Efektivitas Pelayanan Pembayaran Dana Pensiun (Studi pada PT. Taspen (Persero) KC Bone)
Irfan Jaya/ 01.15.5099 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pelayanan pembayaran dana pensiun PT. Taspen
(Persero) KC Bone. Fokus penelitian ini adalah efektivitas pelayanan pembayaran
dana pensiun dimana dapat diukur melalui prinsip 5T yaitu tepat orang, tepat waktu,
tepat jumlah, tepat tempat dan tepat administrasi. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian fenomenologi dan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer berupa
wawancara dan dibahas dengan teknik analisis data.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pembayaran dana pensiun
pada PT. Taspen (persero) KC Bone di era digitalisasi Taspen sudah menerapkan
pembayaran dana pensiun berbasis elektronik. Pengaplikasian dilapangan ada dua
yaitu: yang pertama, Enrollment dan yang kedua, Taspen Otentikasi. Enrollment
adalah proses perekaman data biometri berupa; gambar wajah, suara dan sidik jari.
Output dari enrollment adalah otentikasi, otentikasi adalah cara buka blokir melalui
smartphone tanpa harus datang ke Bank blokirnya bisa langsung terbuka. Pelayanan
tersebut sangat mempermudah peserta, pensiunan tidak lagi wajib datang ke bank,
tidak perlu mengatri dan keamanan akan kebobolan lebih ketat. Sedangkan dari segi
efektivitas pelayanan pembayaran dana pensiun berjalan dengan efektif itu dapat
diukur dari tercapainya asas-asas pelayanan (keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun
2003) yaitu: tranparansi, akuntabilitas, kondisional, partisippatif, kesamaan hak dan
keseimbangan hak dan kewajiban
A. Simpulan
Dari pemaparan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Enrollment adalah proses perekaman data biometri berupa wajah, suara dan
sidik jari. Enrollment dilakukan sebelum melakukan otentikasi peserta
memasukkan Notas/Nomor Pensiun diaplikasi, aplikasi kemudian akan
membandingkan data biometri wajah, suara dan sidik jari peserta pada saat
Enrollment dan dilakukan secepatnya. Enrollment dilakukan di Kantor PT
Taspen dan juga dilakukan dikediaman peserta yang memiliki keterbatasan fisik
yang disebut service point. Proses Enrollment peserta cukup membawa buku
tabungan atau Kartu Identitas Penerima Pensiun (KARIP) kemudian diserahkan
kepada karyawan PT. Taspen kemudian masukkan NOTAS aplikasi Enroll
dilanjutkan foto wajah, perekaman suara, dan sidik jari, kemudian simpan data
proses enrollpun selesai.
2. Taspen Otentikasi adalah cara blokir melalui smartphone/hp tanpa harus datang
ke bank blokirnya bisa langsung terbuka. Otentikasi dilakukan untuk membuka
blokir tanpa harus datang ke bank mengantri untuk terima gaji pensiun.
Pensiunan bisa ambil uangnya itu di ATM tidak lagi wajib datang ke bank.
Otentikasi ini bisa dilakukan dimana saja cukup mengunduh aplikasi taspen
otentikasi di smartphone. Yang melakukan otentikasi adalah pensiunan atau
yang akan menerima gaji pensiun. Orang yang melakukan otentikasi harus
sesuai dengan orang yang melakukan Enrollment.
3. Efektivitas Pelayanan Pembayaran Dana Pensiun maka dapat disimpulkan
bahwa Pelayanan pembayaran dana pensiun pada PT. Taspen (Persero) KC
Bone berjalan dengan efektif itu dapat diukur dari tercapainya asas-asas
pelayanan (keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003) yaitu: transparansi,
akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak serta keseimbangan hak
dan kewajiban.
B. Saran
Adapun saran yang ingin diberikan penulis kepada beberapa pihak, yaitu
sebagai berikut:
1. Pada proses Enrollment dijelaskan Enrollment itu apa, tujuannya apa agar
peserta lebih paham lagi.
2. PT. Taspen harus lebih meningkatkan mutu pelayanannya terkait dengan
otentikasi, menjelaskan proses atau cara otentikasi yang benar agar tidak ada
lagi salah atau tidak mengerti pada saat melakukan otentikasi .
3. Kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan sesuai dengan asas-asas
pelayanan lebih ditingkatkan lagi, prinsip pelayanan melebihi harapan peserta
harus terus di aplikasikan.
(Persero) KC Bone. Fokus penelitian ini adalah efektivitas pelayanan pembayaran
dana pensiun dimana dapat diukur melalui prinsip 5T yaitu tepat orang, tepat waktu,
tepat jumlah, tepat tempat dan tepat administrasi. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian fenomenologi dan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer berupa
wawancara dan dibahas dengan teknik analisis data.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pembayaran dana pensiun
pada PT. Taspen (persero) KC Bone di era digitalisasi Taspen sudah menerapkan
pembayaran dana pensiun berbasis elektronik. Pengaplikasian dilapangan ada dua
yaitu: yang pertama, Enrollment dan yang kedua, Taspen Otentikasi. Enrollment
adalah proses perekaman data biometri berupa; gambar wajah, suara dan sidik jari.
Output dari enrollment adalah otentikasi, otentikasi adalah cara buka blokir melalui
smartphone tanpa harus datang ke Bank blokirnya bisa langsung terbuka. Pelayanan
tersebut sangat mempermudah peserta, pensiunan tidak lagi wajib datang ke bank,
tidak perlu mengatri dan keamanan akan kebobolan lebih ketat. Sedangkan dari segi
efektivitas pelayanan pembayaran dana pensiun berjalan dengan efektif itu dapat
diukur dari tercapainya asas-asas pelayanan (keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun
2003) yaitu: tranparansi, akuntabilitas, kondisional, partisippatif, kesamaan hak dan
keseimbangan hak dan kewajiban
A. Simpulan
Dari pemaparan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Enrollment adalah proses perekaman data biometri berupa wajah, suara dan
sidik jari. Enrollment dilakukan sebelum melakukan otentikasi peserta
memasukkan Notas/Nomor Pensiun diaplikasi, aplikasi kemudian akan
membandingkan data biometri wajah, suara dan sidik jari peserta pada saat
Enrollment dan dilakukan secepatnya. Enrollment dilakukan di Kantor PT
Taspen dan juga dilakukan dikediaman peserta yang memiliki keterbatasan fisik
yang disebut service point. Proses Enrollment peserta cukup membawa buku
tabungan atau Kartu Identitas Penerima Pensiun (KARIP) kemudian diserahkan
kepada karyawan PT. Taspen kemudian masukkan NOTAS aplikasi Enroll
dilanjutkan foto wajah, perekaman suara, dan sidik jari, kemudian simpan data
proses enrollpun selesai.
2. Taspen Otentikasi adalah cara blokir melalui smartphone/hp tanpa harus datang
ke bank blokirnya bisa langsung terbuka. Otentikasi dilakukan untuk membuka
blokir tanpa harus datang ke bank mengantri untuk terima gaji pensiun.
Pensiunan bisa ambil uangnya itu di ATM tidak lagi wajib datang ke bank.
Otentikasi ini bisa dilakukan dimana saja cukup mengunduh aplikasi taspen
otentikasi di smartphone. Yang melakukan otentikasi adalah pensiunan atau
yang akan menerima gaji pensiun. Orang yang melakukan otentikasi harus
sesuai dengan orang yang melakukan Enrollment.
3. Efektivitas Pelayanan Pembayaran Dana Pensiun maka dapat disimpulkan
bahwa Pelayanan pembayaran dana pensiun pada PT. Taspen (Persero) KC
Bone berjalan dengan efektif itu dapat diukur dari tercapainya asas-asas
pelayanan (keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003) yaitu: transparansi,
akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak serta keseimbangan hak
dan kewajiban.
B. Saran
Adapun saran yang ingin diberikan penulis kepada beberapa pihak, yaitu
sebagai berikut:
1. Pada proses Enrollment dijelaskan Enrollment itu apa, tujuannya apa agar
peserta lebih paham lagi.
2. PT. Taspen harus lebih meningkatkan mutu pelayanannya terkait dengan
otentikasi, menjelaskan proses atau cara otentikasi yang benar agar tidak ada
lagi salah atau tidak mengerti pada saat melakukan otentikasi .
3. Kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan sesuai dengan asas-asas
pelayanan lebih ditingkatkan lagi, prinsip pelayanan melebihi harapan peserta
harus terus di aplikasikan.
Ketersediaan
| SSYA20190599 | 599/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
599/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
