Hubungan antara Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SD di Kecamatan Awangpone
SULTAN/02.12.1040 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Hubungan antara Kompetensi Profesional
dengan Kinerja Guru PAI SD di Kecamatan Awangpone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru PAI SD di
Kecamatan Awangpone, bagaimana kinerja guru PAI SD di Kecamatan Awangpone,
dan apa yakni hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru PAI SD
di Kecamatan Awangpone dalam meningkatkan kinerja guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data
antara lain Dengan observasi, angket, dokumentasi, Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel kompetensi profesional sebesar 72.
Dengan demikian tingkat kompetensi profesional termasuk tinggi. 2) Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel kinerja guru sebesar 69.
Dengan demikian tingkat kompetensi profesional termasuk dalam kategori baik. 3)
Kompetensi profesional memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru PAI SD di
Kecamatan Awangpone, dengan persamaan regresi Y = 44,183 + 0,354 + e dan F hitung =
4,649 > F tabel = 4,16
A. Simpulan
Berangkat dari beberapa uraian yang telah dipapar dalam bab-bab
terdahulu, dan merujuk pula pada rumusan masalah yang telah disampaikan
sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat dirumuskan dalam skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata)
dari variabel kompetensi profesional sebesar 72. Dengan demikian
tingkat kompetensi profesional termasuk tinggi.
2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata)
dari variabel kinerja guru sebesar 69. Dengan demikian tingkat
kompetensi profesional termasuk dalam kategori baik.
3. Kompetensi profesional memiliki hubungan yang signifikan terhadap
kinerja guru PAI SD di Kecamatan Awangpone, dengan persamaan
regresi Y = 44,183 + 0,354 + e dan F hitung = 4,649 > F tabel = 4,16.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan simpulan di atas maka penulis
menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya
memiliki kompetensi profesional agar selalu terdorong untuk dapat
bekerja secara maksimal dan lebih baik dari sebelumnya sehingga
kegitan belajar mengajar yang dihasilkan juga meningkat, disamping
harus pula rutin mengikuti pelatihan terutama yang berkaitan dengan
peningkatan kompetensi profesional.
2. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya lebih
memperhatikan kinerjanya, bukan hanya sekedar mengugurkan
kewajiban selaku pendidik.
3. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya
memahami hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja
guru, dengan keberadaan seorang guru profesional diharapkan akan
mampu memberikan pengaruh positif terhadap kelancaran dan
keberhasilan proses belajar mengajar serta mampu memaksimalkan
hasil prestasi belajar siswa dengan sebaik-baiknya.
dengan Kinerja Guru PAI SD di Kecamatan Awangpone”. Hal yang penting dikaji
dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru PAI SD di
Kecamatan Awangpone, bagaimana kinerja guru PAI SD di Kecamatan Awangpone,
dan apa yakni hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru PAI SD
di Kecamatan Awangpone dalam meningkatkan kinerja guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data
antara lain Dengan observasi, angket, dokumentasi, Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel kompetensi profesional sebesar 72.
Dengan demikian tingkat kompetensi profesional termasuk tinggi. 2) Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata) dari variabel kinerja guru sebesar 69.
Dengan demikian tingkat kompetensi profesional termasuk dalam kategori baik. 3)
Kompetensi profesional memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja guru PAI SD di
Kecamatan Awangpone, dengan persamaan regresi Y = 44,183 + 0,354 + e dan F hitung =
4,649 > F tabel = 4,16
A. Simpulan
Berangkat dari beberapa uraian yang telah dipapar dalam bab-bab
terdahulu, dan merujuk pula pada rumusan masalah yang telah disampaikan
sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat dirumuskan dalam skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata)
dari variabel kompetensi profesional sebesar 72. Dengan demikian
tingkat kompetensi profesional termasuk tinggi.
2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh harga mean (nilai rata-rata)
dari variabel kinerja guru sebesar 69. Dengan demikian tingkat
kompetensi profesional termasuk dalam kategori baik.
3. Kompetensi profesional memiliki hubungan yang signifikan terhadap
kinerja guru PAI SD di Kecamatan Awangpone, dengan persamaan
regresi Y = 44,183 + 0,354 + e dan F hitung = 4,649 > F tabel = 4,16.
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan simpulan di atas maka penulis
menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya
memiliki kompetensi profesional agar selalu terdorong untuk dapat
bekerja secara maksimal dan lebih baik dari sebelumnya sehingga
kegitan belajar mengajar yang dihasilkan juga meningkat, disamping
harus pula rutin mengikuti pelatihan terutama yang berkaitan dengan
peningkatan kompetensi profesional.
2. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya lebih
memperhatikan kinerjanya, bukan hanya sekedar mengugurkan
kewajiban selaku pendidik.
3. Untuk pihak guru PAI SD di Kecamatan Awangpone hendaknya
memahami hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja
guru, dengan keberadaan seorang guru profesional diharapkan akan
mampu memberikan pengaruh positif terhadap kelancaran dan
keberhasilan proses belajar mengajar serta mampu memaksimalkan
hasil prestasi belajar siswa dengan sebaik-baiknya.
Ketersediaan
| ST20160233 | 233/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
