Efektifitas Sistem Online Payment Point (SOPP) dalam Peningkatan Pelayanan PT. Pos Indonesia Cabang Bone
Bevi Vera/ 01.14.307 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang efektivitas Sistem Online Payment Point
(SOPP) dalam peningkatan pelayanan pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone.
Efektivitas Sistem Online Payment Point (SOPP) dapat di lihat dari segi
efektivitas kinerja dan durasi waktu pelayanan yang digunakan untuk
menyelesaikan satu transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP), dengan
tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Efektifitas Sistem Online Payment Point
(SOPP), (2) Penerapan Sistem Online Payament Point (SOPP) dalam
meningkatkan pelayanan PT. Pos Indonesia Cabang Bone.
Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian diatas, maka jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (file research), dan jenis
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Data yang telah diperoleh
kemudian diolah menggunakan teknik analisis efektifitas kinerja, meliputi target
dan realisasi transaksi, serta durasi waktu pelayanan transaksi Sistem Online
Payment Point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone.
Hasil analisis menunjukkan bahwa efektifitas Sistem Online Payment
Point (SOPP) pada tahun 2016 mencapai 420% dengan kriteria efektifitas kinerja
sangat efektif, sedangkan pada tahun 2017 mencapai 441% dengan kriteria
efektifitas sangat efektif. Dari segi durasi waktu pelayanan, Sistem Online
Payment Point (SOPP) dapat dikatakan efektif apabila realisasi transaksi selama
satu bulan yaitu sejumlah 6.000 transaksi, dan sesuai dengan data yang diperoleh
bahwa transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP) yang terealisasi setiap
bulannya pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone yaitu di atas 6.000 transaksi. Hal
tersebut menunjukkan bahwa dari segi durasi waktu pelayanan Sistem Online
Payment Point (SOPP) dapat di katakana efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan penilaian efektifitas kinerja yang telah di lakukan dengan
menggunakan data-data transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP) pada
tahun 2016 dan 2017 yang telah diperoleh dari PT. Pos Indonesia Cabang Bone
dapat di tarik kesimpulan bahwa :
1. Sistem Online Payment Point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone
dapat dikatakan efektif sebab target yang ditentukan oleh PT. Pos Indonesia
yang berlaku untuk PT. Pos Indonesia Cabang Bone yaitu sebesar 1.868
transaksi perbulan, sedangkan pada tahun 2016 transaksi terendah yang
terealisasi berada pada bulan Juli sejumlah 6.129 transaksi, dengan efektifitas
kinerja 328% termaksud kategori sangat efektif. Pada tahun 2017 transaksi
terendah yang terealisasi berada pada bulan Juni sejumlah 7.495 transaksi
dengan efektifitas kinerja 401% termaksud kategori sangat efektif.
2. Durasi waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan transaksi Sistem Online
Payment Point (SOPP) yaitu 3 menit per satu transaksi. Sehingga transaksi
yang dapat dilakukan bersadarkan hitungan durasi waktu pelayanan yaitu
sebanyak 6.000 transaksi perbulan. Dengan waktu pelayanan 3 menit dalam
satu transaksi maka hal tersebut mempercepat proses pelayanan, sehingga
konsumen terlayani dengan cepat, dengan begitu perkerjaan para karyawan
juga dapat selesai dengan cepat dan tepat. Karyawan PT. Pos Indoneisa
Cabang Bone telah memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen
dengan memanfaatkan teknologi informasi.
B. Implikasi
Efektifitas Sistem Online Payment Point (SOPP) merupakan hal penting
yang harus di ketahui oleh PT. Pos Indonesia Cabang Bone. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan maka dapat dibuat saran sebagai berikut :
1. PT. Pos Indonesia Cabang Bone sebaiknya menentukan sendiri target
transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP), sehingga target transaksi
Sistem Online Payment Point (SOPP) tidak hanya berpatokan pada target yang
telah di tentukan oleh kantor pusat, sebab target yang di tentukan oleh kantor
pusat terlalu rendah jika di bandingkan dengan pencapaian yang di peroleh
oleh kanror PT. Pos Indonesia Cabang Bone. Penentuan Target transaksi juga
dapat diperbaharui setiap priode untuk mengukur peningkatan kinerja
perusahaan.
2. PT. Pos Indonesia Cabang Bone perlu memperhatikan beberapa hal mengenai
pelayanan atau fasilitas yang diberikan kepada konsumen yaitu seperti lahan
parkir yang terdapat di PT. Pos Indonesia Cabang Bone kurang luas,
menerapkan budaya senyum salam dan sapa oleh karyawan kepada konsumen,
memberikan fokus perhatian kepada setiap konsumen, menjelaskan hal yang
tidak di ketahui oleh konsumen dengan menggunakan bahasa yang mudah
dipahami. Selalu mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan agar konsumen
tetap merasa nyaman dan puas atas pelayanan yang di berikan.
(SOPP) dalam peningkatan pelayanan pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone.
Efektivitas Sistem Online Payment Point (SOPP) dapat di lihat dari segi
efektivitas kinerja dan durasi waktu pelayanan yang digunakan untuk
menyelesaikan satu transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP), dengan
tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Efektifitas Sistem Online Payment Point
(SOPP), (2) Penerapan Sistem Online Payament Point (SOPP) dalam
meningkatkan pelayanan PT. Pos Indonesia Cabang Bone.
Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian diatas, maka jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (file research), dan jenis
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Data yang telah diperoleh
kemudian diolah menggunakan teknik analisis efektifitas kinerja, meliputi target
dan realisasi transaksi, serta durasi waktu pelayanan transaksi Sistem Online
Payment Point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone.
Hasil analisis menunjukkan bahwa efektifitas Sistem Online Payment
Point (SOPP) pada tahun 2016 mencapai 420% dengan kriteria efektifitas kinerja
sangat efektif, sedangkan pada tahun 2017 mencapai 441% dengan kriteria
efektifitas sangat efektif. Dari segi durasi waktu pelayanan, Sistem Online
Payment Point (SOPP) dapat dikatakan efektif apabila realisasi transaksi selama
satu bulan yaitu sejumlah 6.000 transaksi, dan sesuai dengan data yang diperoleh
bahwa transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP) yang terealisasi setiap
bulannya pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone yaitu di atas 6.000 transaksi. Hal
tersebut menunjukkan bahwa dari segi durasi waktu pelayanan Sistem Online
Payment Point (SOPP) dapat di katakana efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan penilaian efektifitas kinerja yang telah di lakukan dengan
menggunakan data-data transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP) pada
tahun 2016 dan 2017 yang telah diperoleh dari PT. Pos Indonesia Cabang Bone
dapat di tarik kesimpulan bahwa :
1. Sistem Online Payment Point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia Cabang Bone
dapat dikatakan efektif sebab target yang ditentukan oleh PT. Pos Indonesia
yang berlaku untuk PT. Pos Indonesia Cabang Bone yaitu sebesar 1.868
transaksi perbulan, sedangkan pada tahun 2016 transaksi terendah yang
terealisasi berada pada bulan Juli sejumlah 6.129 transaksi, dengan efektifitas
kinerja 328% termaksud kategori sangat efektif. Pada tahun 2017 transaksi
terendah yang terealisasi berada pada bulan Juni sejumlah 7.495 transaksi
dengan efektifitas kinerja 401% termaksud kategori sangat efektif.
2. Durasi waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan transaksi Sistem Online
Payment Point (SOPP) yaitu 3 menit per satu transaksi. Sehingga transaksi
yang dapat dilakukan bersadarkan hitungan durasi waktu pelayanan yaitu
sebanyak 6.000 transaksi perbulan. Dengan waktu pelayanan 3 menit dalam
satu transaksi maka hal tersebut mempercepat proses pelayanan, sehingga
konsumen terlayani dengan cepat, dengan begitu perkerjaan para karyawan
juga dapat selesai dengan cepat dan tepat. Karyawan PT. Pos Indoneisa
Cabang Bone telah memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen
dengan memanfaatkan teknologi informasi.
B. Implikasi
Efektifitas Sistem Online Payment Point (SOPP) merupakan hal penting
yang harus di ketahui oleh PT. Pos Indonesia Cabang Bone. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan maka dapat dibuat saran sebagai berikut :
1. PT. Pos Indonesia Cabang Bone sebaiknya menentukan sendiri target
transaksi Sistem Online Payment Point (SOPP), sehingga target transaksi
Sistem Online Payment Point (SOPP) tidak hanya berpatokan pada target yang
telah di tentukan oleh kantor pusat, sebab target yang di tentukan oleh kantor
pusat terlalu rendah jika di bandingkan dengan pencapaian yang di peroleh
oleh kanror PT. Pos Indonesia Cabang Bone. Penentuan Target transaksi juga
dapat diperbaharui setiap priode untuk mengukur peningkatan kinerja
perusahaan.
2. PT. Pos Indonesia Cabang Bone perlu memperhatikan beberapa hal mengenai
pelayanan atau fasilitas yang diberikan kepada konsumen yaitu seperti lahan
parkir yang terdapat di PT. Pos Indonesia Cabang Bone kurang luas,
menerapkan budaya senyum salam dan sapa oleh karyawan kepada konsumen,
memberikan fokus perhatian kepada setiap konsumen, menjelaskan hal yang
tidak di ketahui oleh konsumen dengan menggunakan bahasa yang mudah
dipahami. Selalu mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan agar konsumen
tetap merasa nyaman dan puas atas pelayanan yang di berikan.
Ketersediaan
| SS20180033 | 33/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
33/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
