Peran Manajemen Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Guru Bimbingan Konseling (Studi di MA As’Adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone)

No image available for this title
Skripsiinimembahas“PeranManajemenKepala Madrasah dalamMemberdayakan Guru BimbinganKonseling (Studi di MA As’AdiyahMattirowalieKec.TelluSiattingeKab. Bone)
A. SIMPULAN
Setelahdiuraikanpadabab-babsebelummnyatentang“PeranManajemenKepala Madrasah dalamMemberdayakan Guru BimbinganKonseling di MA As’AdiyahMattirowalie (Studi di MA As’AdiyahMatirowalieDesaUloKec.TelluSiattingeKab. Bone)makapenelitidapatmenarikkesimpulansebagaiberikut:
1.PeranManajemenKepala Madrasah di MA As’AdiyahMattirowalie
Perankepala madrasah yaitusebagaiseorangmanajer, administrator, pemimpindan supervisor yang sangatmemperngaruhidalammemberdayakan guru bimbingankonseling di madrasah.Perankepala madrasah tersebut yang ditelitiolehpenulis yang dilaksanakan di MA As’AdiyahMattirowalie, yaitu:
a.PeranKepala Madrasah SebagaiManajer:
Dalamrangkamelaksanakanperansebagaimanajer, kepala madrasah harusdapatmerencanakandanmerumuskandalamsuatu program tujuandantindakan yang harusdilakukan, mengorganisasikan, menghimpundanmengkoordinasisumberdayamanusiadansumberdaya material madrasah, mampumengaturdanmendayagunakanberbagaisumberdalammencapaitujuan, penyusunanpersonalia (staffing) danmengendalikan, memperolehjaminanbahwamadrasahberjalanmencapaitujuandanapabilaadakesalahan di antarabagian-bagianmadrasah makadiberikanpetunjukdanmeluruskan.
b.PeranKepala Madrasah Sebagai Administrator.
Kepala madrasah sebagai administrator harusdapatmengelola madrasahdenganbaik yang mencakupkesiswaan, bangunandangedung madrasah, keuangan madrasah, proses pembelajaran, pelayanankesiswaan, danhubungan madrasah denganmasyarakat.
c.PeranKepala Madrasah SebagaiPemimpin.
Kepala madrasah sebagaipemimpinharusmembangunvisidanstrategipendidikandanmengkomunikasikannyapadasetiapwargamadrasah, mampumenimbulkandengankemauan, semangat, danpercayadiriparawargamadrasahdalammelaksanakantugasnyamasing-masing, memberikanbimbingandanmengarahkanparawargamadrasah.
d.PeranKepala Madrasah Sebagai Supervisor
Sesuaidenganperananhakikidarisupervisi, makaperanansupervisor ialahmemberisemangat, membantudanmengikutsertakan (sharing).Perananseorang supervisor ialahmenciptakansuasanasedemikianrupasehingga guru-guru merasaamandanbebas, dalammengembangkanpotensidandayakreasimerekadenganpenuhtanggungjawab.
2.PemberdayaanGuru BimbinganKonseling di MA As’AdiyahMattirowalie
Untukmencapaitujuan yang optimal dalampelaksanaan program bimbingandankonseling di madrasah, makadiperlukanpengorganisasiankegiatanlayananbimbingandankonseling yang baik.
Ruanglingkuppelayananbimbingandankonseling di madrasah diperuntukkanbagisemuapesertadidikdengantujuan agar pesertadidiksecaraperseoranganmencapaiperkembangan yang optimal melaluikemampuan: pengungkapanpengenalanpenerimaandiri, pengenalanlingkungan, pengambilankeputusan, pengarahandiridanperwujudandiri. Dalamhaltertentu, sesuaidenganpermasalahan yang dihadapipesertadidikakanterdapatprioritasdalamsasaranbimbingandankonselingtersebut.
B.SARAN
Setelahmenyimpulkanisiskripsi, maka saran yang dapatpenulisberikanyaitu:
1.Sebagaiseorang yang memipin madrasah, makakepala madrasah harustetapmenjalankanperannyasebagaiseorangmanajer, administrator, pemimpindan supervisor, agar madrasah tetaptekeloladenganbaikdandipimpinolehkepala madrasah yang memilikimanajemen yang bagus.
2.Sebagaiseorang guru bimingankonseling, yang menanganipermasalahan-permasalahanataukasus-kasuspesertadidik di madrasah, maka guru bimbingankonselingharusmenananamkankarakter yang baikpadajiwapesertadidiksertamampuuntukmemberikanarahansertapembelajaran agar pesertadidikmampumengenaldirinyasendiri.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperankepala madrasah di MA As’AdiyahMattirowaliedanuntukmengetahuipemberdayaan guru bimbingankonseling di MA As’AdiyahMattirowalie.
Untukmemperoleh data darimasalahtersebut, penulismenggunakanmetodefield research (penelitianlapangan) dengancaramelakukanobservasi, wawancaradandokumerntasisebagaipendukungdata yang akurat. Data yang diperolehdiolahdenganmenggunakanmetodekualitatifuntukmendeskripsikanpenelitiantentangperankepala madrasah danpemberdayaan guru bimbingankonseling.
Dari hasilpenelitian yang didapatkanbahwakepala madrasah telahmenjalankanperansertatugasnyadengansemestinya.Adapunperankepala madrasah sebagaimanajerdapatmengorganisasikan, menghimpun, danmengkoordinasisumberdayamanusiadansumberdaya material madrasah.
Perankepala madrasah sebagai administrator dapatmengelola madrasah denganbaik yang mencakupkesiswaan, bangunandangedung madrasah, keuangan madrasah.
Perankepala madrasah sebagaipemimpinyaitudapatmembangun, mengembangkan, sertamenerapkanvisidanmisi madrasah.
Perankepala madrasah sebagai supervisor yaitumemberikantugasdantanggungjawabkepadaparaanggotawarga madrasah agar dapatmenjalankantanggungjawabdanwewenangnyamasing-masing.

Ketersediaan
ST2018004040/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

40/2018

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top