Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone
Andi Khalakma/02. 13. 3170 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Penerapan Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan konsep fungsi manajemen dalam pengembangan perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan konsep fungsi manajemen dalam pengembangan perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone tidak terlepas dari peran seluruh warga sekolah dalam proses kegiatan: 1). Perencanaan meliputi kegiatan: menganalisis mengenai kebutuhan akan bahan pustaka, merencanakan mengenai pengadaan bahan pustaka, menyusun program kerja perpustakaan, dan menyusun kegiatan operasional pengolahan bahan pustaka. 2). Pengorganisasian yang meliputi kegiatan: menentukan tenaga-tenaga yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana yang telah disusun, menentukan tenaga pustakawan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dan menetapkan tugas-tugas pokok. 3). Pelaksanaan yang meliputi kegiatan: melaksanakan registrasi bahan pustaka, melakukan klasifikasi terhadap bahan pustaka, melakaukan katalogisasi, penyusunan (buku) di rak, dan pelestarian bahan pustaka. 4). Pengawasan yang meliputi kegiatan: melakukan pengawasan yang bersifat membimbing pengawasan yang dilakukan secara periodik, pengawasan dilakasankan dalam suasana kemitraan. Pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Watampone yaitu: 1). Pengembangan sumber daya manusia seperti: melaksanakan pelatihan terhadap pustakawan, melaksanakan pembinaan kesejahtraan, melakukan pembinaan karir dan promosi jabatan. 2). Pengembangan terhadap bahan pustaka seperti: melakukan survei minat pemakai/pengguna, melakukan survei bahan pustaka, dan pengadaan penyeleksian bahan pustaka. 3). Pengembangan sarana dan raarana seperti: tersedianya gedung dan ruangan yang memadai, pembaharuan terhadap berbagai peralatan yang digunakan di dalam perpustakaan, tercipta suasana perpstakaan yang enak, nyaman bersih, dan sejuk.
A.Simpulan
Penerapan fungsi-fungsi manajemen di perpustakaan SMAN 1 Watampone dapat dikatakan baik. Hal ini dapat terihat dari upaya pkepala sekolah, kepala perpustakaan, pegawai perpustakaan, dan siswa dalam menerapkan fungsi manajemen: 1). Perencanaan yang meliputi kegiatan : a). menganalisis mengenai kebutuhan akan bahan pustaka, b). merencanakan mengenai pengadaan bahan pustaka, c). menyusun program kerja perpustakaan, dan d). menyusun kegiatan operasional pengolahan bahan pustaka. 2). Pengorganisasian yang meliputi kegiatan: a). menentukan tenaga-tenaga yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana yang telah disusun, b). menempatkan tenaga pustakawan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dan c). Menetapkan tugas-tugas pokok. Pelaksanaan yang meliputi kegiatan: a). Melaksanakan Registrasi bahan pustaka, b). melakukan klasifikasi terhadap bahan pustaka, c). melakukan katalogisasi, d). penyusunan (buku) di rak, e). penyimpanan dan pelestarian bahan pustaka. Pengawasan yang meliputi kegiatan: a). melakukan pengawasan yang bersifat membimbing pengawasan yang dilakukan secara periodik, b). pengawasan dilaksanakan dalam suasana kemitraan.
Pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Watampone meliputi kegiatan: 1). Pengembangan sumber daya manusia seperti: Melaksanakan pelatihan terhadap pustakawan, melaksanakan pembinaan kesejatraan, melakukan pembinaan karir dan promosi jabatan. 2). Pengembangan terhadap bahan pustaka seperti: melakukan survei minat pemakai/pengguna, melakukan survei bahan pustaka, dan Pengadaan dan penyeleksian bahan pustaka. 3). Pengembangan sarana dan prasarana seperti: tersedianya gedung dan ruangan yang memadai, pembaharuan terhadap berbagai peralatan yang digunakan di dalam perpustakaan, tercipta suasana perpustakaan yang enak, nyaman, bersih, sejuk.
B.Saran
1.Pihak sekolah perlu memperhatikan penerapan fungsi manajemen di SMAN 1 Watampone khususnya pada kegiatan perpustakaan, mengingat konsep manajemen merupakan suatu yang penting dalam menunjang keberlangsungan suatu organisasi dalam upaya pencapain tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
2.Dalam pengembangan perpustakaan pihak sekolah harus memperhatikan aspek pengembangan sumber daya manusia, pengembangan terhadap koleksi dan bahan pustaka, pengembangan sarana dan prasarana agar tercipta perpustakaan yang efektif dan efisien.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan konsep fungsi manajemen dalam pengembangan perpustakaan di SMA Negeri 1 Watampone tidak terlepas dari peran seluruh warga sekolah dalam proses kegiatan: 1). Perencanaan meliputi kegiatan: menganalisis mengenai kebutuhan akan bahan pustaka, merencanakan mengenai pengadaan bahan pustaka, menyusun program kerja perpustakaan, dan menyusun kegiatan operasional pengolahan bahan pustaka. 2). Pengorganisasian yang meliputi kegiatan: menentukan tenaga-tenaga yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana yang telah disusun, menentukan tenaga pustakawan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dan menetapkan tugas-tugas pokok. 3). Pelaksanaan yang meliputi kegiatan: melaksanakan registrasi bahan pustaka, melakukan klasifikasi terhadap bahan pustaka, melakaukan katalogisasi, penyusunan (buku) di rak, dan pelestarian bahan pustaka. 4). Pengawasan yang meliputi kegiatan: melakukan pengawasan yang bersifat membimbing pengawasan yang dilakukan secara periodik, pengawasan dilakasankan dalam suasana kemitraan. Pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Watampone yaitu: 1). Pengembangan sumber daya manusia seperti: melaksanakan pelatihan terhadap pustakawan, melaksanakan pembinaan kesejahtraan, melakukan pembinaan karir dan promosi jabatan. 2). Pengembangan terhadap bahan pustaka seperti: melakukan survei minat pemakai/pengguna, melakukan survei bahan pustaka, dan pengadaan penyeleksian bahan pustaka. 3). Pengembangan sarana dan raarana seperti: tersedianya gedung dan ruangan yang memadai, pembaharuan terhadap berbagai peralatan yang digunakan di dalam perpustakaan, tercipta suasana perpstakaan yang enak, nyaman bersih, dan sejuk.
A.Simpulan
Penerapan fungsi-fungsi manajemen di perpustakaan SMAN 1 Watampone dapat dikatakan baik. Hal ini dapat terihat dari upaya pkepala sekolah, kepala perpustakaan, pegawai perpustakaan, dan siswa dalam menerapkan fungsi manajemen: 1). Perencanaan yang meliputi kegiatan : a). menganalisis mengenai kebutuhan akan bahan pustaka, b). merencanakan mengenai pengadaan bahan pustaka, c). menyusun program kerja perpustakaan, dan d). menyusun kegiatan operasional pengolahan bahan pustaka. 2). Pengorganisasian yang meliputi kegiatan: a). menentukan tenaga-tenaga yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana yang telah disusun, b). menempatkan tenaga pustakawan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dan c). Menetapkan tugas-tugas pokok. Pelaksanaan yang meliputi kegiatan: a). Melaksanakan Registrasi bahan pustaka, b). melakukan klasifikasi terhadap bahan pustaka, c). melakukan katalogisasi, d). penyusunan (buku) di rak, e). penyimpanan dan pelestarian bahan pustaka. Pengawasan yang meliputi kegiatan: a). melakukan pengawasan yang bersifat membimbing pengawasan yang dilakukan secara periodik, b). pengawasan dilaksanakan dalam suasana kemitraan.
Pengembangan perpustakaan di SMAN 1 Watampone meliputi kegiatan: 1). Pengembangan sumber daya manusia seperti: Melaksanakan pelatihan terhadap pustakawan, melaksanakan pembinaan kesejatraan, melakukan pembinaan karir dan promosi jabatan. 2). Pengembangan terhadap bahan pustaka seperti: melakukan survei minat pemakai/pengguna, melakukan survei bahan pustaka, dan Pengadaan dan penyeleksian bahan pustaka. 3). Pengembangan sarana dan prasarana seperti: tersedianya gedung dan ruangan yang memadai, pembaharuan terhadap berbagai peralatan yang digunakan di dalam perpustakaan, tercipta suasana perpustakaan yang enak, nyaman, bersih, sejuk.
B.Saran
1.Pihak sekolah perlu memperhatikan penerapan fungsi manajemen di SMAN 1 Watampone khususnya pada kegiatan perpustakaan, mengingat konsep manajemen merupakan suatu yang penting dalam menunjang keberlangsungan suatu organisasi dalam upaya pencapain tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
2.Dalam pengembangan perpustakaan pihak sekolah harus memperhatikan aspek pengembangan sumber daya manusia, pengembangan terhadap koleksi dan bahan pustaka, pengembangan sarana dan prasarana agar tercipta perpustakaan yang efektif dan efisien.
Ketersediaan
| ST20170278 | 278/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
278/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
