Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) Peserta Didik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Aprita Putri Pratama/02.14.3058 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Spiritual Quotient (SQ) Peserta Didik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
Kepala Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka dan upaya Kepala Madrasah
dalam meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset lapangan) dalam
pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi, interview dan
dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi
data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, diketahui bahwa
peran Kepala Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang
Barat Kab. Bone yaitu Kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan telah mampu
menjalankan peran dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan
melalui proses belajar mengajar khususnya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual
peserta didik, dengan cara memberikan arahan, nasehat, dan pencerahan secara
langsung disela-sela proses pembelajaran akidah akhlak, Kepala Madrasah sebagai
Educator (pendidik) telah menjalankan perannya sebagai pendidik dalam
memberikan bimbingan dan inspirasi demi kemajuan madrasah, dengan cara
melaksanakan pelatihan-pelatihan atau kegiatan demi meningkatkan kemampuan
guru dalam mengajar, dan Kepala Madrasah sebagai motivator telah menjalankan
perannya dalam memotivasi para guru dan peserta didik untuk menjalankan tugas dan
tanggungjawabnya masing-masing. Sedangkan, upaya Kepala Madrasah dalam
meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu dengan cara Menjernihkan
Emosi Peserta Didik (Zero Mind Proses), Membangun Mental Peserta didik (Mental
Building), Menetapkan Misi atau Tujuan Hidup Peserta Didik (Mission Statement)
dan Membangun Karakter Peserta didik (Character Building).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Peran kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka antara lain:
a. Peran kepala madrasah sebagai pemimpin yaitu meningkatkan kualitas
pendidikan melalui proses belajar mengajar khususnya untuk meningkatkan
kecerdasan spiritual peserta didik.
b. Peran kepala madrasah sebagai pendidik yaitu memberikan bimbingan dan
inspirasi demi kemajuan madrasah.
c. Peran kepala madrasah sebagai motivator yaitu memotivasi para guru dan
peserta didik untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-
masing.
2. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta
didik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka antara lain:
a. Zero Mind Proses (Penjernihan Emosi).
b. Mental Building (Membangun Mental).
c. Mission Statement (Penetapan Misi).
d. Character Building (Pembangunan Karakter).
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peran kepala madrasah dalam
meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) peserta didik di MTs Al Faaizun Watang
Palakka, maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah senantiasa meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ)
peserta didik agar nantinya lembaga pendidikan Islam yang dipimpinnya dapat
berjalan dengan baik dan mampu mencapai visi dan misi madrasah yaitu unggul
dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa.
2. Hendaknya kepala madrasah dan guru-guru senantiasa menciptakan kerjasama
yang kondusif dalam hal meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) peserta didik
agar kedepannya kecerdasan spiritual peserta didik menjadi lebih baik lagi, dengan
meningkatnya kecerdasan spiritual peserta didik, maka itu membuktikan bahwa
lembaga pendidikan Islam tersebut telah mencapai visi dan misinya.
3. Hendaknya para peserta didik yang ada di MTs. Al-Faaizun Watang Palakka
senantiasa serius dalam menerima materi kerohaniaan yang disampaikan oleh
kepala madrasah maupun guru agar nantinya peserta didik dapat mengetahui dan
memahami betapa pentingnya kecerdasan spiritual dalam menjalani kehidupan,
karena kecerdasan spiritual yang baik dan sesuai petunjuk al-Qur’an serta al-Hadis
akan membawa kita menuju jalan yang di rahmati-Nya.
Spiritual Quotient (SQ) Peserta Didik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec.
Tanete Riattang Barat Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
Kepala Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka dan upaya Kepala Madrasah
dalam meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di MTs Al-Faaizun
Watang Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pengumpulan data melalui field research (riset lapangan) dalam
pengumpulan datanya penulis menggunakan teknik observasi, interview dan
dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi
data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, diketahui bahwa
peran Kepala Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kec. Tanete Riattang
Barat Kab. Bone yaitu Kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan telah mampu
menjalankan peran dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan
melalui proses belajar mengajar khususnya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual
peserta didik, dengan cara memberikan arahan, nasehat, dan pencerahan secara
langsung disela-sela proses pembelajaran akidah akhlak, Kepala Madrasah sebagai
Educator (pendidik) telah menjalankan perannya sebagai pendidik dalam
memberikan bimbingan dan inspirasi demi kemajuan madrasah, dengan cara
melaksanakan pelatihan-pelatihan atau kegiatan demi meningkatkan kemampuan
guru dalam mengajar, dan Kepala Madrasah sebagai motivator telah menjalankan
perannya dalam memotivasi para guru dan peserta didik untuk menjalankan tugas dan
tanggungjawabnya masing-masing. Sedangkan, upaya Kepala Madrasah dalam
meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik di MTs Al-Faaizun Watang
Palakka Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone yaitu dengan cara Menjernihkan
Emosi Peserta Didik (Zero Mind Proses), Membangun Mental Peserta didik (Mental
Building), Menetapkan Misi atau Tujuan Hidup Peserta Didik (Mission Statement)
dan Membangun Karakter Peserta didik (Character Building).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Peran kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka antara lain:
a. Peran kepala madrasah sebagai pemimpin yaitu meningkatkan kualitas
pendidikan melalui proses belajar mengajar khususnya untuk meningkatkan
kecerdasan spiritual peserta didik.
b. Peran kepala madrasah sebagai pendidik yaitu memberikan bimbingan dan
inspirasi demi kemajuan madrasah.
c. Peran kepala madrasah sebagai motivator yaitu memotivasi para guru dan
peserta didik untuk menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-
masing.
2. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan Spiritual Quotient (SQ) peserta
didik di MTs Al-Faaizun Watang Palakka antara lain:
a. Zero Mind Proses (Penjernihan Emosi).
b. Mental Building (Membangun Mental).
c. Mission Statement (Penetapan Misi).
d. Character Building (Pembangunan Karakter).
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang peran kepala madrasah dalam
meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) peserta didik di MTs Al Faaizun Watang
Palakka, maka saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Hendaknya kepala madrasah senantiasa meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ)
peserta didik agar nantinya lembaga pendidikan Islam yang dipimpinnya dapat
berjalan dengan baik dan mampu mencapai visi dan misi madrasah yaitu unggul
dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa.
2. Hendaknya kepala madrasah dan guru-guru senantiasa menciptakan kerjasama
yang kondusif dalam hal meningkatkan kecerdasan spiritual (SQ) peserta didik
agar kedepannya kecerdasan spiritual peserta didik menjadi lebih baik lagi, dengan
meningkatnya kecerdasan spiritual peserta didik, maka itu membuktikan bahwa
lembaga pendidikan Islam tersebut telah mencapai visi dan misinya.
3. Hendaknya para peserta didik yang ada di MTs. Al-Faaizun Watang Palakka
senantiasa serius dalam menerima materi kerohaniaan yang disampaikan oleh
kepala madrasah maupun guru agar nantinya peserta didik dapat mengetahui dan
memahami betapa pentingnya kecerdasan spiritual dalam menjalani kehidupan,
karena kecerdasan spiritual yang baik dan sesuai petunjuk al-Qur’an serta al-Hadis
akan membawa kita menuju jalan yang di rahmati-Nya.
Ketersediaan
| ST20180006 | 06/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
06/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
