Analisi Strategi Pemasaran Jual Beli Online Dengna Sistem Pembayaran Transfer Dan COD (Cash On Delivery) (Studi Kasus Mahasiswa IAIN BONE)
Andi Wandi Mardiansyah/01.15.5.115 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Analisis Strategi Pemasaran Jual Beli Online
Dengan Sistem Pembayaran Transfer Dan COD (Cash On Delivery). Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi pemasaran jual beli online dan
bagaimana tingkat efektifitas pola pembayaran transfer dan COD. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan
untuk mendapatkan data di lapangan pada mahasiswa IAIN Bone. Masalah ini
dianalisis dengan pendekatan sosiologis dan pendekatan Sosiokonomi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran jual beli online
dengan sistem pembayaran COD yaitu, Strategi produk, strategi harga, strategi
promosi, dan strategi distributor. Strategi produk dilakukan dengan cara memilih
kualitas, gaya, dan merek suatu produk, strategi harga dilakukan dengan cara melihat
kondisi mutu suatu produk, strategi promosi dilakukan dengan cara melakukan
publikasi dan periklanan, strategi tempat dilakukan dengan cara mempublikasikan di
media sosial, pada pola pembayaran transfer dan COD dapat dilihat jika konsumen
berada di luar wilayah, pembayaran dengan sistem COD jika produk atau barang sudah
sampai ke distributor, dan konsumen melakukan pembayar di tempat
A. Kesimpulan
1. Strategi pemasaran jual beli online yang dilakukan oleh para pengusaha di
tempat dengan berbagai cara. Diantaranya strategi pemasaran yang dilakukuan
antara lain. Strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi
distributor. Strategi produk dilakukan dengan cara memilih kualitas, gaya, dan
merek suatu produk, strategi harga dilakukan dengan cara melihat kondisi mutu
suatu produk, strategi promosi dilakukan dengan cara melakukan publikasi dan
periklanan, strategi tempat atau distributor dilakukan dengan cara mempublikasikan di media sosial.
2. Tingkat efektifitas pola pembayaran transfer dan COD dapat dilihat di sisi
kemanfaatan dan tingkat kebutuhan pengguna.
Adapun pembayaran model transfer dianggap efektif jika konsumen berada di
luar wilayah, sistem demikian juga terbilang aman, cepat, dan mudah pada saat
transaksi pembayaran di luar wilayah maupun dalam wilayah.
Adapun pembayaran model COD dianggap efektif jika produk atau barang sudah
sampai ke distributor, dan konsumen melakukan pembayar di tempat agar proses
transaksi sangat menyakinkan dan dapat dipercaya.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan diatas, maka akan dikemukakan
saran – saran yaitu:
Untuk usaha online shop mahasiswa IAIN BONE disarankan untuk
memanfaatkan kekuatan perusahaan yang ada secara optimal untuk
mengembangkan pemasaran produk yang anda jual dengan cara meningkatkan mutu
produk melalui suatu perusahaan. dan menangkap peluang secara maksimal dengan
memperluas pasar untuk pengembangan usaha online shop.
Untuk peneliti selanjutnya:
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan lebih informan tidak hanya pemilik
namun dapat menambahkan konsumen sebagai informannya. disamping itu
diharapkan menggunakan metode dan alat uji yang lebih lengkap dan akurat
sehingga diperoleh data yang lebih valid.
Dengan Sistem Pembayaran Transfer Dan COD (Cash On Delivery). Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi pemasaran jual beli online dan
bagaimana tingkat efektifitas pola pembayaran transfer dan COD. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah Field research yaitu suatu jenis penelitian yang digunakan
untuk mendapatkan data di lapangan pada mahasiswa IAIN Bone. Masalah ini
dianalisis dengan pendekatan sosiologis dan pendekatan Sosiokonomi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran jual beli online
dengan sistem pembayaran COD yaitu, Strategi produk, strategi harga, strategi
promosi, dan strategi distributor. Strategi produk dilakukan dengan cara memilih
kualitas, gaya, dan merek suatu produk, strategi harga dilakukan dengan cara melihat
kondisi mutu suatu produk, strategi promosi dilakukan dengan cara melakukan
publikasi dan periklanan, strategi tempat dilakukan dengan cara mempublikasikan di
media sosial, pada pola pembayaran transfer dan COD dapat dilihat jika konsumen
berada di luar wilayah, pembayaran dengan sistem COD jika produk atau barang sudah
sampai ke distributor, dan konsumen melakukan pembayar di tempat
A. Kesimpulan
1. Strategi pemasaran jual beli online yang dilakukan oleh para pengusaha di
tempat dengan berbagai cara. Diantaranya strategi pemasaran yang dilakukuan
antara lain. Strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi
distributor. Strategi produk dilakukan dengan cara memilih kualitas, gaya, dan
merek suatu produk, strategi harga dilakukan dengan cara melihat kondisi mutu
suatu produk, strategi promosi dilakukan dengan cara melakukan publikasi dan
periklanan, strategi tempat atau distributor dilakukan dengan cara mempublikasikan di media sosial.
2. Tingkat efektifitas pola pembayaran transfer dan COD dapat dilihat di sisi
kemanfaatan dan tingkat kebutuhan pengguna.
Adapun pembayaran model transfer dianggap efektif jika konsumen berada di
luar wilayah, sistem demikian juga terbilang aman, cepat, dan mudah pada saat
transaksi pembayaran di luar wilayah maupun dalam wilayah.
Adapun pembayaran model COD dianggap efektif jika produk atau barang sudah
sampai ke distributor, dan konsumen melakukan pembayar di tempat agar proses
transaksi sangat menyakinkan dan dapat dipercaya.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan diatas, maka akan dikemukakan
saran – saran yaitu:
Untuk usaha online shop mahasiswa IAIN BONE disarankan untuk
memanfaatkan kekuatan perusahaan yang ada secara optimal untuk
mengembangkan pemasaran produk yang anda jual dengan cara meningkatkan mutu
produk melalui suatu perusahaan. dan menangkap peluang secara maksimal dengan
memperluas pasar untuk pengembangan usaha online shop.
Untuk peneliti selanjutnya:
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan lebih informan tidak hanya pemilik
namun dapat menambahkan konsumen sebagai informannya. disamping itu
diharapkan menggunakan metode dan alat uji yang lebih lengkap dan akurat
sehingga diperoleh data yang lebih valid.
Ketersediaan
| SSYA20190564 | 564/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
564/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
