Kontribusi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDN 13 Biru Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Dian Kurniawan/02. 13. 3172 - Personal Name
Skripsi ini membahas “Kontribusi Manajaemen Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDN 13 Biru Kelurahan Biru Kecamatan Tanete Riattang”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan manajemen kelas dan kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat pada upaya seluruh guru mata pelajaran berperan aktif dalam berbagai kegiatan di kelas yang meliputi: Perencanaan pembelajaran seperti kegiatan: a). Guru menyusun rencana program pembelajaran, b). Program mengajar di konsultasikan dengan kepala sekolah, c). Penataan ruang kelas. Kegiatan Pengorganisasian kelas yang meliputi: a). Pengorganisasian kegiatan intra kelas, b). Organisasi kegiatan belajar mengajar, c). Mengorganisasikan personil kelas. Kegiatan membangun iklim pembelajaran yang meliputi: a). Membangun kerja sama dengan siswa dalam pembelajaran, b). Guru berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, c). Guru berusaha menyederhanakan materi pelajaran yang sulit, d). Menciptakan suasana pembelajaran yang serius, santai dan diselingi rasa humor.
Kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah melalui efektifitas proses kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun kualitas pembelajaran siswa yang dimaksud yaitu: pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang dicapai siswa.
A.Simpulan
1.Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat pada upaya seluruh guru mata pelajaran berperan aktif dalam berbagai kegiatan di kelas yang meliputi: Perencanaan pembelajaran seperti kegiatan: a). Guru menyusun rencana program pembelajaran, b). Program mengajar di konsultasikan dengan kepala sekolah, c). Penataan ruang kelas. Kegiatan Pengorganisasian kelas yang meliputi: a). Pengorganisasian kegiatan intra kelas, b). Organisasi kegiatan belajar mengajar, c). Mengorganisasikan personil kelas. Kegiatan membangun iklim pembelajaran yang meliputi: a). Membangun kerja sama dengan siswa dalam pembelajaran, b). Guru berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, c). Guru berusaha menyederhanakan materi pelajaran yang sulit, d). Menciptakan suasana pembelajaran yang serius, santai dan diselingi rasa humor.
2.Kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah melalui efektifitas proses kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun kualitas pembelajaran siswa yang dimaksud yaitu: pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang dicapai siswa.
B.Saran
1.Pihak sekolah perlu memperhatikan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.
2.Para guru kelas dan guru mata pelajaran diharapkan mampu mengatur kelas dengan baik agar proses dan hasil pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diharapkan.
3.Untuk Peserta didik, agar selalu berusaha menjalin kerja sama yang baik dengan guru dalam proses kegiatan belajar di dalam kelas.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat pada upaya seluruh guru mata pelajaran berperan aktif dalam berbagai kegiatan di kelas yang meliputi: Perencanaan pembelajaran seperti kegiatan: a). Guru menyusun rencana program pembelajaran, b). Program mengajar di konsultasikan dengan kepala sekolah, c). Penataan ruang kelas. Kegiatan Pengorganisasian kelas yang meliputi: a). Pengorganisasian kegiatan intra kelas, b). Organisasi kegiatan belajar mengajar, c). Mengorganisasikan personil kelas. Kegiatan membangun iklim pembelajaran yang meliputi: a). Membangun kerja sama dengan siswa dalam pembelajaran, b). Guru berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, c). Guru berusaha menyederhanakan materi pelajaran yang sulit, d). Menciptakan suasana pembelajaran yang serius, santai dan diselingi rasa humor.
Kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah melalui efektifitas proses kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun kualitas pembelajaran siswa yang dimaksud yaitu: pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang dicapai siswa.
A.Simpulan
1.Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat pada upaya seluruh guru mata pelajaran berperan aktif dalam berbagai kegiatan di kelas yang meliputi: Perencanaan pembelajaran seperti kegiatan: a). Guru menyusun rencana program pembelajaran, b). Program mengajar di konsultasikan dengan kepala sekolah, c). Penataan ruang kelas. Kegiatan Pengorganisasian kelas yang meliputi: a). Pengorganisasian kegiatan intra kelas, b). Organisasi kegiatan belajar mengajar, c). Mengorganisasikan personil kelas. Kegiatan membangun iklim pembelajaran yang meliputi: a). Membangun kerja sama dengan siswa dalam pembelajaran, b). Guru berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis, c). Guru berusaha menyederhanakan materi pelajaran yang sulit, d). Menciptakan suasana pembelajaran yang serius, santai dan diselingi rasa humor.
2.Kualitas pembelajaran di SDN 13 Biru telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak sekolah melalui efektifitas proses kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun kualitas pembelajaran siswa yang dimaksud yaitu: pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang dicapai siswa.
B.Saran
1.Pihak sekolah perlu memperhatikan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.
2.Para guru kelas dan guru mata pelajaran diharapkan mampu mengatur kelas dengan baik agar proses dan hasil pembelajaran dapat tercapai sesuai yang diharapkan.
3.Untuk Peserta didik, agar selalu berusaha menjalin kerja sama yang baik dengan guru dalam proses kegiatan belajar di dalam kelas.
Ketersediaan
| ST20170289 | 289/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
289/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
