Peranan supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengunakan media pembelajaran (MA As’adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge kab. Bone)

No image available for this title
Penelitian ini berjudul “Peranan supervisi kepala madrasah dalam
meningkatkan keterampilan guru mengunakan media pembelajaran (MA As’adiyah
Mattirowalie Kec. Tellusiattinge Kab. Bone), Penelitian ini bertujuan Untuk
mengetahui peranan supervisi kepala madrasah di MA As’adiyah Mattirowalie.
Untuk mengetahui bagaimana guru dalam mengunakan media pembelajaran
di MA As’adiyah Mattirowalie. Untuk mengetahui cara kepala Madrasah
meningkatkan keterampilan guru dalam mengunakan media pembelajaran di MA As’
Adiyah Mattirowalie. Untuk memperoleh jawaban terhadap ketiga pokok
permasalahan tersebut, penulis mengunakan pendekatan kualitatif dalam melakukan
pengelolaan data penelitian.
Dengan demikian hal yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu supervisi
yang dilakukan oleh kepala madrasah di MA As’adiyah Mattirowalie. Kepala
madrasah melakukan supervisi dengan cara kunjungan kelas serta memberikan
motivasi kepada tenaga pendidik.
Yang pertama dilakukan oleh guru dalam mengunakan media pembelajaran di
MA As’adiyah Mattirowalie yaitu guru terlebih dahulu membuat rencana pelaksaan
pembelajaran (RPP), Media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses
pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan dibawahkan dan memperhatikan
minat, kebutuhan peserta didik, Selain itu media yang digunakan harus efektif dan
efisien serta disesuaikan dengan kemampuan tenaga pendidik dalam mengunakan
media pembelajaran, Untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Peran kepala madrasah dalam meningkatkan keterampilan guru dalam
mengunakan media pembelajaran di MA As’asdiyah Mattirowalie dengan cara
membirikan bimbingan atau mengadakan pelatihan tenaga pendidik dalam
mengunakan media pembelajaran.
A. Simpulan
1. Peran supervisi kepala madrasah MA As’adiyah Mattirowalie sangat
penting dilaksanakan dalam peroses pelaksanaan pembelajaran karena
Pelaksanaan supervisi kepala madrasah di MA As’ adiyah Mattirowalie
sudah cukup baik dan sangat membantu kami untuk melakukan
perencanaan pembelajaran karena kepala madrasah membimbing kami
selaku tenaga pendidik dan memberikan motivasi kepeda kami untuk
senantiasa memberikan yang terbaik kepada peserta didik, dan
memunculkan kreativitas dan ide-ide yang sangat baik dalam proses
pembelajaran.
Dengan adanya supervisi yang dilakukan oleh kepala Madrsah
kami semakin mantap dalam melakukan pembelajaran di madrasah dan
kami tahu kesalahan atau kekeliruan yang kami lakukan di dalam proses
pembelajara sehingga kami dapat memberbaiki kesalahahn yang kami
buat dalam proses pemebelaran, selain itu supervisi kepala madrasah
membantu tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sehingga
tenga pendidik merasa sangat terbantu dalam pelaksanaan proses
pembelajaran di madrasah.
2. Guru dalam mengunakan media pembelajaran di MA As’adiyah
Mattirowalie.
Yang pertama dilakukan oleh guru dalam mengunakan media
pembelajaran di MA As’adiyah Mattirowalie yaitu guru terlebih dahulu
membuat rencana pelaksaan pembelajaran (RPP), dalam pembuatan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Media pembelajaran yang akan
digunakan dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan materi yang
akan dibawahkan dan memperhatikan minat, kebutuhan peserta didik.
selain itu media yang digunakan harus efektif dan efisien serta
disesuaikan dengan kemampuan tenaga pendidik dalam mengunakan
media pembelajaran supaya peserta didik dapat memahami pembelajaran
dengan baik dan membangiktkan semangat belajar peserta didik dan
pembelajaran berlangsung dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang ada di MA As’adiyah Mattirowalie.
3. kepala Madrasah meningkatkan keterampilan guru dalam mengunakan
media pembelajaran di MA As’ adiyah Mattirowalie.
Dalam meningkatkan keterampilan guru dalam mengunakan media
pembelajaran kepala madrasah memberikan bimbingan serta pelatihan
kepada tenaga pendidik Dengan cara mengadakan pelatihan dan
bimbingan kepada tenaga pendidik yang di anggap masih kurang mampu
dalam mengunakan media pembelajaran supaya tenaga pendidik terampil
dalam mengajar, penyampaian marteri, sehingga tujuan pembelajaran
dapat dicapai sesuai yang diharapkan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian skripsi ini, ada beberapa saran yang perlu
penulis kemukakan:
1. Kepada pihak kepala madrasah, hendaknya selalu memberikan bimbingan
dan pelatihan kepada tenaga pendidik khususnya dalam mengunakan
media pembelajaran di madrasah.
2. Penelitian ini memerlukan tindak lanjut karena supervisi kepala madrasah
sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan guru dalam
mengunakan media pembelajaran sehingga diperlukan penelitian lebih
lanjut terhadap permasalahan tersebut.
Ketersediaan
ST20170283283/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

283/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top