Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Sikap Ikhtiar Peserta Didik (Studi pada Siswa SMA Negeri 20 Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap
ikhtiar peserta didik (studi pada siswa SMA Negeri 20 Bone). Tujuan penelitian
ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif mengenai upaya guru PAI dalam
menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik di SMA Negeri 20 Bone, kontribusi
guru PAI dalam menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik di SMA Negeri 20
Bone dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam menumbuhkan
sikap ikhtiar peserta didik di SMA Negeri 20 Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah
metode Field research yaitu dengan terjun langsung ke lokasi penelitian (SMA
Negeri 20 Bone) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan
dengan skripsi ini dengan menggunakan pendekatan paedagogik dan teologis
normatif. Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara,
dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data yang digunakan yaitu secara
kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data,
penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Upaya guru PAI dalam
menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik di SMA Negeri 20 Bone yaitu dengan
selalu membimbing dan membina peserta didik untuk menumbuhkan sikap ikhtiar
dalam kehidupan sehari-hari melalui motivasi, pembiasaan, keteladanan, hukuman
dan penyajian fakta. 2) kontribusi guru PAI dalam menumbuhkan sikap ikhtiar
peserta didik di SMA Negeri 20 Bone yaitu telah banyak memberikan sumbangan
kepada peserta didik. karena telah mengalami perubahan, mulai dari peningkatan
ilmu pengetahuan, usaha untuk bersungguh-sungguh untuk mencapai apa yang
dicita-citakan, dan juga peningkatan sikap, yang dulu kurang baik etikanya,
sekarang sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya. 3) Faktor-faktor yang
mendukung dan menghambat dalam menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik di
SMA Negeri 20 Bone yaitu faktor pendukung adanya kesadaran masing-masing
guru untuk menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik. Sedangkan faktor
penghambat yang dialami oleh guru PAI di SMA Negeri 20 Bone adalah faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal termasuk pihak pendidik dan peserta
didik sedangkan faktor eksternal yaitu faktor lingkungan (pergaulan).
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Upaya guru PAI dalam menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik di SMA
Negeri 20 Bone yaitu dengan selalu membimbing dan membina peserta didik
untuk menumbuhkan sikap ikhtiar dalam kehidupan sehari-hari melalui
motivasi, pembiasaan, keteladanan, hukuman dan penyajian fakta.
2. Kontribusi guru PAI dalam menumbuhkan sikap ikhtiar peserta didik di SMA
Negeri 20 Bone yaitu telah banyak memberikan sumbangan kepada peserta
didik karena telah mengalami perubahan, mulai dari peningkatan ilmu
pengetahuan, usaha untuk bersungguh-sungguh untuk mencapai apa yang
dicita-citakan dan juga peningkatan sikap yang dulu kurang baik etikanya
sekarang sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya.
3. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam menumbuhkan sikap
ikhtiar peserta didik di SMA Negeri 20 Bone yaitu faktor pendukung adanya
kesadaran masing-masing guru untuk menumbuhkan sikap ikhtiar peserta
didik. Selain dari faktor pendukung terdapat pula penghambat dalam
menumbuhkan sikap ikhtiar . Faktor penghambat yang dialami oleh guru PAI
di SMA Negeri 20 Bone adalah faktor internal dan faktor eksternal.
a. Faktor internal temasuk pihak pendidik yaitu kurang memahami kepribadian
peserta didik karena waktu yang sangat terbatas dan jumlah peserta didik yang
banyak. Sedangkan pihak peserta didik yaitu kurang fokus memperhatikan ketika
guru menjelaskan tentang ikhtiar.
b. Faktor eksternal yaitu faktor lingkungan (pergaulan) yang mempengaruhi peserta
didik untuk kurang menumbuhkan sikap ikhtiar dan faktor sarana prasarana
seperti media sosial.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya
menyarankan sebagai berikut :
1. Kepada guru PAI
Dalam upaya menumbuhkan sikap ikhtiar, hendaknya menyadari
bahwa tidak semua peserta didik memiliki kesadaran untuk belajar
bersungguh-sungguh. Untuk itu guru harus senantiasa memperhatikan peserta
didik yang kurang fokus dalam belajar PAI.
2. Kepada peserta didik
Agar apa yang menjadi impian, hendaknya harus selalu bersikap aktif
dalam proses pembelajaran dan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan
kefahaman ilmu pengetahuan serta selalu berprilaku terpuji untuk membentuk
pribadi yang baik.
3. Kepada peneliti selanjutnya
Kepada peneliti selanjutnya diharapkan semoga dapat melakukan
penelitian lanjutan sehingga dapat membantu guru PAI untuk menumbuhkan
sikap ikhtiar peserta didik.
Ketersediaan
ST2018001919/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

19/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top