Membangun Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah (Studi Kasus di Watampone)
Yuliana/01.15.5137 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas nasabah bank syariah di Watampone, merumuskan model loyalitas nasabah
yang lebih baik bagi nasabah bank syariah di Watampone, dan mengetahui strategi
dalam membangun loyalitas nasabah bank syariah di Watampone.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan
sosial kemasyarakatan dan ekonomi Islam. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
wawancara. Data dianalisis menggunakan theory of planned behavior dan teori
retensi pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas nasabah bank syariah di Watampone adalah pelayanan, kepuasan nasabah,
citra bank, kepercayaan nasabah dan fintech (Financial Technology). Kemudian
dalam merumusakan model loyalitas nasabah yang lebih baik bagi nasabah bank
syariah terdapat tiga model yaitu loyalitas murni, loyalitas semu dan loyalitas
terhadap faktor syariah. Dan strategi dalam membangun loyalitas nasabah bank
syariah di Watampone adalah pelayanan yang terbaik, menjaga komunikasi dengan
nasabah, peduli kepada nasabah, kenali kebutuhan nasabah, bangun interpersonal
skill dengan nasabah, dan tingkatkan program intensifikasi terhadap nasabah
eksisting.
A. Kesimpulan
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah bank syariah di
Watampone adalah pelayanan, kepuasan nasabah, citra bank, kepercayaan
nasabah dan fintech (Financial Technology).
2. Terdapat tiga model loyalitas nasabah yang lebih baik bagi nasabah bank
syariah di watampone yaitu loyalitas murni, loyalitas semu dan loyalitas
terhadap faktor syariah.
3. Terdapat enam strategi dalam membangun loyalitas nasabah bank syariah di
Watampone yaitu pelayanan yang terbaik, menjaga komunikasi dengan
nasabah, peduli kepada nasabah, kenali kebutuhan nasabah, bangun
interpersonal skill dengan nasabah, dan tingkatkan program intensifikasi
terhadap nasabah eksisting.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis mengajukan beberapa saran yang
ditujukan untuk penelitian di masa yang akan datang yaikni sebagai berikut:
1. Bagi Bank Muamalat KCP Bone dan Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
harus lebih fokus melihat berbagai karakteristik nasabah yang ada dan
meningkatkan pelayanan serta hal-hal lain yang mempengaruhi loyalitas
nasabah sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah
yang dimiliki.
2. Bagi peneliti selanjutnya, sangatlah penting untuk mengembangkan penelitian
ini dengan menggunakan variabel atau indikator yang berbeda, sehingga
mampu menghasilkan temuan yang lebih tajam dan mendalam demi
kesempurnaan penelitian ini.
loyalitas nasabah bank syariah di Watampone, merumuskan model loyalitas nasabah
yang lebih baik bagi nasabah bank syariah di Watampone, dan mengetahui strategi
dalam membangun loyalitas nasabah bank syariah di Watampone.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan
sosial kemasyarakatan dan ekonomi Islam. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
wawancara. Data dianalisis menggunakan theory of planned behavior dan teori
retensi pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas nasabah bank syariah di Watampone adalah pelayanan, kepuasan nasabah,
citra bank, kepercayaan nasabah dan fintech (Financial Technology). Kemudian
dalam merumusakan model loyalitas nasabah yang lebih baik bagi nasabah bank
syariah terdapat tiga model yaitu loyalitas murni, loyalitas semu dan loyalitas
terhadap faktor syariah. Dan strategi dalam membangun loyalitas nasabah bank
syariah di Watampone adalah pelayanan yang terbaik, menjaga komunikasi dengan
nasabah, peduli kepada nasabah, kenali kebutuhan nasabah, bangun interpersonal
skill dengan nasabah, dan tingkatkan program intensifikasi terhadap nasabah
eksisting.
A. Kesimpulan
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah bank syariah di
Watampone adalah pelayanan, kepuasan nasabah, citra bank, kepercayaan
nasabah dan fintech (Financial Technology).
2. Terdapat tiga model loyalitas nasabah yang lebih baik bagi nasabah bank
syariah di watampone yaitu loyalitas murni, loyalitas semu dan loyalitas
terhadap faktor syariah.
3. Terdapat enam strategi dalam membangun loyalitas nasabah bank syariah di
Watampone yaitu pelayanan yang terbaik, menjaga komunikasi dengan
nasabah, peduli kepada nasabah, kenali kebutuhan nasabah, bangun
interpersonal skill dengan nasabah, dan tingkatkan program intensifikasi
terhadap nasabah eksisting.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis mengajukan beberapa saran yang
ditujukan untuk penelitian di masa yang akan datang yaikni sebagai berikut:
1. Bagi Bank Muamalat KCP Bone dan Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
harus lebih fokus melihat berbagai karakteristik nasabah yang ada dan
meningkatkan pelayanan serta hal-hal lain yang mempengaruhi loyalitas
nasabah sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah
yang dimiliki.
2. Bagi peneliti selanjutnya, sangatlah penting untuk mengembangkan penelitian
ini dengan menggunakan variabel atau indikator yang berbeda, sehingga
mampu menghasilkan temuan yang lebih tajam dan mendalam demi
kesempurnaan penelitian ini.
Ketersediaan
| SFEBI20190480 | 480/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
480/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
