Implementasi Pengawasan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan dI SMPN 1 Palakka Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Pengawasan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan di SMPN 1 Palakka Kab. Bone”,. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni pelaksanaan pengawasan perpustakaan, layanan perpustakaan, serta konstribusi pengawasan dalam meningkatkan kualitas layanan di SMPN 1 Palakka Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan pengawasan perpustakaan di SMPN 1 Palakka sudah dilakukan dengan baik, pada dimensi kepemimpinan dengan mengikutsertakan para pegawai dalam berbagai kegiatan, hubungan kemanusiaan (Human Being Relationship) dengan memotivasi dan merangsang kreativitas karyawan, pembinaan dengan sikap kesediaan tolong menolong, administrasi secara personal dengan dilakukan dengan menempatkan personel sesuai kecakapannya, serta evaluasi dan upaya perbaikan terus menerus. Ke dua, Pemberian layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka mulai dari bukti fisik/fasilitas gedung, keandalan dalam ketepatan waktu dan simpatik, ketanggapan, jaminan keamanan dan empati, secara umum telah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama didalam pelayanan yang sama untuk semua pengunjung dan pemberian informasi yang jelas, serta fasilitas yang kurang memadai. Ketiga, Kontribusi pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari pengawasan perpustakaan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga dengan pengawasan yang baik, maka pemberian layanan juga dapat terlaksana dengan baik, secara efektif dan efisien.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pengawasan perpustakaan di SMPN 1 Palakka, telah dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kepemimpinan yaitu melakukan perencanaan program kebijakan, mengikutsertakan para pegawai dalam berbagai kegiatan, serta pemberian bantuan. Hubungan manusia yang dilakukan dengan memotivasi dan merangsang kreativitas karyawan, musyawarah. Pembinaan dengan sikap kesediaan tolong menolong, pelaksanaan administrasi sosial yang dilakukan dengan menempatkan personal yang memiliki kecakapan tertentu, serta upaya evaluasi dan perbaikan yang senantiasa dilakukan dalam pengembangan profesionalitas kerja pegawai.
2. Pemberian layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka mulai dari bukti fisik/fasilitas gedung, keandalan dalam ketepatan waktu dan simpatik, ketanggapan, jaminan keamanan dan empati, secara umum telah berjalan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan terutama didalam pelayanan yang sama untuk semua pengunjung dan pemberian informasi yang jelas, serta fasilitas berupa gedung perpustakaan yang masih belum memadai.
3. Kontribusi pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dapat dilihat dari pengawasan perpustakaan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, baik secara tertulis maupun lisan. Sehingga
dengan pengawasan yang baik, maka pemberian layanan juga dapat terlaksana dengan baik, secara efektif dan efisien.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang implementasi pengawasan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMPN 1 Palakka Kab. Bone, maka saran yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala sekolah dalam pengawasan kegiatan pendidikan terlibat secara langsung maupun tidak langsung, guna untuk pencapain tujuan yang telah direncanakan serta peningkatan mutu sekolah.
2. Hendaknya pustakawan senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, dengan meningkatkan kreativitas dalam pelayanan serta pengaturan ruang perpustakaan yang menarik, sehingga pengunjung semangat jika masuk kedalam perpustakaan.
3. Hendaknya siswa menggunakan perpustakaan secara maksimal, guna untuk menambah ilmu pengetahuan serta mencapai prestasi akademik yang lebih baik
Ketersediaan
ST2018004444/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

44/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top