Membangun Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah (Studi Kasus di Watampone)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas nasabah bank syariah di Watampone, merumuskan model loyalitas nasabah
yang lebih baik bagi nasabah bank syariah di Watampone, dan mengetahui strategi
dalam membangun loyalitas nasabah bank syariah di Watampone.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan
sosial kemasyarakatan dan ekonomi Islam. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
wawancara. Data dianalisis menggunakan theory of planned behavior dan teori
retensi pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas nasabah bank syariah di Watampone adalah pelayanan, kepuasan nasabah,
citra bank, kepercayaan nasabah dan fintech (Financial Technology). Kemudian
dalam merumusakan model loyalitas nasabah yang lebih baik bagi nasabah bank
syariah terdapat tiga model yaitu loyalitas murni, loyalitas semu dan loyalitas
terhadap faktor syariah. Dan strategi dalam membangun loyalitas nasabah bank
syariah di Watampone adalah pelayanan yang terbaik, menjaga komunikasi dengan
nasabah, peduli kepada nasabah, kenali kebutuhan nasabah, bangun interpersonal
skill dengan nasabah, dan tingkatkan program intensifikasi terhadap nasabah
eksisting.
A. Kesimpulan
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah bank syariah di
Watampone adalah pelayanan, kepuasan nasabah, citra bank, kepercayaan
nasabah dan fintech (Financial Technology).
2. Terdapat tiga model loyalitas nasabah yang lebih baik bagi nasabah bank
syariah di watampone yaitu loyalitas murni, loyalitas semu dan loyalitas
terhadap faktor syariah.
3. Terdapat enam strategi dalam membangun loyalitas nasabah bank syariah di
Watampone yaitu pelayanan yang terbaik, menjaga komunikasi dengan
nasabah, peduli kepada nasabah, kenali kebutuhan nasabah, bangun
interpersonal skill dengan nasabah, dan tingkatkan program intensifikasi
terhadap nasabah eksisting.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis mengajukan beberapa saran yang
ditujukan untuk penelitian di masa yang akan datang yaikni sebagai berikut:
1. Bagi Bank Muamalat KCP Bone dan Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
harus lebih fokus melihat berbagai karakteristik nasabah yang ada dan
meningkatkan pelayanan serta hal-hal lain yang mempengaruhi loyalitas
nasabah sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah
yang dimiliki.
2. Bagi peneliti selanjutnya, sangatlah penting untuk mengembangkan penelitian
ini dengan menggunakan variabel atau indikator yang berbeda, sehingga
mampu menghasilkan temuan yang lebih tajam dan mendalam demi
kesempurnaan penelitian ini.
Ketersediaan
SFEBI20190480480/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

480/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top