Analisis Faktor Pengaruh Minat Masyarakat Dalam Berasuransi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Watampone
Nahdatun Nisya'ah Amal/01 15 5 100 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang faktor pengaruh
minat masyarakat dalam berasuransi. Skripsi ini dikembangkan kedalam beberapa
submasalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana pengaruh citra lembaga
terhadap minat masyarakat dalam berasuransi. 2) Bagaimana pengaruh produk
terhadap minat masyarakat dalam berasuransi. 3) Bagaimana harga produk terhadap
minat masyarakat dalam berasuransi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer
dengan memberikan kuesioner kepada nasabah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)
Cabang Watampone dengan jumlah sampel 70 responden dan teknik analisis yang
digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini dari uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh
hasil bahwa variabel citra lembaga, produk dan harga produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat masyarakat dalam berasuransi. Dimana citra lembaga
dengan t hitung > t tabel yaitu 2,925 > 1,668, produk dengan t hitung > t tabel yaitu 1,703 >
1,668 dan harga produk dengan t hitung > t tabel yaitu 1, 789 > 1,668. Dan diantara ketiga
variabel (citra lembaga, produk dan harga produk) dalam penelitian ini yang paling
dominan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam berasuransi yaitu variabel
citra lembaga, dimana t hitung > t tabel yaitu 2,925 > 1,668. Jadi, citra perusahaan yang
baik, dapat dipercaya dan memiliki rekam jejak yang baik dapat menarik minat
masyarakat dalam berasuransi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis faktor pengaruh minat
masyarakat dalam berasuransi penulis menyimpulkan bahwa :
1. Variabel citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat dalam berasuransi (t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,925 > 1,668).
Citra pada lingkungan eksternal perusahaan, dimana citra dari perusahaan
serta kekuatan akan muncul tergantung pada merek perusahaan serta
kekuatan dari merek tersebut. Citra akan menunjukkan baik atau buruknya
keberadaan peran dan fungsi perusahaan bagi seluruh pihak yang
berkepentingan atau terkait dengan perusahaan, khususnya pelanggan.
2. Variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat dalam berasuransi (t hitung > t tabel yaitu sebesar 1,703 > 1,668).
Dalam dunia bisnis, produk dapat berupa barang maupun jasa. Produk
barang dan jasa tentunya mesti diperhatikan ketika hendak ditawarkan
kepada pasar karena produk adalah sesuatu yang dikonsumsi sehingga
mengharuskan produk menghasilkan pemanfaatan.
3. Variabel harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat dalam berasuransi (t hitung > t tabel yaitu sebesar 1,789 > 1,668).
Dalam menetapkan harga produk, produsen atau lembaga harus
memperhitungkan biaya produksi sehingga tidak terlalu tinggi atau rendah
yang akan mempengaruhi konsumen dan produsen sendiri dalam
meningkatkan keuntungan.
B. Implikasi
Berdasarkan keterbatasan penelitian di atas, maka dapat disarankan hal-hal
sebagai berikut :
1. Bagi perusahaan PT. Asuransi Jiwasraya Cab. Watampone
Berdasarkan hasil penelitian ini, faktor yang kurang berpengaruh
terdapat pada variabel Produk (X2). Sebaiknya perusahaan terus menciptakan
produk yang bermanfaat dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dan
terus melakukan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat dari kota
sampai ke pedesaan.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambah jumlah variabel dan
mengeksplor lebih luas lagi mengenai penelitian in
minat masyarakat dalam berasuransi. Skripsi ini dikembangkan kedalam beberapa
submasalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana pengaruh citra lembaga
terhadap minat masyarakat dalam berasuransi. 2) Bagaimana pengaruh produk
terhadap minat masyarakat dalam berasuransi. 3) Bagaimana harga produk terhadap
minat masyarakat dalam berasuransi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer
dengan memberikan kuesioner kepada nasabah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)
Cabang Watampone dengan jumlah sampel 70 responden dan teknik analisis yang
digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini dari uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh
hasil bahwa variabel citra lembaga, produk dan harga produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat masyarakat dalam berasuransi. Dimana citra lembaga
dengan t hitung > t tabel yaitu 2,925 > 1,668, produk dengan t hitung > t tabel yaitu 1,703 >
1,668 dan harga produk dengan t hitung > t tabel yaitu 1, 789 > 1,668. Dan diantara ketiga
variabel (citra lembaga, produk dan harga produk) dalam penelitian ini yang paling
dominan berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam berasuransi yaitu variabel
citra lembaga, dimana t hitung > t tabel yaitu 2,925 > 1,668. Jadi, citra perusahaan yang
baik, dapat dipercaya dan memiliki rekam jejak yang baik dapat menarik minat
masyarakat dalam berasuransi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis faktor pengaruh minat
masyarakat dalam berasuransi penulis menyimpulkan bahwa :
1. Variabel citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat dalam berasuransi (t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,925 > 1,668).
Citra pada lingkungan eksternal perusahaan, dimana citra dari perusahaan
serta kekuatan akan muncul tergantung pada merek perusahaan serta
kekuatan dari merek tersebut. Citra akan menunjukkan baik atau buruknya
keberadaan peran dan fungsi perusahaan bagi seluruh pihak yang
berkepentingan atau terkait dengan perusahaan, khususnya pelanggan.
2. Variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat dalam berasuransi (t hitung > t tabel yaitu sebesar 1,703 > 1,668).
Dalam dunia bisnis, produk dapat berupa barang maupun jasa. Produk
barang dan jasa tentunya mesti diperhatikan ketika hendak ditawarkan
kepada pasar karena produk adalah sesuatu yang dikonsumsi sehingga
mengharuskan produk menghasilkan pemanfaatan.
3. Variabel harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
masyarakat dalam berasuransi (t hitung > t tabel yaitu sebesar 1,789 > 1,668).
Dalam menetapkan harga produk, produsen atau lembaga harus
memperhitungkan biaya produksi sehingga tidak terlalu tinggi atau rendah
yang akan mempengaruhi konsumen dan produsen sendiri dalam
meningkatkan keuntungan.
B. Implikasi
Berdasarkan keterbatasan penelitian di atas, maka dapat disarankan hal-hal
sebagai berikut :
1. Bagi perusahaan PT. Asuransi Jiwasraya Cab. Watampone
Berdasarkan hasil penelitian ini, faktor yang kurang berpengaruh
terdapat pada variabel Produk (X2). Sebaiknya perusahaan terus menciptakan
produk yang bermanfaat dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dan
terus melakukan sosialisasi kepada semua kalangan masyarakat dari kota
sampai ke pedesaan.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambah jumlah variabel dan
mengeksplor lebih luas lagi mengenai penelitian in
Ketersediaan
| SS20190060 | 60/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
60/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
