Pengaruh Produk Pembiayaan Arrum Haji terhadap Kemudahan Nasabah dalam Menunaikan Ibadah Haji (Studi pada Unit Pegadaian Syariah Kab.Bone)
Karlina/01.15.5123 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk pembiayaan arrum
haji terhadap kemudahan nasabah dalam menunaikan ibadah haji studi pada unit
pegadaian syariah Kab.Bone.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan
data dengan kuesioner/angket dan dokumentasi.Populasi pada penelitian ini adalah
Mahasiswa Program Studi perbankan Syariah IAIN Bone Angkatan 2015.Penarikan
sampel menggunakan metode sampel jenuh mengingat populasi yang ada di unit
pegadaian syariah Kab.Bone kurang dari 50 sehingga diperoleh 30 sampel.Teknik
analisis yang digunakan meliputi, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linier
sederhana, uji hipotesis t, dan uji koefisien determinasi (R2).Pengujian dilakukan
dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan produk
pembiayaan (X) terhadap keputusan nasabah (Y).Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan
hasil uji t yaitu menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t
hitung 3,429 > nilai t tabel 1,701. Dari hasil uji koefisien determinasi, variabel label
halal menerangkan variabel keputusan pembelian sebesar 29,6 %. Sisanya 70,4%
diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan kesimpulan dan analisis data yang telah dilakukan untuk
menjawab rumusan masalah, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Ada pengaruh yang signifikan produk pembiayaan terhadap keputusan nasabah
pada unit pegadaian syariah Kab.Bone. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif dengan persamaan yang
didapatkan adalah Y =27,592 + 0,459X. Kemudian pada hasil uji t yaitu
menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.002 nilai t tabel 1,701.
2. Besar pengaruh produk pembiayaan arrum haji terhadap kemudahan nasabah
dalam menunaikan ibadah haji melalui pegadaian syariah di Kab. Bone
berdasarkan hasil uji Koefisien Determinasi (R2) adalah 0,296%.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan, dan merumuskan kesimpulan dari
hasil penelitian, maka peneliti akan memberikan saran beberapa saran yang berkaitan
dengan penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan bahan
pertimbangan yanng berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Diantaranya adalahsebagai berikut:
1. PT.Pegadaian syariah dapat lebih meningkatkan kemudahan dari segi
persyaratan dan realisasi pembiayaan, karena persaingan dalam usaha
pembiayaan haji semakin marak dan ketat, maka dari itu pegadaian syariah
baiknya lebih meningkatkan produk pembiayaan sebagai strategi promosi untuk
menarik dan meningkatkan nasabah yang menggunakan produk arrum haji di
unit pegadaian syariah Kab.Bone.
2. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan untuk lebih mengeskplor faktor-faktor
yang memengaruhi variabel keputusan nasabah selaian produk pembiayaan
arrum haji yang telah di paparkan peneliti, serta dalam penelitian ini tidak
mewakili seluruh karakter nasabah arrum haji karena nasabah arrum haji di unit
pegadaian syariah Kab.Bone masih tergolong sedikit dikarenakan produk arrum
haji ini merupakan produk baru dari unit pegadaian syariah Kab.Bone. hal ini
dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis sehingga diharapkan untuk
penelitian selanjutnya agar lebih dapat menyempurnakan penelitian selanjutnya.
haji terhadap kemudahan nasabah dalam menunaikan ibadah haji studi pada unit
pegadaian syariah Kab.Bone.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan
data dengan kuesioner/angket dan dokumentasi.Populasi pada penelitian ini adalah
Mahasiswa Program Studi perbankan Syariah IAIN Bone Angkatan 2015.Penarikan
sampel menggunakan metode sampel jenuh mengingat populasi yang ada di unit
pegadaian syariah Kab.Bone kurang dari 50 sehingga diperoleh 30 sampel.Teknik
analisis yang digunakan meliputi, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linier
sederhana, uji hipotesis t, dan uji koefisien determinasi (R2).Pengujian dilakukan
dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan produk
pembiayaan (X) terhadap keputusan nasabah (Y).Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan
hasil uji t yaitu menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t
hitung 3,429 > nilai t tabel 1,701. Dari hasil uji koefisien determinasi, variabel label
halal menerangkan variabel keputusan pembelian sebesar 29,6 %. Sisanya 70,4%
diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan kesimpulan dan analisis data yang telah dilakukan untuk
menjawab rumusan masalah, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Ada pengaruh yang signifikan produk pembiayaan terhadap keputusan nasabah
pada unit pegadaian syariah Kab.Bone. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif dengan persamaan yang
didapatkan adalah Y =27,592 + 0,459X. Kemudian pada hasil uji t yaitu
menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.002 nilai t tabel 1,701.
2. Besar pengaruh produk pembiayaan arrum haji terhadap kemudahan nasabah
dalam menunaikan ibadah haji melalui pegadaian syariah di Kab. Bone
berdasarkan hasil uji Koefisien Determinasi (R2) adalah 0,296%.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian, pembahasan, dan merumuskan kesimpulan dari
hasil penelitian, maka peneliti akan memberikan saran beberapa saran yang berkaitan
dengan penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan bahan
pertimbangan yanng berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Diantaranya adalahsebagai berikut:
1. PT.Pegadaian syariah dapat lebih meningkatkan kemudahan dari segi
persyaratan dan realisasi pembiayaan, karena persaingan dalam usaha
pembiayaan haji semakin marak dan ketat, maka dari itu pegadaian syariah
baiknya lebih meningkatkan produk pembiayaan sebagai strategi promosi untuk
menarik dan meningkatkan nasabah yang menggunakan produk arrum haji di
unit pegadaian syariah Kab.Bone.
2. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan untuk lebih mengeskplor faktor-faktor
yang memengaruhi variabel keputusan nasabah selaian produk pembiayaan
arrum haji yang telah di paparkan peneliti, serta dalam penelitian ini tidak
mewakili seluruh karakter nasabah arrum haji karena nasabah arrum haji di unit
pegadaian syariah Kab.Bone masih tergolong sedikit dikarenakan produk arrum
haji ini merupakan produk baru dari unit pegadaian syariah Kab.Bone. hal ini
dikarenakan keterbatasan kemampuan penulis sehingga diharapkan untuk
penelitian selanjutnya agar lebih dapat menyempurnakan penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| SFEBI20190539 | 539/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
539/2019
Penerbit
IAIN BONE : ., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
