Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VIII Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Cina Kabupaten Bone
ASLAM/02.13. 2013 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode pemberian tugas yang
difokuskan pada meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas II di
MTs Cina. Masalah pokoknya adalah penerapan metode pemberian tugas untuk
meningkatkan prestasi belajar ? Adapun sub masalahnya adalah (1) bagaimana cara
meningkatkan prestasi belajar melalui metode pemberian tugas kepada siswa MTs
Cina?(2)bagaimana peningkatan prestasi belajar bahasa arab siswa MTs Cina melalui
metode pemberian tugas.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif, dengan
menggunakan pendekatan penelitian yakni pendekatan pedagogic dan pendekatan
psikologis. Dalam pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan
tes (pre tes dan post tes), observasi dan dokumen. Setelah data terkumpul maka
menggunakan rumus statistik uji t o.
Data yang diperoleh dari skor melihat dan menyimak tugas dari pre tes dan
post tes. Data dianalisis menggunakan deskriftif rata-rata mean. Hasil penelitian
penerapan metode pemberian tugas mencapai 10% yang sebelumnya hanya 5%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode pemeberian tugas
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas
VIII sangat efektif untuk digunakan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian dan observasi yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode pemberian tugas yang peneliti lakukan yaitu
memperkenalkan metode pemeberian tugas terlebih dahulu, lalu menjelaskan
cara penerapan metode kepada siswa yang di teliti, lalu memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah di berikan
oleh peneliti .Hasil pre tes yang didapat untuk kelas yang di berikan perlakuan
skor tertinggi 100 dan skor terendah 0 . Metode pemberian tugas untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab di
MTs Cina Kab. Bone sangat efektif untuk di terapkan di sekolah tersebut
karna dapat meningkatakan prestasi belajar siswa baik dalam kelas maupun di
luar kelas.
B. Implikasi
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Guru disarankan untuk menggunakan metode pemberian tugas sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk menerapkan Metode ini
diperlukan persiapan yang matang, agar pembelajaran berjalan maksimal.
2. Peserta didik disarankan untuk senantiasa menambah pelajaran bahasa
Arabnya dengan menggunakan metode pemeberian tugas karena metode ini
terbukti dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar
bahasa Arabnya.
3. Peneliti lain dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai pertimbangan dan
referensi apabila melakukan penelitian yang serupa maupun penelitian
lanjutan.
difokuskan pada meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas II di
MTs Cina. Masalah pokoknya adalah penerapan metode pemberian tugas untuk
meningkatkan prestasi belajar ? Adapun sub masalahnya adalah (1) bagaimana cara
meningkatkan prestasi belajar melalui metode pemberian tugas kepada siswa MTs
Cina?(2)bagaimana peningkatan prestasi belajar bahasa arab siswa MTs Cina melalui
metode pemberian tugas.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif, dengan
menggunakan pendekatan penelitian yakni pendekatan pedagogic dan pendekatan
psikologis. Dalam pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan
tes (pre tes dan post tes), observasi dan dokumen. Setelah data terkumpul maka
menggunakan rumus statistik uji t o.
Data yang diperoleh dari skor melihat dan menyimak tugas dari pre tes dan
post tes. Data dianalisis menggunakan deskriftif rata-rata mean. Hasil penelitian
penerapan metode pemberian tugas mencapai 10% yang sebelumnya hanya 5%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode pemeberian tugas
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas
VIII sangat efektif untuk digunakan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian dan observasi yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan metode pemberian tugas yang peneliti lakukan yaitu
memperkenalkan metode pemeberian tugas terlebih dahulu, lalu menjelaskan
cara penerapan metode kepada siswa yang di teliti, lalu memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah di berikan
oleh peneliti .Hasil pre tes yang didapat untuk kelas yang di berikan perlakuan
skor tertinggi 100 dan skor terendah 0 . Metode pemberian tugas untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab di
MTs Cina Kab. Bone sangat efektif untuk di terapkan di sekolah tersebut
karna dapat meningkatakan prestasi belajar siswa baik dalam kelas maupun di
luar kelas.
B. Implikasi
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Guru disarankan untuk menggunakan metode pemberian tugas sebagai salah
satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk menerapkan Metode ini
diperlukan persiapan yang matang, agar pembelajaran berjalan maksimal.
2. Peserta didik disarankan untuk senantiasa menambah pelajaran bahasa
Arabnya dengan menggunakan metode pemeberian tugas karena metode ini
terbukti dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar
bahasa Arabnya.
3. Peneliti lain dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai pertimbangan dan
referensi apabila melakukan penelitian yang serupa maupun penelitian
lanjutan.
Ketersediaan
| ST20170286 | 286/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
286/2017
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
