Analisis Pelayanan Karyawan Terhadap Konsumen di PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-Sel Dalam Etika Bisnis Islam

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai tentang analisis pelayanan karyawan
terhadap konsumen di PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel dalam Etika Bisnis
Islam. Pokok permasalahannya adalah etika pelayanan karyawan tehadap konsumen
dalam sistem ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan,
menggunakan metode pendekatan deskriptif dan disajikan secara kualitatif. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara secara langsung
mendatangi objek yang terkait mengenai etika pelayanan di PT.Tri Mega Syariah
Cabang Bone, Sul-sel. Penelitian diharapakan dapat memberi sumbangsih dan
kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan pada umunya dan ilmu ke
Islaman pada khususnya.
Hasil penelitian menunjukkan Etika pelayanan karyawan yang diterapkan
PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone-Sul-sel, menerapkan standar prosedur etika
pelayanan yakni “Our Values” dimana aturan perusahaan secara umumnya. Dalam
pelaksanaannya, kode etika dijadikan sebagai pedoman dasar perusahaan dalam
melayani nasabah (konsumen). Jika dikaitkan dengan sistem ekonomi Islam, etika
pelayanan terdiri atas profesional, kesopanan (keramahan), jujur, dan amanah. Dari
kesemua konsep nilai-nilai ajaran islam terkait profesional tidak terlaksana dan tidak
diterapkan dengan baik, yakni PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel mengalami
beberapa masalah management dan akan tutup setelah menyelesaikan “gpt” tagihan
angsuran nasabah yang bermasalah atau istilah perusahaan mengalami kebangkrutan,
terkait mengenai kesopanan (keramahan) mengenai etika tata cara berpakaian dalam
Islam PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone-Sul-sel tidak menfokuskan hal itu sebagai
aturan wajib untuk diterapkan oleh karyawati yakni menggunakan jilbab ataupun
tidak dan tetap menggunakan kode etika pengucapan secara umum atau secara
konvesional tidak mengikuti prosedur syariah hanya sekedar sapa dan senyum saja,
tidak mengutamakan ucapan salam dimana sebagai prinsip utama dalam etika bisnis
Islam juga merupakan doa dan bentuk harapan. Alasan beberapa masalah
management yang terjadi kemungkinan disebabkan karena hubungan emosional
antara atasan pihak kantor dan beberapa karyawan di PT.Tri Mega Syariah Cabang
Bone, Sul-sel.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab-bab sebelumnya
, maka dapat ditarik kesimpulan ;
1. Etika pelayanan karyawan yang diterapkan PT.Tri Mega Syariah Cabang
Bone-Sul-sel, menerapkan standar prosedur etika pelayanan yakni “Our
Values” dimana aturan perusahaan secara umumnya. Dalam
pelaksanaannya, kode etika dijadikan sebagai pedoman dasar perusahaan
dalam melayani nasabah (konsumen). Jika dikaitkan dengan sistem
ekonomi Islam, etika pelayanan terdiri atas profesional, kesopanan
(keramahan), jujur, dan amanah. Dari kesemua konsep nilai-nilai ajaran
islam terkait profesional tidak terlaksana dan tidak diterapkan dengan baik,
yakni PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel mengalami beberapa
masalah management dan akan tutup setelah menyelesaikan “gpt” tagihan
angsuran nasabah yang bermasalah atau istilah perusahaan mengalami
kebangkrutan, terkait mengenai kesopanan (keramahan) mengenai etika
tata cara berpakaian dalam Islam PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone-Sul-
sel tidak menfokuskan hal itu sebagai aturan wajib untuk diterapkan oleh
karyawati yakni menggunakan jilbab ataupun tidak dan tetap menggunakan
kode etika pengucapan secara umum atau secara konvesional tidak
mengikuti prosedur syariah hanya sekedar sapa dan senyum saja, tidak
mengutamakan ucapan salam dimana sebagai prinsip utama dalam etika
bisnis Islam juga merupakan doa dan bentuk harapan. Alasan beberapa
masalah management yang terjadi kemungkinan disebabkan karena
hubungan emosional antara atasan pihak kantor dan beberapa karyawan di
PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan pada PT.Tri Mega Syariah
Cabang Bone, Sul-sel, ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebagai
masukan yang bertujuan untuk kebaikan dan kemajuan PT.Tri Mega Syariah Cabang
Bone, Sul-sel seabagai berikut:
1. Setelah menerapkan beberapa etika pelayanan dalam sistem ekonomi Islam
PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel hendaknya harus
mengedepankan nilai-nilai Islami yaitu profesional dimana seharusnya
bekerja dengan maksimal dan penuh komitmen, juga sikap tentang
kesopanan (keramahan) bagaimana menyampaikan dengan benar dan tutur
kata yang tepat dan cara berpakaian yang sesuai dengan etika bisnis islam
guna meningkatan kualitas pelayanan karyawan dalam melayani nasabah
(konsumen) sehingga diharapkan PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-
sel kedepannya akan lebih dikenal masyarakat luas dengan pelayanannya
dalam perdagangan retail yang berbasis syariah pertama di Indonesia.
2. Evaluasi kinerja perlu dibina dan dilakukan lebih baik lagi dengan cara
menerapkan juga prinsip-prinsip etika pelayanan dalam sistem ekonomi
islam yakni prinsip kesatuan, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab
serta kebenaran dalam konteks berbisnis sebagai upaya mengembangkan
potensi dalam membangun bisnis perusahaan yang baik sesuai dengan visi
dan misi perusahaan tersebut yang melakukan atau melaksanakan dengan
konsep syariah.
3. Diharapakan untuk pimpinan dan karyawan serta pihak-pihak yang
berkepentingan di PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel
mempertimbangkan kembali mengenai perusahaan yang akan tutup akibat
kerugian/non profit dan beberapa masalah management yang dihadapi,
agar dapat selalu meningkatkan kualitas pelayanan karyawan mengenai
etika bisnis islam yang seharusnya, agar masyarakat menilai baik dan tidak
menilai sama antara PT.Tri Mega Syariah Cabang Bone, Sul-sel yang
berbasis syariah dengan bisnis perdagangan retail lainnya (konvensional).
Ketersediaan
SFEBI20190287287/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

287/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top