Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Komitmen Guru di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh gaya kepemimpinan demokratis
kepala sekolah terhadap komitmen guru di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan demokratis kepala
sekolah, komitmen guru, dan pengaruh gaya kepemimpina demokratis kepala
sekolah terhadap komitmen guru di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Gaya Kepemimpinan
Demokratis Kepala Sekolah, Komitmen Guru, dan pengaruh Gaya Kepemimpina
Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Komitmen Guru di SMA Negeri 1 Cenrana
Kab. Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian
independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier
sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan gaya kepemimpinan demokratis kepala
sekolah adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang
dibagikan kepada 30 responden gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah.
Rata-rata dari jawaban responden adalah 94,7. Angka 94,7 berada pada kategori baik
(90 – 95), sedangkan komitmen guru di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bone adalah
tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30
responden mengenai komitmen guru. Rata-rata jawaban responden adalah 91,03.
Angka 91,03 berada pada kategori tinggi (90 – 94).
Berdasarkan hasil uji anava nilai F hitung sebesar 14,545 > F tabel sebesar 4,1960,
serta uji T hitung sebesar 3,867 > T tabel sebesar 2,0484. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan demokratis kepala
sekolah terhadap komitmen guru di SMA Negeri 1 Cenrana Kab, Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Gaya kepemimpinan demokratis di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bonebaik
karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai
sebesar94,7. Angka 94,7 berada pada kategori baik, yaitu terletak pada
interval antara 91–95.
2. Komitmen guru di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bonetinggikarena rata-rata
tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 91,03. Angka
91,03 berada pada kategori tinggi, yaitu terletak pada interval antara 90-94.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikangaya kepemimpinan demokratis kepala
sekolah(variabel X) terhadap komitmen guru (variabel Y) dengan kuat
hubungan antara dua variabel sebesar 0,59. Dari nilai R xy yang diperoleh
sebanyak 0,59, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang
nilainya terletak antara 4,40 – 0,70 yang termasuk dalam kategori sedang atau
cukup. Kemudian dari uji anava nilai F hitung sebesar 14,545> F tabel sebesar
4,1960, serta uji T hitung sebesar 3,86> T tabel sebesar 2,0484.Dengan
demikian,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhyang positif dan
signifikan gaya kepemimpiman demokratis terhadapkomitmen guru di SMA
Negeri 1 Cenrana Kab. Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikanimplikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di
SMA Negeri Cenrana Kab. Bone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu
sebagai berikut:
1. Untuk mencapai mutu pendidikan yang optimal di SMA Negeri 1 Cenrana
Kab. Bone, kepala sekolahharus senantiasamenerapkan gaya kepemimpinan
demokratis agar menjadi kepala sekolah yang amanah dan bijaksana.
2. Kepala sekolah di SMA Negeri 1 Cenrana Kab. Bone dapat dikatakan baik.
Namun, pihak sekolah hendaknya tetap menerapkan gaya kepemimpinan
demkratisdi sekolahnya agar dapat menunjang proses pendidikan di sekolah
sehingga dapat berpengaruh pada komitmen guru.
3. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya
penelitian-penelitian yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan demokratis
kepala sekolahdan komitmen guru.
Ketersediaan
ST20170276276/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

276/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top