Pengaruh Bantuan Beasiswa dan Belanja Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Penerima Beasiswa Bidikmisi IAIN Bone Periode 2015-2017)
Armeliati Maharani Putri/01.15.5113 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang hubungan bantuan beasiswa bidikmisi dengan
belanja mahasiswa terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa
bidikmisi di IAIN Bone khususnya bagi periode 2015-2017. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bantuan
beasiswa dengan belanja mahasiswa terhadap prestasi belajar.
Berdasarkan dari analisis datanya, maka jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif karena menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden.
Adapun jumlah populasinya sebanyak 240 orang. Sedangkan jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 70 orang yang diambil secara acak dari angkatan 2015-
2017. Data sekunder penelitian ini bersumber dari pengumpulan dokumentasi berupa
nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa bidikmisi.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengujian uji-t dan
uji F. Pengolahan data dilakukan juga menggunakan alat bantu, yaitu Program
Aplikasi Pembantu Komputer IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil analisis
data, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan
antara bantuan beasiswa dengan belanja mahasiswa terhadap prestasi belajar.
Terbukti hasil uji F diperoleh nilai F hitung = 10,333 dengan taraf signifikan α = 0,05
melihat tabel distribusi maka diperoleh hasil adalah F tabel 3,13, maka diperoleh
perbandingan F hitung > F tabel (10,333 > 3,13) maka Ha diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan pada penjelasan pembahasan di atas dapat diuraikan sebagai
berikut :
1. Hasil analisis statistik pengujian hipotesis pertama menghasilkan nilai
t hitung > t tabel atau 2,769 > 1,677 dengan taraf signifikan 0,05% yang
berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara bantuan beasiswa dengan
tingkat prestasi belajar.
2. Hasil analisis statistik pengujian hipotesis kedua menghasilkan nilai
t hitung > t tabel atau 2,713 > 1,667 dengan taraf signifikan 0,05%, maka Ha
diterima. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara belanja
mahasiswa dengan tingkat prestasi belajar.
3. Dari hasil penelitian, dapat dilihat dari nilai koefisien determinasinya yang
menunjukkan nilai R Square sebesar 0,236. Hal ini berarti bahwa
pengaruh bantuan beasiswa dan belanja mahasiswa terhadap prestasi
belajar adalah sebesar 23,6%.
B. Saran
Adapun saran yang ingin diberikan penulis kepada pihak, yaitu sebagai
berikut :
1. Bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi IAIN Bone agar dapat
menjadi motivasi untuk terus belajar dan penggunaan beasiswa bidikmisi
tepat sasaran dalam kepentingan akademik untuk terus mempertahankan
dan meningkatkan prestasi belajarnya.
2. Bagi IAIN Bone agar dapat terus melakukan pemberian beasiswa kepada
mahasiwa yang kurang mampu terutama beasiswa bidikmisi, dengan
adanya beasiswa maka motivasi untuk belajar terus meningkat serta
mendapatkan prestasi yang memuaskan untuk mahasiswa itu sendiri dan
lebih hati-hati dalam penyeleksian mahasiswa bidikmisi.
3. Bagi peneliti lanjutan, agar dapat meneliti tentang beasiswa bidikmisi
dengan perkembangan situasi mahasiswa dalam peningkatan prestasi
belajar.
belanja mahasiswa terhadap tingkat prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa
bidikmisi di IAIN Bone khususnya bagi periode 2015-2017. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bantuan
beasiswa dengan belanja mahasiswa terhadap prestasi belajar.
Berdasarkan dari analisis datanya, maka jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif karena menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden.
Adapun jumlah populasinya sebanyak 240 orang. Sedangkan jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 70 orang yang diambil secara acak dari angkatan 2015-
2017. Data sekunder penelitian ini bersumber dari pengumpulan dokumentasi berupa
nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa bidikmisi.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengujian uji-t dan
uji F. Pengolahan data dilakukan juga menggunakan alat bantu, yaitu Program
Aplikasi Pembantu Komputer IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil analisis
data, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan
antara bantuan beasiswa dengan belanja mahasiswa terhadap prestasi belajar.
Terbukti hasil uji F diperoleh nilai F hitung = 10,333 dengan taraf signifikan α = 0,05
melihat tabel distribusi maka diperoleh hasil adalah F tabel 3,13, maka diperoleh
perbandingan F hitung > F tabel (10,333 > 3,13) maka Ha diterima.
A. Simpulan
Berdasarkan pada penjelasan pembahasan di atas dapat diuraikan sebagai
berikut :
1. Hasil analisis statistik pengujian hipotesis pertama menghasilkan nilai
t hitung > t tabel atau 2,769 > 1,677 dengan taraf signifikan 0,05% yang
berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara bantuan beasiswa dengan
tingkat prestasi belajar.
2. Hasil analisis statistik pengujian hipotesis kedua menghasilkan nilai
t hitung > t tabel atau 2,713 > 1,667 dengan taraf signifikan 0,05%, maka Ha
diterima. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara belanja
mahasiswa dengan tingkat prestasi belajar.
3. Dari hasil penelitian, dapat dilihat dari nilai koefisien determinasinya yang
menunjukkan nilai R Square sebesar 0,236. Hal ini berarti bahwa
pengaruh bantuan beasiswa dan belanja mahasiswa terhadap prestasi
belajar adalah sebesar 23,6%.
B. Saran
Adapun saran yang ingin diberikan penulis kepada pihak, yaitu sebagai
berikut :
1. Bagi mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi IAIN Bone agar dapat
menjadi motivasi untuk terus belajar dan penggunaan beasiswa bidikmisi
tepat sasaran dalam kepentingan akademik untuk terus mempertahankan
dan meningkatkan prestasi belajarnya.
2. Bagi IAIN Bone agar dapat terus melakukan pemberian beasiswa kepada
mahasiwa yang kurang mampu terutama beasiswa bidikmisi, dengan
adanya beasiswa maka motivasi untuk belajar terus meningkat serta
mendapatkan prestasi yang memuaskan untuk mahasiswa itu sendiri dan
lebih hati-hati dalam penyeleksian mahasiswa bidikmisi.
3. Bagi peneliti lanjutan, agar dapat meneliti tentang beasiswa bidikmisi
dengan perkembangan situasi mahasiswa dalam peningkatan prestasi
belajar.
Ketersediaan
| SFEBI20190432 | 432/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
432/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
