Urgensi Pembiasaan Berdoa Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Studi Kasus Pada Santri TK/TPA Nurul Huda Galung)
Dedy Fahri/02.10.1038 - Personal Name
Skripsi ini membahas masalah “Urgensi Pembiasaan Berdoa Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Studi Kasus Pada Santri TK/TPA Nurul Huda Galung”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang bagaimana Urgensi Pembiasaan Berdoa Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam.
Dengan pembiasaan berdoa yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dapat melahirkan beberapa karakter religius pada anak yaitu: sifat tawakkal, pandai bersyukur yang menjauhkan sifat takabbur pada anak, sifat keihklasan, usaha tidak cukup tapi perlu dibarengi doa, menanamkan sifat akan keterbatasan manusia, dan menanamkan sifat tolong-menolong. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode induktif selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Urgensi Pembiasaan Berdoa Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Studi Kasus Pada Santri TK/TPA Nurul Huda Galung, yaitu melakukan pembiasaan berdoa dengan baik dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap santri TK/TPA Nurul Huda Galung. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari anak-anak yang menuju kedewasaan dapat menjadikan contoh kepada setiap sesama manusia.
Pola Pelaksanaan pembiasaan berdoa pada TK/TPA Nurul Huda Galung dapat mengajarkan anak didik untuk melakukan pembiasaan berdoa sejak usia dini agar mereka tetap melaksanakan kebiasaan tersebut sehingga kematangan beragamanya tetap terjaga hingga akhirusia.Kebiasaan berdoa termasuk salah satu metode yang tepat dan efektif di dalam sebuah pembelajaran terhadap anak usia dini. Seiring dengan perkembangan pola berfikirnya maka, orang tua juga harus mendidik tentang setiap waktu harus berdoa kepada Allah.
A.Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1.Pelaksanaan Pembiasaan Berdoa Pada TKA-TPA Nurul Huda Galung yaitu ada beberapa yang dilakukan pembiasaan berdoa pada anak TK/TPA Nurul Huda Galung seperti dengan melakukan proses pengajaran Al-Qur’an dan kurikulum TK/TPA sudah ditentukan oleh pusat sehingga dalam pelaksanaanya dapat dilakukan serentak agar dapat berguna bagi kedua orang tua, selain itu dapat pula berguna bagi diri sendiri, dan dalam jumlah waktu yang dilaksanakan tergantung dari kesepakatan oleh para ustadz/ustadzah dan dilakukan pada setiap awal pertemuan proses belajar menagajar.
2.Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang dihasilkan melalui pembiasaan berdoa di TK/TPA Nurul Huda Galung yaitu dalam melakukan proses pembelajaran Al-Qura’an dan pembiasaan berdoa pada anak perlu tekhnik-tekhnik yang diberikan kepada santrinya agar mereka tetap termotivasi menerima yang telah diberikan dengan ini ketika santri yang tidak mengikuti diperintahkan oelh ustadzahnya maka diberikan suatu hukuman yang sesuai dengan kemampuan santri misalnya yang berupa menghafal doa-doa maupun bacaan shalat sehingga hasil dari hukuman yang diberikan tentu dapat di evaluasi kembali supaya dapat bermanfaat dan berguna baginya.
B.Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Pesantren TK/TPA Nurul Huda Galung agar kiranya dalam pelaksanaan pengajaran Al-Qur’an perlu adanya strategi ataupun teknik karena melihat dari anak-anak yang masih dalam tahapan proses tentu juga memerlukan hal-hal yang bisa menarik untuk diri menerima proses pembelajaran Al-Qur’an khususnya untuk pembiasaan berdoa pada anak. .
2.Pada pembiasaan berdoa santri kurang diawasi oleh Ustadz dan ustadzahnya dengan ini diperlukan adanya bimbingan pengawasan tertentu baik dengan melakukan sebuah pelatihan ataupun diberikan ketegasan oleh kepala unit agar para santrinya bisa kembali lebih baik.
3.Untuk pihak STAIN Watampone khususnya kepustakaan agar lebih banyak menyediakan referensi-referensi khususnya referensi tentang buku doa-doa.
Dengan pembiasaan berdoa yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dapat melahirkan beberapa karakter religius pada anak yaitu: sifat tawakkal, pandai bersyukur yang menjauhkan sifat takabbur pada anak, sifat keihklasan, usaha tidak cukup tapi perlu dibarengi doa, menanamkan sifat akan keterbatasan manusia, dan menanamkan sifat tolong-menolong. Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode induktif selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Urgensi Pembiasaan Berdoa Sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Studi Kasus Pada Santri TK/TPA Nurul Huda Galung, yaitu melakukan pembiasaan berdoa dengan baik dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap santri TK/TPA Nurul Huda Galung. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari anak-anak yang menuju kedewasaan dapat menjadikan contoh kepada setiap sesama manusia.
Pola Pelaksanaan pembiasaan berdoa pada TK/TPA Nurul Huda Galung dapat mengajarkan anak didik untuk melakukan pembiasaan berdoa sejak usia dini agar mereka tetap melaksanakan kebiasaan tersebut sehingga kematangan beragamanya tetap terjaga hingga akhirusia.Kebiasaan berdoa termasuk salah satu metode yang tepat dan efektif di dalam sebuah pembelajaran terhadap anak usia dini. Seiring dengan perkembangan pola berfikirnya maka, orang tua juga harus mendidik tentang setiap waktu harus berdoa kepada Allah.
A.Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1.Pelaksanaan Pembiasaan Berdoa Pada TKA-TPA Nurul Huda Galung yaitu ada beberapa yang dilakukan pembiasaan berdoa pada anak TK/TPA Nurul Huda Galung seperti dengan melakukan proses pengajaran Al-Qur’an dan kurikulum TK/TPA sudah ditentukan oleh pusat sehingga dalam pelaksanaanya dapat dilakukan serentak agar dapat berguna bagi kedua orang tua, selain itu dapat pula berguna bagi diri sendiri, dan dalam jumlah waktu yang dilaksanakan tergantung dari kesepakatan oleh para ustadz/ustadzah dan dilakukan pada setiap awal pertemuan proses belajar menagajar.
2.Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang dihasilkan melalui pembiasaan berdoa di TK/TPA Nurul Huda Galung yaitu dalam melakukan proses pembelajaran Al-Qura’an dan pembiasaan berdoa pada anak perlu tekhnik-tekhnik yang diberikan kepada santrinya agar mereka tetap termotivasi menerima yang telah diberikan dengan ini ketika santri yang tidak mengikuti diperintahkan oelh ustadzahnya maka diberikan suatu hukuman yang sesuai dengan kemampuan santri misalnya yang berupa menghafal doa-doa maupun bacaan shalat sehingga hasil dari hukuman yang diberikan tentu dapat di evaluasi kembali supaya dapat bermanfaat dan berguna baginya.
B.Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Pesantren TK/TPA Nurul Huda Galung agar kiranya dalam pelaksanaan pengajaran Al-Qur’an perlu adanya strategi ataupun teknik karena melihat dari anak-anak yang masih dalam tahapan proses tentu juga memerlukan hal-hal yang bisa menarik untuk diri menerima proses pembelajaran Al-Qur’an khususnya untuk pembiasaan berdoa pada anak. .
2.Pada pembiasaan berdoa santri kurang diawasi oleh Ustadz dan ustadzahnya dengan ini diperlukan adanya bimbingan pengawasan tertentu baik dengan melakukan sebuah pelatihan ataupun diberikan ketegasan oleh kepala unit agar para santrinya bisa kembali lebih baik.
3.Untuk pihak STAIN Watampone khususnya kepustakaan agar lebih banyak menyediakan referensi-referensi khususnya referensi tentang buku doa-doa.
Ketersediaan
| ST20150241 | 241/2015 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
241/2015
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
