Pengaruh Brand Image Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Bone)
Nurul Atika/01.15.5119 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Brand Image Terhadap
Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa
Prodi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Bone)” yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian
Samsung di mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Bone. Jenis penelitian ini
tergolong penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada
yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan
beberapa metode yaitu kuesioner (angket), observasi (pengamatan), dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen peneltian, uji
asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek yang terdiri dari
dimensi citra perusahaan, citra pemakai,dan citra produk secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen dengan tingkat signifikan 10% sebesar
sebesar 36,263 dan nilai untuk F tabel sebesar 2,780. Maka dapat diketahui bahwa untuk
pengujian secara simultan didapatkan hasil bahwa nilai dari F hiting 36,263 > F tabel
2,780 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-
sama dan signifikan antara variabel citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk
terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 66,2% sedangkan sisanya yakni
33,8% keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Dalam kondisi semakin meningkatnya persaingan smartphone mendorong
konsumen terutama dalam kalangan mahasiswa cenderung ingin mencoba
merek baru yang dikeluarkan untuk mendapatkan kepuasan, manfaat yang
lebih, dan memenuhi rasa ingin tahu terhadap merek baru tersebut. Perilaku
konsumen ini dinilai masih wajar karena perkembangan teknologi yang
mendorong produsen harus selalu berinovasi untuk menciptakan produknya
yang selalu baru dengan diikuti perilaku dari mahasiswa itu sendiri yang ingin
memenuhi kebutuhan informasinya dan ingin selalu mengikuti perkembangna
zaman agar tidak ketinggal tren.
2. Tidak terdapat pengaruh signifikan citra perusahaan terhadap keputusan
pembelian Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone. Hal ini
dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar -2,963 dengan nilai signifikansi
sebesar . 005 dari taraf signifikan 10% atau 0,01 dengan nilai t tabel adalah
sebesar 1,675 Oleh karena itu nilai t hitung -2,963 lebih kecil daripada nilai t tabel
1,675 dan nilai signifikan 005 lebih besar dari 0,01.
3. Terdapat pengaruh signifikan citra pemakai terhadap keputusan pembelian
Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone. Hal ini dibuktikan
dengan hasil nilai t hitung sebesar 4,233 dengan nilai sigifikan sebesar 000 dari
taraf signifikan 10% atau 0,01 dengan nilai t tabel adalah sebesar 1,675 oleh
Oleh karena itu nilai t hitung 4,233 lebih besar daripada nilai t tabel 1,675 dan nilai
signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,01
4. Terdapat pengaruh signifikan citra produk terhadap keputusan pembelian
Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone. Hal ini dibuktikan
dengan hasil nilai t hitung sebesar 3,832 dengan nilai sigifikan sebesar 000 dari
taraf signifikan 10% atau 0,01 dengan nilai t tabel adalah sebesar 1,675 oleh
Oleh karena itu nilai t hitung 3,832 lebih besar daripada nilai t tabel 1,675 dan nilai
signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,01.
5. Citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan
pembelian konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone
terhadap keputusan pembelian Samsung pada mahasiswa perbankan syariah
IAIN Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai dari F hitung dengan F tabel, diketahui
nilai dari F hitung sebesar 36,263 dan nilai untuk F tabel sebesar 2,780. Maka dapat
diketahui bahwa untuk pengujian secara simultan didapatkan hasil bahwa nilai
dari F hiting 36,263 > F tabel 2,780
B. Implikasi
1. Perusahaan Samsung
Untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian smartphone Samsung
disarankan Perusahaan Samsung sebaiknya membuat model tampilan baru
agar lebih menarik perhatian konsumen .
2. Peneliti selanjutnya
Untuk dapat mengembangkan penelitian dengan topik yang serupa dalam
meneliti citra merek, citra pemakai,dan citra produk terhadap keputusan
pembelian, misalnya melalui wawancara mendalam terhadap responden dan
melengkapi metode angket dan jawaban sehingga informasi yang diperoleh
dapat lebih bervariasi daripada angket dan jawabannya telah tersedia.
Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa
Prodi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Bone)” yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian
Samsung di mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Bone. Jenis penelitian ini
tergolong penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada
yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan
beberapa metode yaitu kuesioner (angket), observasi (pengamatan), dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen peneltian, uji
asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek yang terdiri dari
dimensi citra perusahaan, citra pemakai,dan citra produk secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen dengan tingkat signifikan 10% sebesar
sebesar 36,263 dan nilai untuk F tabel sebesar 2,780. Maka dapat diketahui bahwa untuk
pengujian secara simultan didapatkan hasil bahwa nilai dari F hiting 36,263 > F tabel
2,780 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-
sama dan signifikan antara variabel citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk
terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 66,2% sedangkan sisanya yakni
33,8% keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.
. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Dalam kondisi semakin meningkatnya persaingan smartphone mendorong
konsumen terutama dalam kalangan mahasiswa cenderung ingin mencoba
merek baru yang dikeluarkan untuk mendapatkan kepuasan, manfaat yang
lebih, dan memenuhi rasa ingin tahu terhadap merek baru tersebut. Perilaku
konsumen ini dinilai masih wajar karena perkembangan teknologi yang
mendorong produsen harus selalu berinovasi untuk menciptakan produknya
yang selalu baru dengan diikuti perilaku dari mahasiswa itu sendiri yang ingin
memenuhi kebutuhan informasinya dan ingin selalu mengikuti perkembangna
zaman agar tidak ketinggal tren.
2. Tidak terdapat pengaruh signifikan citra perusahaan terhadap keputusan
pembelian Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone. Hal ini
dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar -2,963 dengan nilai signifikansi
sebesar . 005 dari taraf signifikan 10% atau 0,01 dengan nilai t tabel adalah
sebesar 1,675 Oleh karena itu nilai t hitung -2,963 lebih kecil daripada nilai t tabel
1,675 dan nilai signifikan 005 lebih besar dari 0,01.
3. Terdapat pengaruh signifikan citra pemakai terhadap keputusan pembelian
Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone. Hal ini dibuktikan
dengan hasil nilai t hitung sebesar 4,233 dengan nilai sigifikan sebesar 000 dari
taraf signifikan 10% atau 0,01 dengan nilai t tabel adalah sebesar 1,675 oleh
Oleh karena itu nilai t hitung 4,233 lebih besar daripada nilai t tabel 1,675 dan nilai
signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,01
4. Terdapat pengaruh signifikan citra produk terhadap keputusan pembelian
Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone. Hal ini dibuktikan
dengan hasil nilai t hitung sebesar 3,832 dengan nilai sigifikan sebesar 000 dari
taraf signifikan 10% atau 0,01 dengan nilai t tabel adalah sebesar 1,675 oleh
Oleh karena itu nilai t hitung 3,832 lebih besar daripada nilai t tabel 1,675 dan nilai
signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,01.
5. Citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk terhadap keputusan
pembelian konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian Samsung pada mahasiswa perbankan syariah IAIN Bone
terhadap keputusan pembelian Samsung pada mahasiswa perbankan syariah
IAIN Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai dari F hitung dengan F tabel, diketahui
nilai dari F hitung sebesar 36,263 dan nilai untuk F tabel sebesar 2,780. Maka dapat
diketahui bahwa untuk pengujian secara simultan didapatkan hasil bahwa nilai
dari F hiting 36,263 > F tabel 2,780
B. Implikasi
1. Perusahaan Samsung
Untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian smartphone Samsung
disarankan Perusahaan Samsung sebaiknya membuat model tampilan baru
agar lebih menarik perhatian konsumen .
2. Peneliti selanjutnya
Untuk dapat mengembangkan penelitian dengan topik yang serupa dalam
meneliti citra merek, citra pemakai,dan citra produk terhadap keputusan
pembelian, misalnya melalui wawancara mendalam terhadap responden dan
melengkapi metode angket dan jawaban sehingga informasi yang diperoleh
dapat lebih bervariasi daripada angket dan jawabannya telah tersedia.
Ketersediaan
| SFEBI20190427 | 427/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
427/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
