Penerapan Media Poster Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok B RA Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kec. Tanete Riattang Kab. Bone)
Darmina Ardianur S.Putri/02.15.6005 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak
usia 5-6 tahun dengan media poster pada anak kelompok B di RA Ma’had Hadits al-
Junaidiyah Biru Kec. Tanete Riattang Kab. Bone. Kemampuan berbahasa tersebut
meliputi struktur kalimat,kosakata dan artikulasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan kolaboratif
dengan guru dan menggunakan model pendekatan sosiologis dan psikologis. Subjek
penelitian ini adalah 20 anak kelompok B RA Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kec.
Tanete Riattang Kab. Bone. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan
media poster dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Pengumpulan
data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi. Teknik analisis
data dilakukan secara diskriptif, kualitatif.
Indikator keberhasilan pada kemampuan berbicara adalah meningkat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media poster dapat meningkatkan kemampuan
berbahasa anak setelah dilakukan tindakan (observasi) . Langkah-langkah dalam
pembelajaran media poster yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak
adalah poster ditempelkan di papan tulis kemudian guru mengenalkan media poster
dan memberikan penjelasan apa yang ada di dalam gambar poster tersebut sehingga
anak memahami isi di dalam poster. Kemudianguru mengajak anak bertanya jawab
satu persatu mengenai maksud dari poster tersebut. Dengan demikian menggunakan
media gambar poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara ana
A. Simpulan
Pembelajaran menggunakan media poster pada anak kelompok B RA
Na’had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak ,Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil observasi yang telah
dilakukan pada sebelum tindakan, yang hasilnya mempengaruhi peningkatan
ditunjukkan dengan ketercapaian indikator keberhasilan peneliti yang telah
tercapai .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa dengan media poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Unsur dalam pembelajaran tersebut adalah struktur kalimat, kosa kata dan
artikulasi. Kegiatan pembelajaran pada langkah pertama dengan dilakukan
pengenalannya terlebih dahulu kepada anak mengenai media poster, kemudian
guru menjelaskan mengenai isi dan pesan dari poster tersebut kepada anak,
sehingga anak memahami maksud dari poster itu. Selanjutnya guru memberikan
tanya jawab mengenai apa yang sudah dijelaskannya. Pelaksanaan observasi
dilakukan berdasarkan solusi dari permasalahan yang muncul seperti
memindahkan anak yang cenderung diam yang masih duduk di belakang ke
depan agar dapat lebih meningkatkan sesuai indikator keberhasilan yang akan
dicapai juga memperbesar ukuran poster.Langkah-langkah pembelajaran menggunaan media poster yaitu
dengan cara menempelkan poster tersebut di papan tulis. Poster yang disiapkan
berukurnan 0,5 x 1 meter dengan poster berwarna mencolok dan ada sedikit
tulisan pesan yang disampaikan. Poster tersebut bersifat edukatif, mempunyai
pesan dengan tujuan tertentu, kemudian guru menjelaskan berbagai hal tentang
yang bersangkutan dengan poster tersebut, seperti poster banjir dan dikaitkan
dengan sebab dan akibat dari banjir. Guru memberikan tanya jawab setelah
memberikan penjelasan dari poster tersebut dan menanyakan apa isi dari
penjelasan tersebut. Guru memanggil anak yang cenderung diam untuk diberi
pertanyaan tentang poster yang di depan kelas agar anak tersebut mau berbicara
dan memenuhi target indikator, dan setiap anak diberikan kesempatan untuk
bertanya ataupun menjawab pertanyaan temannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi Anak
Disarankan bagi anak agar anak dapat memanfaatkan media poster untuk
menambah pengalaman dan wawasan baru dalam mengembangkan
kemampuan berbahasa anak terutama dalam meningkatkan kemampuan
berbicara.
2. Bagi Guru
Disarankan dalam proses pembelajaran, guru dapat memanfaatkan media
poster sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Selain itu, guru harus lebih aktif dan lebih kreatif dalam mengembangkan
metode-metode lain agar menjadi guru yang profesional.
usia 5-6 tahun dengan media poster pada anak kelompok B di RA Ma’had Hadits al-
Junaidiyah Biru Kec. Tanete Riattang Kab. Bone. Kemampuan berbahasa tersebut
meliputi struktur kalimat,kosakata dan artikulasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan kolaboratif
dengan guru dan menggunakan model pendekatan sosiologis dan psikologis. Subjek
penelitian ini adalah 20 anak kelompok B RA Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kec.
Tanete Riattang Kab. Bone. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penerapan
media poster dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Pengumpulan
data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi. Teknik analisis
data dilakukan secara diskriptif, kualitatif.
Indikator keberhasilan pada kemampuan berbicara adalah meningkat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media poster dapat meningkatkan kemampuan
berbahasa anak setelah dilakukan tindakan (observasi) . Langkah-langkah dalam
pembelajaran media poster yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak
adalah poster ditempelkan di papan tulis kemudian guru mengenalkan media poster
dan memberikan penjelasan apa yang ada di dalam gambar poster tersebut sehingga
anak memahami isi di dalam poster. Kemudianguru mengajak anak bertanya jawab
satu persatu mengenai maksud dari poster tersebut. Dengan demikian menggunakan
media gambar poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara ana
A. Simpulan
Pembelajaran menggunakan media poster pada anak kelompok B RA
Na’had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak ,Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil observasi yang telah
dilakukan pada sebelum tindakan, yang hasilnya mempengaruhi peningkatan
ditunjukkan dengan ketercapaian indikator keberhasilan peneliti yang telah
tercapai .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa dengan media poster dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Unsur dalam pembelajaran tersebut adalah struktur kalimat, kosa kata dan
artikulasi. Kegiatan pembelajaran pada langkah pertama dengan dilakukan
pengenalannya terlebih dahulu kepada anak mengenai media poster, kemudian
guru menjelaskan mengenai isi dan pesan dari poster tersebut kepada anak,
sehingga anak memahami maksud dari poster itu. Selanjutnya guru memberikan
tanya jawab mengenai apa yang sudah dijelaskannya. Pelaksanaan observasi
dilakukan berdasarkan solusi dari permasalahan yang muncul seperti
memindahkan anak yang cenderung diam yang masih duduk di belakang ke
depan agar dapat lebih meningkatkan sesuai indikator keberhasilan yang akan
dicapai juga memperbesar ukuran poster.Langkah-langkah pembelajaran menggunaan media poster yaitu
dengan cara menempelkan poster tersebut di papan tulis. Poster yang disiapkan
berukurnan 0,5 x 1 meter dengan poster berwarna mencolok dan ada sedikit
tulisan pesan yang disampaikan. Poster tersebut bersifat edukatif, mempunyai
pesan dengan tujuan tertentu, kemudian guru menjelaskan berbagai hal tentang
yang bersangkutan dengan poster tersebut, seperti poster banjir dan dikaitkan
dengan sebab dan akibat dari banjir. Guru memberikan tanya jawab setelah
memberikan penjelasan dari poster tersebut dan menanyakan apa isi dari
penjelasan tersebut. Guru memanggil anak yang cenderung diam untuk diberi
pertanyaan tentang poster yang di depan kelas agar anak tersebut mau berbicara
dan memenuhi target indikator, dan setiap anak diberikan kesempatan untuk
bertanya ataupun menjawab pertanyaan temannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi Anak
Disarankan bagi anak agar anak dapat memanfaatkan media poster untuk
menambah pengalaman dan wawasan baru dalam mengembangkan
kemampuan berbahasa anak terutama dalam meningkatkan kemampuan
berbicara.
2. Bagi Guru
Disarankan dalam proses pembelajaran, guru dapat memanfaatkan media
poster sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Selain itu, guru harus lebih aktif dan lebih kreatif dalam mengembangkan
metode-metode lain agar menjadi guru yang profesional.
Ketersediaan
| ST20190004 | 04/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
04/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
