Urgensi Kerjasama Kepala Sekolah dengan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone
A. Hikmal/ 02.13.3006 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Urgensi Kerjasama Kepala Sekolah Dengan
Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone”.
Dalam penelitian ini, penulis memiliki dua tujuan yang pertama, untuk mengetahui
dan memahami bentuk kerjasama kepala sekolah dengan guru di SMA Negeri 1
Mare Kab. Bone. Kedua, untuk mengetahui kontribusi kerjasama kepala sekolah
dengan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab.
Bone.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif
dengan mengumpulkan teori kemudian menggali informasi yang ada di lapangan
sebagai pendukung keakuran data. Dengan metode tersebut maka digunakan pula
pendekatan paedagogis, dan sosiologis. Hal tersebut merupakan hal yang sangat
penting dalam melakukan pendekatan.
Berdasarkan hasil penelitian urgensi kerjasama kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone bahwa kepala
sekolah telah memberikan arahan dan motivasi kepada guru-guru guna untuk
menjalankan tugasnya dengan baik dan bahkan hampir setiap hari kepala sekolah
melakukan supervisi di dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Kontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran, kepala sekolah dan guru-guru
telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pendidik dengan baik, seperti
memberikan materi pembelajaran yang mudah dimegerti dan berbagai metode yang
mudah dipahami peserta didik, maka dari itu seorang guru harus mampu menguasai
bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkannya, serta kepala sekolah senantiasa
membantu guru-guru dalam mengembangkan kemampuannya yang pada akhirnya
mampu memperagakan suatu media atau alat pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian
1. Kepala sekolah dengan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA
Negeri 1 Mare Kab. Bone terjalin dengan baik. Kepala sekolah selalu memberi
dukungan, arahan dan motivasi kepada guru-guru guna untuk menjalankan tugasnya
dengan baik dan bahkan hampir setiap hari kepala sekolah melakukan supervisi di
dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ini menunjukkan bahwa
kemungkinan besar akan terjadi peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1
Mare Kab. Bone. Guru juga telah merancanakan pembalajaran Ini menunjukan bahwa
kepala sekolah dan guru-guru SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone sangat memperhatikan
terjadinya peningkatan dalam proses pembelajaran, agar menghasilkan output peserta
didik yang berkualitas.
2. Kontribusi dalam meningkatakan mutu pembalajaran, kepala sekolah dan
guru-guru telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pendidik dengan baik,
seperti memberikan materi pembelajaran yang mudah dimegerti dan berbagai metode
yang muda dipahami peserta didik, maka dari itu seorang guru harus mampu
menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkannya serta senantiasa
mengembangkan kemampuannya yang pada akhirnya mampu memperagakan suatu
media atau alat pembelajaran yang mendukung materi yang akan diajarkannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak kepala sekolah dan guru mampu kerja sama dengan
baik dan secara konstruktif dan tetap menjaga hubungan baik dengan kepala seoklah
dan guru terutama dalam melaksanakan proses pembalajaran karena dengan adanya
hubungan kerjasama yang baik akan berdampak baik pula untuk kemajuan sekolah
SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone.
2. Diharapkan kepada seluruh personil SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerjasama dengan baik.
Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone”.
Dalam penelitian ini, penulis memiliki dua tujuan yang pertama, untuk mengetahui
dan memahami bentuk kerjasama kepala sekolah dengan guru di SMA Negeri 1
Mare Kab. Bone. Kedua, untuk mengetahui kontribusi kerjasama kepala sekolah
dengan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab.
Bone.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif
dengan mengumpulkan teori kemudian menggali informasi yang ada di lapangan
sebagai pendukung keakuran data. Dengan metode tersebut maka digunakan pula
pendekatan paedagogis, dan sosiologis. Hal tersebut merupakan hal yang sangat
penting dalam melakukan pendekatan.
Berdasarkan hasil penelitian urgensi kerjasama kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone bahwa kepala
sekolah telah memberikan arahan dan motivasi kepada guru-guru guna untuk
menjalankan tugasnya dengan baik dan bahkan hampir setiap hari kepala sekolah
melakukan supervisi di dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Kontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran, kepala sekolah dan guru-guru
telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pendidik dengan baik, seperti
memberikan materi pembelajaran yang mudah dimegerti dan berbagai metode yang
mudah dipahami peserta didik, maka dari itu seorang guru harus mampu menguasai
bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkannya, serta kepala sekolah senantiasa
membantu guru-guru dalam mengembangkan kemampuannya yang pada akhirnya
mampu memperagakan suatu media atau alat pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian
1. Kepala sekolah dengan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA
Negeri 1 Mare Kab. Bone terjalin dengan baik. Kepala sekolah selalu memberi
dukungan, arahan dan motivasi kepada guru-guru guna untuk menjalankan tugasnya
dengan baik dan bahkan hampir setiap hari kepala sekolah melakukan supervisi di
dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ini menunjukkan bahwa
kemungkinan besar akan terjadi peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1
Mare Kab. Bone. Guru juga telah merancanakan pembalajaran Ini menunjukan bahwa
kepala sekolah dan guru-guru SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone sangat memperhatikan
terjadinya peningkatan dalam proses pembelajaran, agar menghasilkan output peserta
didik yang berkualitas.
2. Kontribusi dalam meningkatakan mutu pembalajaran, kepala sekolah dan
guru-guru telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai pendidik dengan baik,
seperti memberikan materi pembelajaran yang mudah dimegerti dan berbagai metode
yang muda dipahami peserta didik, maka dari itu seorang guru harus mampu
menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkannya serta senantiasa
mengembangkan kemampuannya yang pada akhirnya mampu memperagakan suatu
media atau alat pembelajaran yang mendukung materi yang akan diajarkannya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak kepala sekolah dan guru mampu kerja sama dengan
baik dan secara konstruktif dan tetap menjaga hubungan baik dengan kepala seoklah
dan guru terutama dalam melaksanakan proses pembalajaran karena dengan adanya
hubungan kerjasama yang baik akan berdampak baik pula untuk kemajuan sekolah
SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone.
2. Diharapkan kepada seluruh personil SMA Negeri 1 Mare Kab. Bone dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerjasama dengan baik.
Ketersediaan
| ST20170277 | 277/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
277/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
