Strategi Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Studi Pada MTs Yapis Pattiro Bajo.
Nur Afiah. M/02.12.3129 - Personal Name
Skripsi ini membahas “Strategi Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional
Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Yapis Pattiro Bajo”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana strategi
pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di MTs Yapis Pattiro Bajo
dan bagaimana peningkatan mutu pendidikan di MTs Yapis Pattiro Bajo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi, observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan teknik Descriptive Qualitative, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data yaitu tahap reduksi data display data dan
kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi pemanfaatan dana BOS
(Bantuan Operasional Sekolah ) dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Yapis
Pattiro Bajo bahwa: 1) Dengan adanya strategi pemanfaatan dana BOS yang meliputi:
penetapan kebutuhan sekolah dan pemenuhan kebutuhan sekolah, serta level kesiapan
dalam menggunakan dana BOS demi terwujudnya pada proses pembelajaran secara
efektif dan efisien. 2) Dengan adanya pemanfaatan dana BOS secara baik tersebut
mampu meningkatkan mutu pendidikan di MTs Yapis Pattiro Bajo sehingga tercipta
peningkatan mutu pembelajaran serta proses belajar mengajar yang baik. 3)
Mempertanggungjawabkan anggaran sekolah dengan menggunakan RAPBS di Mts
Yapis Patiro Bajo. 4) Penggunaan dana BOS sudah sesuai dengan perencanaan yang
telah di tetapkan sebelumnya di Mts Yapis Patiro Bajo.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Strategi pemanfaatan dana BOS di MTs Yapis Pattiro Bajo meliputi:
a) Perencanaan anggaraan yaitu membentuk strategi pengelolaan
anggaran dalam menetapkan kebutuhan sekolah yang akan
digunakan dalam proses pembelajaran
b) Pelaksanaan anggaran yaitu dalam penerimaan dan pengeluaran
anggaran dana BOS yang diperoleh digunakan untuk pembangunan
gedung sekolah untuk proses pembelajaran, membantu siswa
miskin, kebutuhan ualngan dan ujian dan pembelian buku-buku
perpustakaan.
c) Evaluasi anggaran yaitu mempertanggung jawabkan anggaran
sekolah dengan menggunakan RAPBS di MTs Yapis Patiro Bajo.
2. Upaya- upaya yang dilakukan guru-guru di MTs Yapis Patiro Bajo
dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan melalui berbagai
cara dan metode yang baik diantaranya: menguasai materi pelajaran dan
IPTEK, menjadi tauladan yang baik bagi siswa, selalu memotivasi
siswa, menguasai strategi pembelajaran, melaksanakan kurikulum
sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK,
melaksanakan program pembelajaran dengan baik serta selalu
meningkatkan prestasi belajar siswa.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada para sekolah diharapkan agar supaya bisa mencari suatu inovasi
dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta melakukan menggunakan
dana BOS sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan melibatkan stakeholder
secara cepat dan transparansi harus dijalankan dalam meningkatkan proses
pembelajaran dan pada hakikatnya sangat penting didalam sebuah
organisasi sekolah.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak khususnya para guru-guru agar tercipta suatu prose
belajar mengajar yang lebih baik.
Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Yapis Pattiro Bajo”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana strategi
pemanfaatan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di MTs Yapis Pattiro Bajo
dan bagaimana peningkatan mutu pendidikan di MTs Yapis Pattiro Bajo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi, observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan teknik Descriptive Qualitative, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data yaitu tahap reduksi data display data dan
kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi pemanfaatan dana BOS
(Bantuan Operasional Sekolah ) dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs Yapis
Pattiro Bajo bahwa: 1) Dengan adanya strategi pemanfaatan dana BOS yang meliputi:
penetapan kebutuhan sekolah dan pemenuhan kebutuhan sekolah, serta level kesiapan
dalam menggunakan dana BOS demi terwujudnya pada proses pembelajaran secara
efektif dan efisien. 2) Dengan adanya pemanfaatan dana BOS secara baik tersebut
mampu meningkatkan mutu pendidikan di MTs Yapis Pattiro Bajo sehingga tercipta
peningkatan mutu pembelajaran serta proses belajar mengajar yang baik. 3)
Mempertanggungjawabkan anggaran sekolah dengan menggunakan RAPBS di Mts
Yapis Patiro Bajo. 4) Penggunaan dana BOS sudah sesuai dengan perencanaan yang
telah di tetapkan sebelumnya di Mts Yapis Patiro Bajo.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Strategi pemanfaatan dana BOS di MTs Yapis Pattiro Bajo meliputi:
a) Perencanaan anggaraan yaitu membentuk strategi pengelolaan
anggaran dalam menetapkan kebutuhan sekolah yang akan
digunakan dalam proses pembelajaran
b) Pelaksanaan anggaran yaitu dalam penerimaan dan pengeluaran
anggaran dana BOS yang diperoleh digunakan untuk pembangunan
gedung sekolah untuk proses pembelajaran, membantu siswa
miskin, kebutuhan ualngan dan ujian dan pembelian buku-buku
perpustakaan.
c) Evaluasi anggaran yaitu mempertanggung jawabkan anggaran
sekolah dengan menggunakan RAPBS di MTs Yapis Patiro Bajo.
2. Upaya- upaya yang dilakukan guru-guru di MTs Yapis Patiro Bajo
dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan melalui berbagai
cara dan metode yang baik diantaranya: menguasai materi pelajaran dan
IPTEK, menjadi tauladan yang baik bagi siswa, selalu memotivasi
siswa, menguasai strategi pembelajaran, melaksanakan kurikulum
sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK,
melaksanakan program pembelajaran dengan baik serta selalu
meningkatkan prestasi belajar siswa.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis dalam pembahasan
skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada para sekolah diharapkan agar supaya bisa mencari suatu inovasi
dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta melakukan menggunakan
dana BOS sesuai dengan kebutuhan sekolah dengan melibatkan stakeholder
secara cepat dan transparansi harus dijalankan dalam meningkatkan proses
pembelajaran dan pada hakikatnya sangat penting didalam sebuah
organisasi sekolah.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak khususnya para guru-guru agar tercipta suatu prose
belajar mengajar yang lebih baik.
Ketersediaan
| ST20160245 | 245/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
245/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
