Peran Manajemen Kepala Madrasah dalam Memberdayakan Guru Bimbingan Konseling (Studi di MA As’Adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone)
Nur Alfi Syahri/02.13.3009 - Personal Name
Skripsiinimembahas“PeranManajemenKepala Madrasah dalamMemberdayakan Guru BimbinganKonseling (Studi di MA As’AdiyahMattirowalieKec.TelluSiattingeKab. Bone)
A. SIMPULAN
Setelahdiuraikanpadabab-babsebelummnyatentang“PeranManajemenKepala Madrasah dalamMemberdayakan Guru BimbinganKonseling di MA As’AdiyahMattirowalie (Studi di MA As’AdiyahMatirowalieDesaUloKec.TelluSiattingeKab. Bone)makapenelitidapatmenarikkesimpulansebagaiberikut:
1.PeranManajemenKepala Madrasah di MA As’AdiyahMattirowalie
Perankepala madrasah yaitusebagaiseorangmanajer, administrator, pemimpindan supervisor yang sangatmemperngaruhidalammemberdayakan guru bimbingankonseling di madrasah.Perankepala madrasah tersebut yang ditelitiolehpenulis yang dilaksanakan di MA As’AdiyahMattirowalie, yaitu:
a.PeranKepala Madrasah SebagaiManajer:
Dalamrangkamelaksanakanperansebagaimanajer, kepala madrasah harusdapatmerencanakandanmerumuskandalamsuatu program tujuandantindakan yang harusdilakukan, mengorganisasikan, menghimpundanmengkoordinasisumberdayamanusiadansumberdaya material madrasah, mampumengaturdanmendayagunakanberbagaisumberdalammencapaitujuan, penyusunanpersonalia (staffing) danmengendalikan, memperolehjaminanbahwamadrasahberjalanmencapaitujuandanapabilaadakesalahan di antarabagian-bagianmadrasah makadiberikanpetunjukdanmeluruskan.
b.PeranKepala Madrasah Sebagai Administrator.
Kepala madrasah sebagai administrator harusdapatmengelola madrasahdenganbaik yang mencakupkesiswaan, bangunandangedung madrasah, keuangan madrasah, proses pembelajaran, pelayanankesiswaan, danhubungan madrasah denganmasyarakat.
c.PeranKepala Madrasah SebagaiPemimpin.
Kepala madrasah sebagaipemimpinharusmembangunvisidanstrategipendidikandanmengkomunikasikannyapadasetiapwargamadrasah, mampumenimbulkandengankemauan, semangat, danpercayadiriparawargamadrasahdalammelaksanakantugasnyamasing-masing, memberikanbimbingandanmengarahkanparawargamadrasah.
d.PeranKepala Madrasah Sebagai Supervisor
Sesuaidenganperananhakikidarisupervisi, makaperanansupervisor ialahmemberisemangat, membantudanmengikutsertakan (sharing).Perananseorang supervisor ialahmenciptakansuasanasedemikianrupasehingga guru-guru merasaamandanbebas, dalammengembangkanpotensidandayakreasimerekadenganpenuhtanggungjawab.
2.PemberdayaanGuru BimbinganKonseling di MA As’AdiyahMattirowalie
Untukmencapaitujuan yang optimal dalampelaksanaan program bimbingandankonseling di madrasah, makadiperlukanpengorganisasiankegiatanlayananbimbingandankonseling yang baik.
Ruanglingkuppelayananbimbingandankonseling di madrasah diperuntukkanbagisemuapesertadidikdengantujuan agar pesertadidiksecaraperseoranganmencapaiperkembangan yang optimal melaluikemampuan: pengungkapanpengenalanpenerimaandiri, pengenalanlingkungan, pengambilankeputusan, pengarahandiridanperwujudandiri. Dalamhaltertentu, sesuaidenganpermasalahan yang dihadapipesertadidikakanterdapatprioritasdalamsasaranbimbingandankonselingtersebut.
B.SARAN
Setelahmenyimpulkanisiskripsi, maka saran yang dapatpenulisberikanyaitu:
1.Sebagaiseorang yang memipin madrasah, makakepala madrasah harustetapmenjalankanperannyasebagaiseorangmanajer, administrator, pemimpindan supervisor, agar madrasah tetaptekeloladenganbaikdandipimpinolehkepala madrasah yang memilikimanajemen yang bagus.
2.Sebagaiseorang guru bimingankonseling, yang menanganipermasalahan-permasalahanataukasus-kasuspesertadidik di madrasah, maka guru bimbingankonselingharusmenananamkankarakter yang baikpadajiwapesertadidiksertamampuuntukmemberikanarahansertapembelajaran agar pesertadidikmampumengenaldirinyasendiri.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperankepala madrasah di MA As’AdiyahMattirowaliedanuntukmengetahuipemberdayaan guru bimbingankonseling di MA As’AdiyahMattirowalie.
Untukmemperoleh data darimasalahtersebut, penulismenggunakanmetodefield research (penelitianlapangan) dengancaramelakukanobservasi, wawancaradandokumerntasisebagaipendukungdata yang akurat. Data yang diperolehdiolahdenganmenggunakanmetodekualitatifuntukmendeskripsikanpenelitiantentangperankepala madrasah danpemberdayaan guru bimbingankonseling.
Dari hasilpenelitian yang didapatkanbahwakepala madrasah telahmenjalankanperansertatugasnyadengansemestinya.Adapunperankepala madrasah sebagaimanajerdapatmengorganisasikan, menghimpun, danmengkoordinasisumberdayamanusiadansumberdaya material madrasah.
Perankepala madrasah sebagai administrator dapatmengelola madrasah denganbaik yang mencakupkesiswaan, bangunandangedung madrasah, keuangan madrasah.
Perankepala madrasah sebagaipemimpinyaitudapatmembangun, mengembangkan, sertamenerapkanvisidanmisi madrasah.
Perankepala madrasah sebagai supervisor yaitumemberikantugasdantanggungjawabkepadaparaanggotawarga madrasah agar dapatmenjalankantanggungjawabdanwewenangnyamasing-masing.
A. SIMPULAN
Setelahdiuraikanpadabab-babsebelummnyatentang“PeranManajemenKepala Madrasah dalamMemberdayakan Guru BimbinganKonseling di MA As’AdiyahMattirowalie (Studi di MA As’AdiyahMatirowalieDesaUloKec.TelluSiattingeKab. Bone)makapenelitidapatmenarikkesimpulansebagaiberikut:
1.PeranManajemenKepala Madrasah di MA As’AdiyahMattirowalie
Perankepala madrasah yaitusebagaiseorangmanajer, administrator, pemimpindan supervisor yang sangatmemperngaruhidalammemberdayakan guru bimbingankonseling di madrasah.Perankepala madrasah tersebut yang ditelitiolehpenulis yang dilaksanakan di MA As’AdiyahMattirowalie, yaitu:
a.PeranKepala Madrasah SebagaiManajer:
Dalamrangkamelaksanakanperansebagaimanajer, kepala madrasah harusdapatmerencanakandanmerumuskandalamsuatu program tujuandantindakan yang harusdilakukan, mengorganisasikan, menghimpundanmengkoordinasisumberdayamanusiadansumberdaya material madrasah, mampumengaturdanmendayagunakanberbagaisumberdalammencapaitujuan, penyusunanpersonalia (staffing) danmengendalikan, memperolehjaminanbahwamadrasahberjalanmencapaitujuandanapabilaadakesalahan di antarabagian-bagianmadrasah makadiberikanpetunjukdanmeluruskan.
b.PeranKepala Madrasah Sebagai Administrator.
Kepala madrasah sebagai administrator harusdapatmengelola madrasahdenganbaik yang mencakupkesiswaan, bangunandangedung madrasah, keuangan madrasah, proses pembelajaran, pelayanankesiswaan, danhubungan madrasah denganmasyarakat.
c.PeranKepala Madrasah SebagaiPemimpin.
Kepala madrasah sebagaipemimpinharusmembangunvisidanstrategipendidikandanmengkomunikasikannyapadasetiapwargamadrasah, mampumenimbulkandengankemauan, semangat, danpercayadiriparawargamadrasahdalammelaksanakantugasnyamasing-masing, memberikanbimbingandanmengarahkanparawargamadrasah.
d.PeranKepala Madrasah Sebagai Supervisor
Sesuaidenganperananhakikidarisupervisi, makaperanansupervisor ialahmemberisemangat, membantudanmengikutsertakan (sharing).Perananseorang supervisor ialahmenciptakansuasanasedemikianrupasehingga guru-guru merasaamandanbebas, dalammengembangkanpotensidandayakreasimerekadenganpenuhtanggungjawab.
2.PemberdayaanGuru BimbinganKonseling di MA As’AdiyahMattirowalie
Untukmencapaitujuan yang optimal dalampelaksanaan program bimbingandankonseling di madrasah, makadiperlukanpengorganisasiankegiatanlayananbimbingandankonseling yang baik.
Ruanglingkuppelayananbimbingandankonseling di madrasah diperuntukkanbagisemuapesertadidikdengantujuan agar pesertadidiksecaraperseoranganmencapaiperkembangan yang optimal melaluikemampuan: pengungkapanpengenalanpenerimaandiri, pengenalanlingkungan, pengambilankeputusan, pengarahandiridanperwujudandiri. Dalamhaltertentu, sesuaidenganpermasalahan yang dihadapipesertadidikakanterdapatprioritasdalamsasaranbimbingandankonselingtersebut.
B.SARAN
Setelahmenyimpulkanisiskripsi, maka saran yang dapatpenulisberikanyaitu:
1.Sebagaiseorang yang memipin madrasah, makakepala madrasah harustetapmenjalankanperannyasebagaiseorangmanajer, administrator, pemimpindan supervisor, agar madrasah tetaptekeloladenganbaikdandipimpinolehkepala madrasah yang memilikimanajemen yang bagus.
2.Sebagaiseorang guru bimingankonseling, yang menanganipermasalahan-permasalahanataukasus-kasuspesertadidik di madrasah, maka guru bimbingankonselingharusmenananamkankarakter yang baikpadajiwapesertadidiksertamampuuntukmemberikanarahansertapembelajaran agar pesertadidikmampumengenaldirinyasendiri.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperankepala madrasah di MA As’AdiyahMattirowaliedanuntukmengetahuipemberdayaan guru bimbingankonseling di MA As’AdiyahMattirowalie.
Untukmemperoleh data darimasalahtersebut, penulismenggunakanmetodefield research (penelitianlapangan) dengancaramelakukanobservasi, wawancaradandokumerntasisebagaipendukungdata yang akurat. Data yang diperolehdiolahdenganmenggunakanmetodekualitatifuntukmendeskripsikanpenelitiantentangperankepala madrasah danpemberdayaan guru bimbingankonseling.
Dari hasilpenelitian yang didapatkanbahwakepala madrasah telahmenjalankanperansertatugasnyadengansemestinya.Adapunperankepala madrasah sebagaimanajerdapatmengorganisasikan, menghimpun, danmengkoordinasisumberdayamanusiadansumberdaya material madrasah.
Perankepala madrasah sebagai administrator dapatmengelola madrasah denganbaik yang mencakupkesiswaan, bangunandangedung madrasah, keuangan madrasah.
Perankepala madrasah sebagaipemimpinyaitudapatmembangun, mengembangkan, sertamenerapkanvisidanmisi madrasah.
Perankepala madrasah sebagai supervisor yaitumemberikantugasdantanggungjawabkepadaparaanggotawarga madrasah agar dapatmenjalankantanggungjawabdanwewenangnyamasing-masing.
Ketersediaan
| ST20180040 | 40/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
40/2018
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
