Pengaruh Spritual Brand Terhadap Tingkat Penjualan Sepada Motor Studi Pada Konsumen PT. Fifgroup Pos Bone
Surianti/01.15.5106 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh spritual brand terhadap tingkat
penjualan sepeda motor studi pada konsumen PT. Fifgroup Pos Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Data
yang ddigunakan adalah data primer dan sekunder dengant eknik pengumpulan data
dengan kuesioner/angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah
sebagian konsumen PT. Fifgroup Pos Bone berjumlah 100 orang. Penarikan sampel
menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 50 orang.
Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,
uji linearitas, analisis regresi sederhana, bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20.
Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan spritual brand
(X) terhhadap tingkat penjualan sepeda motor (Y). Hal itu telah dibuktikan hasil uji
regresi menujukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan hasil
uji t yaitu menujukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01 dan nilai t hitung
sebesar 4,260 > nilai t tabel 2,406. Dari hasil uji koefisien determinasi variabel
spritual brand menerangkan variabel tingkat penjualan sebesar 27,5%. Sisanya 72,5%
diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan dan analisis data yang telah dilakukan untuk
menjawab rumusan masalah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh
yang signifikan spritual brand terhadap tingkat penjualan sepeda motor studi pada
konsumen PT. Fifgroup Pos Bone. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi
menujukkan adanya hubungan yang positif dengan persamaan yang didapatkan
Y = 0,524 + 0,287X kemudian pada hasil uji t yaitu menujukkan bahwa nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,01 dan nilai t hitung 4,260 > nilai t tabel 2,406. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel spritual brand
(X) terhadap variabel tingkat penjualan (Y).
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan, dan merumuskan kesimpulan
dari hasil penelitian, maka peneliti akan memberikan beberapa saran yang
berkaitan dengan penelitian yang dilakukan untuk dijadikan masukan dan bahan
pertimbangan yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Diantaranya
adalah sebagai berikut :
1. PT. Fifgroup Pos Bone perlu memperhatikan betapa pentingnya
spritual brand (kepercayaan merek) kepada konsumen. karena merek
yang berkualitas akan dipilih oleh konsumen.
2. Untuk lainya yang ingin melakukan penelitian terkait dengan tingkat
penjualan, baiknya mencoba untuk meneliti faktor lainya juga, bukan
hanya spritual brand.
penjualan sepeda motor studi pada konsumen PT. Fifgroup Pos Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Data
yang ddigunakan adalah data primer dan sekunder dengant eknik pengumpulan data
dengan kuesioner/angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah
sebagian konsumen PT. Fifgroup Pos Bone berjumlah 100 orang. Penarikan sampel
menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 50 orang.
Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,
uji linearitas, analisis regresi sederhana, bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20.
Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan spritual brand
(X) terhhadap tingkat penjualan sepeda motor (Y). Hal itu telah dibuktikan hasil uji
regresi menujukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan hasil
uji t yaitu menujukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,01 dan nilai t hitung
sebesar 4,260 > nilai t tabel 2,406. Dari hasil uji koefisien determinasi variabel
spritual brand menerangkan variabel tingkat penjualan sebesar 27,5%. Sisanya 72,5%
diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan dan analisis data yang telah dilakukan untuk
menjawab rumusan masalah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh
yang signifikan spritual brand terhadap tingkat penjualan sepeda motor studi pada
konsumen PT. Fifgroup Pos Bone. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi
menujukkan adanya hubungan yang positif dengan persamaan yang didapatkan
Y = 0,524 + 0,287X kemudian pada hasil uji t yaitu menujukkan bahwa nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,01 dan nilai t hitung 4,260 > nilai t tabel 2,406. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel spritual brand
(X) terhadap variabel tingkat penjualan (Y).
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan, dan merumuskan kesimpulan
dari hasil penelitian, maka peneliti akan memberikan beberapa saran yang
berkaitan dengan penelitian yang dilakukan untuk dijadikan masukan dan bahan
pertimbangan yang berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Diantaranya
adalah sebagai berikut :
1. PT. Fifgroup Pos Bone perlu memperhatikan betapa pentingnya
spritual brand (kepercayaan merek) kepada konsumen. karena merek
yang berkualitas akan dipilih oleh konsumen.
2. Untuk lainya yang ingin melakukan penelitian terkait dengan tingkat
penjualan, baiknya mencoba untuk meneliti faktor lainya juga, bukan
hanya spritual brand.
Ketersediaan
| SFEBI20190426 | 426/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
426/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Sripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
