Analisis Strategi Pemasaran Produk Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota Pada KSP Bakti Huria Cabang Bone

Image of Analisis Strategi Pemasaran Produk Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota Pada KSP Bakti Huria Cabang Bone
Skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran produk koperasi simpan
pinjam dalam upaya meningkatkan jumlah anggota pada KSP Bakti Huria Cabang
Bone. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui startegi pemasaran produk
KSP Bakti Huria Cabang Bone dalam upaya meningkatkan jumlah anggotanya. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian fenomenologi dengan menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk KSP
Bakti Huria Cabang Bone dalam upaya meningkatkan jumlah anggotanya dengan
menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat
atau saluran distribusi (place), dan promosi (promotion). KSP Bakti Huria Cabang
Bone dalam menentukan suatu produk agar selalu diminati masyarakat yaitu, dengan
melihat kebutuhan dari masyarakat dengan menetapkan harga produk simpanan yang
lebih tinggi dan harga produk pinjaman yang lebih rendah dan selalu berpatokan pada
harga produk yang ditawarkan oleh pesaing. Kemudian dalam proses penyaluran atau
pendistribusian produknya KSP Bakti Huria Cabang Bone memilih lokasi kantor
ditengah-tengah kota agar mudah dijangkau oleh anggota. Sedangkan dalam kegiatan
promosi produk KSP Bakti Huria Cabang Bone melakukan periklanan melalui media
sosial, seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lain-lain. serta kegiatan-kegiatan
bakti sosial, kegiatan amal seperti pemeriksaan kesehatan gratis guna meningkatkan
pamor perusahan dimata masyarakat. Namun selama beroperasi hal paling utama
yang diterapkan oleh KSP Bakti Huria Cabang Bone dalam meningkatkan jumlah
anggotanya yaitu pelayanan, pelayanan menjadi hal yang utama dengan menciptakan
hubungan kekeluargaan kepada anggotanya.
A. Simpulan
Dari pemaparan hasil dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk KSP Bakti Huria Cabang Bone dalam
upaya meningkatkan jumlah anggotanya dengan menggunakan bauran pemasaran 4P
yaitu produk (product), harga (price), tempat atau saluran distribusi (place), dan
promosi (promotion). KSP Bakti Huria Cabang Bone dalam menentukan suatu
produk agar selalu diminati masyarakat yaitu, dengan melihat kebutuhan dari
masyarakat dengan menetapkan harga produk simpanan yang lebih tinggi dan harga
produk pinjaman yang lebih rendah dan selalu berpatokan pada harga produk yang
ditawarkan oleh pesaing. Kemudian dalam proses penyaluran atau pendistribusian
produknya, KSP Bakti Huria Cabang Bone memilih lokasi kantor ditengah-tengah
kota agar mudah dijangkau oleh anggota. Sedangkan dalam kegiatan promosi produk
KSP Bakti Huria Cabang Bone melakukan periklanan melalui media sosial, seperti
Facebook, Instagram, Whatsapp, dan lain-lain. serta kegiatan-kegiatan bakti sosial,
kegiatan amal seperti pemeriksaan kesehatan gratis guna meningkatkan pamor
perusahan dimata masyarakat. Namun selama beroperasi hal paling utama yang
diterapkan oleh KSP Bakti Huria Cabang Bone dalam meningkatkan jumlah
anggotanya yaitu pelayanan, pelayanan menjadi hal yang utama dengan menciptakan
hubungan kekeluargaan kepada anggotanya.
B. Saran
Berdasarkan pengamatan penulis mengenai strategi pemasaran produk dalam
upaya meningkatkan jumlah anggota pada KSP Bakti Huria Cabang Bone, maka
adapun saran yang ingin penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Bagi KSP Bakti Huria Cabang Bone diharapkan untuk lebih meningkatkan
dalam pengembangan produk terutama pada penentuan logo agar dibuat
semenarik mungkin guna menarik perhatian masyarakat. Serta diharapkan
untuk lebih memperhatikan ruangan layanan kepada anggota seperti penyediaan
kursi lebih banyak dan pajangan dinding guna memberikan rasa nyaman kepada
anggota yang sedang melakukan transaksi. Diharapkan pula untuk lebih
meningkatkan dalam kegiatan promosi khusunya pada kegiatan periklanan
produk dan kegiatan publisitas. Sebaiknya periklanan dilakukan tidak hanya
melalui media sosial tapi juga dapat dilakukan melalui seperti penyebaran
brosur, pemasangan billboard di pinggir jalan, pemasangan spanduk dilokasi
tertentu, dan lain-lain. sehingga mampu memberikan informasi yang akurat
kepada masyarakat guna menarik minat masyarakat. Serta kegiatan promosi
melalui kegiatan publisitas diperbanyak lagi, sehingga mampu meningkatkan
pamor perusahaan di mata masyarakat.
2. Bagi peneliti selanjutnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti
tentang strategi pemasaran produk KSP Bakti Huria Cabang Bone dalam upaya
meningkatkan jumlah anggota. Maka diharapkan kepada peneliti selanjutnya
untuk meneliti terkait strategi pemasaran produk KSP Bakti Huria Cabang
Bone dalam upaya meningkatkan jumlah anggota menurut perspektif ekonomi
islam.
Ketersediaan
SFEBI20190236236/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

236/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top