemanusiaan (Human Being Relationship) dengan memotivasi dan merangsang kreativitas karyawan, pembinaan dengan sikap kesediaan tolong menolong, administrasi secara personal dengan dilakukan dengan menempatkan personel sesuai kecakapannya, serta evaluasi dan upaya perbaikan terus menerus. Ke dua, Pemberian layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka mulai dari bukti fisik/fasilitas gedung, keandalan dalam ketepatan waktu dan simpatik, ketanggapan, jaminan keamanan dan empati, secara umum telah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama didalam pelayanan yang sama untuk semua pengunjung dan pemberian informasi yang jelas, serta fasilitas yang kurang memadai. Ketiga, Kontribusi pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari pengawasan perpustakaan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga dengan pengawasan yang baik, maka pemberian layanan juga dapat terlaksana dengan baik, secara efektif dan efisien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pengawasan perpustakaan di SMPN 1 Palakka, telah dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kepemimpinan yaitu melakukan perencanaan program kebijakan, mengikutsertakan para pegawai dalam berbagai kegiatan, serta pemberian bantuan. Hubungan manusia yang dilakukan dengan memotivasi dan merangsang kreativitas karyawan, musyawarah. Pembinaan dengan sikap kesediaan tolong menolong, pelaksanaan administrasi sosial yang dilakukan dengan menempatkan personal yang memiliki kecakapan tertentu, serta upaya evaluasi dan perbaikan yang senantiasa dilakukan dalam pengembangan profesionalitas kerja pegawai.
2. Pemberian layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka mulai dari bukti fisik/fasilitas gedung, keandalan dalam ketepatan waktu dan simpatik, ketanggapan, jaminan keamanan dan empati, secara umum telah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama didalam pelayanan yang sama untuk semua pengunjung dan pemberian informasi yang jelas, serta fasilitas berupa gedung perpustakaan yang masih belum memadai.
3. Kontribusi pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari pengawasan perpustakaan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga
dengan pengawasan yang baik, maka pemberian layanan juga dapat terlaksana dengan baik, secara efektif dan efisien.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang implementasi pengawasan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka Kab. Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah dalam pengawasan kegiatan pendidikan terlibat secara langsung maupun tidak langsung, guna untuk pencapain tujuan yang telah direncanakan serta peningkatan mutu sekolah.
2. Hendaknya pustakawan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, dengan meningkatkan kreativitas dalam pelayanan serta pengaturan ruang perpustakaan yang menarik, sehingga pengunjung semangat jika masuk kedalam perpustakaan.
3. Hendaknya siswa menggunakan perpustakaan secara maksimal, guna untuk menambah ilmu pengetahuan serta mencapai prestasi akademik yang lebih baik
Ketersediaan
| ST20180044 | 44/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
44/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
